9 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan

Selain asyik dimainkan, ternyata bermain sepak bola itu ada manfaatnya, lho. Manfaat bermain sepak bola cukup banyak bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah risiko penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Selain itu, masih banyak manfaat yang didapatkan dari bermain sepak bola. Penasaran apa saja? Simak sampai akhir pembahasan ini.

Berikut adalah rangkuman manfaat dari bermain sepak bola versi Olahraganesia:

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat pertama adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Pasalnya, pesepakbola terus melakukan pergerakan seperti kombinasi antara jogging, sprint dan berjalan. Bahkan, seorang pesepak bola dapat berlari sejauh hampir 11 m dalam kurun waktu satu setengah jam.

Tak heran kalau pergerakan yang konstan tersebut diakui dapat memperkuat detak jantung, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kalori berlebih, dan mencegah penumpukan plak pada arteri.

2. Meningkatkan Kekuatan Mental

Yang namanya sebuah pertandingan pasti tidak luput dengan menang dan kalah. Apabila mendapat giliran kalah, para pemain tentu harus bisa menerima kekalahan yang dialami dengan bijak. Tidak jarang pemain stres karena dihampiri kekalahan.

Dari kegagalan, kekuatan mental pemain terus terasah. Mereka akan jauh lebih baik menghadapi kekalahan jika hal itu terulang. Bahkan, beberapa klub sepak bola tidak takut gagal dalam meraih yang terbaik untuk klubnya.

3. Mencegah Risiko Penyakit Tertentu

Dilansir dari American Heart Association (AHA), pesepak bola dapat mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah apabila bermain sepak bola dengan rutin. Tidak hanya itu, bermain sepak bola dapat mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan stroke.

Kenapa bisa begitu? Seperti yang disebutkan sebelumnya, seorang pesepak bola konstan berjalan dan berlari selama pertandingan. Karena itu, sepak bola sering dikatakan sebagai olahraga multiguna yang dapat meningkatkan daya tahan serta kekuatan tubuh.

4. Melatih Mengontrol Emosi

Menghadapi kekalahan, kegagalan, dan kekecewaan terkadang tidak mudah. Dengan bermain sepak bola, secara tidak langsung Anda lebih terlatih dalam mengendalikan emosi yang meledak-ledak.

Pesepak bola biasanya mampu mencerna emosi dengan lebih bijak dan baik. Kemampuan mengontrol emosi sangatlah bagus untuk menghadapi lingkungan sosial di sekitar Anda.

5. Mengasah Kemampuan Problem-Solving

Untuk dapat memenangkan pertandingan, klub sepak bola harus menyiapkan taktik. Sebelum menyiapkan taktik, pesepak bola terlebih dulu menganalisis kemampuan dan gerak-gerik tim lawan.

Proses ini melatih kemampuan analisis dan problem-solving. Kedua kemampuan tersebut wajib dimiliki pesepak bola agar terampil ketika bermain di lapangan, serta dapat mengambil keputusan terbaik.

6. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Tidak perlu dipertanyakan lagi manfaat bermain sepak bola selanjutnya ini. Pesepak bola konstan melakukan koordinasi antara otak dengan gerakan tubuh agar keduanya sinkron. Sering melakukan kedua hal tersebut dapat melatih kekuatan otot.

7. Mengurangi Ancaman Terkilir dan Dedera

Inilah yang menjadi alasan pentingnya koordinasi antara otak dan tubuh agar menciptakan gerakan yang teratur. Risiko cedera dan kaki terkilir akan berkurang jika gerakan pesepakbola teratur.

Selain itu, pemanasan dan latihan sebelum tanding juga menjadi faktor yang mempengaruhi ancaman cedera.

8. Meningkatkan Kelenturan

Pesepak bola memiliki gerak tubuh yang lebih lentur. Hal ini disebabkan dari seringnya bermain sepak bola di lapangan. Kemampuan menggiring, menendang, mengoper bola dan berlari dapat meningkatkan kelenturan atau fleksibilitas tubuh.

9. Mengurangi Ancaman Penyakit Mental

Bermain sepak bola ternyata membantu pembentukan hormone dopamin dan serotonin. Kedua hormone ini berperan dalam menenangkan suasana hati. Selain itu olahraga juga dapat melepaskan hormon endorphin yang membuat rasa cemas, stres dan depresi sedikit berkurang.

***

Manfaat bermain sepak bola sangat baik, seperti dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kekuatan mental, mencegah penyakit tertentu, dan masih banyak lagi. Pantas saja, atlet-atlet sepak bola taraf internasional maupun nasional terlihat sangat bugar dan sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *