bisnis modal 1 juta

15 Ide Bisnis Modal 1 Juta Praktis dan Prospek Tinggi


Mau bisnis tapi cuma punya modal 1 juta, sehingga bingung mau bisnis apa? Tenang, ada banyak pilihan. Simak ulasan berikut, 15 ide bisnis modal 1 juta paling menguntungkan1


Selama ini, stigma bahwa bisnis hanya bisa dijalankan dengan modal besar seolah telah menjadi momok tersendiri. Sehingga kadang, banyak yang nggak jadi berbisnis hanya karena stigma lama ini.

Padahal, modal besar bukan satu-satunya penentu kesuksesan sebuah bisnis. Bahkan sekarang, bisnis modal 1 juga juga bisa memberikan keuntungan besar loh.

Jadi, kalau sekarang kamu punya keinginan buat berbisnis, dan baru punya modal 1 juta, santai aja kali, karena dengan 1 juta, sudah ada berbagai jenis bisnis yang bisa kamu pilih.

Dan peluangnya juga nggak kalah menggiurkan dibandingkan dengan bisnis modal besar kok. Tergantung kita ngelolanya aja.


Baca juga: 15 Ide Bisnis Kreatif yang Kekinian dan Menjanjikan Profit Besar!


Bisnis Modal 1 Juta yang Menjanjikan

Jika pernah terbesit ingin buka bisnis, nggak perlu ragu deh buat direalisasikan. Cukup siapkan modal 1 juta saja, dan ikuti 15 ide bisnis modal 1 juta berikut.

1. Bisnis Dropship

online shop
pixabay.com

Jangankan 1 juta, bisnis dropship bahkan nyaris nggak butuh modal sepeserpun loh. Nggak heran deh kalau bisnis ini menjadi salah satu bisnis primadona yang banyak dipilih oleh ibu-ibu.

Bisnis modal 1 juta ini bahkan menawarkan sistem penjualan yang gampang banget. kita nggak perlu memproses barang ataupun update stok barang.

Kita hanya perlu melakukan promosi barang ke semua sarana yang ada, baik media sosial, keluarga, kerabat, lingkungan sekitar, komunitas, apa aja. Udah, gitu doang.

Nah kalau udah promosi dan ada yang tertarik, kita tinggal meneruskan pesanan ke pihak penyedia barang atau supplier. Kelihatannya simple banget sih, tapi bisnis satu ini cukup menjanjikan loh.

Agar mempermudah ketika menawarkan barang, akan lebih bagus jika kita mengetahui juga spesifikasi barangnya ya. Dan jangan lupa buat mencari supplier yang terpercaya.

2. Jualan Aneka Minuman Kekinian

bisnis modal 1 juta
pixabay.com

Bisnis modal 1 juta yang kedua ada bisnis aneka minuman kekinian.

Saat ini, sudah merebak banyak banget ya penjual aneka minuman kekinian. Ya walaupun sudah banyak yang jual, tapi nggak ada salahnya juga buat kita coba. Secara, penggemar minuman kekinian ini cukup banyak, terutama di kalangan anak muda.

Jika kamu merasa kurang yakin jika harus meracik minumannya sendiri, tenang saja, karena sudah banyak kok kursus-kursus minuman kekinian yang bisa kamu ikuti. Biaya kursusnya juga murah banget, hanya sekitar 100 ribuan saja.

Jika memang ingin berkreasi sendiri tentu lebih bagus ya. Misalnya nih, kita mencoba mengkreasikan kopi dengan beberapa bahan pilihan, seperti susu, buah, atau cokelat.

3. Jualan Aneka Jajanan Pasar

ide bisnis modal 5 juta
pixabay.com

Ide bisnis lainnya yang bisa dijalankan dengan modal 1 juta adalah bisnis aneka kue rumahan. Atau, kalau di beberapa daerah ada yang menyebutnya sebagai jajanan pasar ya.

Nah, jenis-jenis kue yang bisa kita tawarkan tentu beragam ya. Mulai dari kue basah hingga kering, seperti donat, risol, pastel, cupcake, hingga bolu.

Bisnis aneka kue rumahan bisa kita operasikan secara online dan offline juga. Keutungannya juga sangat menggiurkan. Jika ingin menerapkan sistem offline, ya coba aja dengan memulai menitipkan ke warung dekat rumah.

Kalau online, kita bisa memasarkannya ke berbagai media sosial. Manfaatkan Instagram, WhatsApp, dan Facebook juga. Karena ketiga media sosial ini adalah platform yang memang paling populer.

4. Bisnis Makanan untuk Sarapan

ide bisnis modal 5 juta
bisniswisata.co.id

Biasanya, pagi hari adalah waktu dimana ibu-ibu sudah repot, mulai dari mengurus anak, suami, hingga membereskan rumah. Kepadatan aktivitas ini kemudian membuat banyak ibu-ibu di luaran sana yang nggak sempat masak.

Nah, ini bisa menjadi satu peluang bisnis. Kita bisa loh memanfaatkan momen ini untuk meraup keuntungan, dengan cara berbisnis menu makanan untuk sarapan.

Kalau menunya mah bebas ya. Kalau bingung, kamu bisa melihat menu sarapan yang populer di kota kamu. Karena biasanya, setiap kota punya menu sarapan yang berbeda-beda.

Kalau daerah Jawa, menu sarapannya biasanya seputaran nasi putih, nasi uduk, soto, dan bubur ayam.

5. Bisnis Aksesoris atau Pernak-Pernik Wanita

bisnis modal 1 juta
pixabay.com

Kini, bisnis aksesoris ataupun pernak-pernik wanita terbilang sangat menggiurkan loh. Apalagi mengingat banyaknya aksesoris terbaru yang membuat wanita merasa wajib mengenakannya, mulai dari aksessoris pakaian, hijab, ataupun rambut.

Jika ingin menjalankan bisnis ini juga mudah kok, karena modal yang dibutuhkan nggak banyak. Kita bahkan sudah bisa memulainya dengan modal 1 juta. Ketika baru memulai bisnis ini, kamu bisa menawarkannya ke teman-teman atau keluarga kamu.

Bisnis modal 1 juta ini bisa berkembang dengan cepat. Asal, kamu bisa mengikuti tren aksesoris. Karena biasanya, wanita kan suka ikut-ikutan menggunakan aksesoris tren. Sehingga, kamu dituntut untuk lebih update terhadap tren aksesoris ini.

6. Budidaya Bibit Tanaman

bibit tanaman
pinterest.com

Ide bisnis modal 1 juta berikutnya adalah budidaya bibit tanaman. Saat ini, kita bisa menyadari tentang pentingnya menanam tanaman untuk udara yang lebih segar dan sehat. Sehingga, ini bisa menjadi satu ide bisnis yang menarik.

Pilihlah bibit yang seputar sayur-sayuran atau bumbu dapur. Karena biasanya, ibu-ibu akan lebih suka dengan bibit tanaman yang bisa dikonsumsi. Seperti tomat, cabe, sawi, dan lain sebagainya. Atau, kita juga bisa banget membudidayakan bibit buah-buahan.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis budidaya tanaman ini juga relatif kecil kok. Bahkan, modal 1 juga sudah lebih dari cukup. Kita harus bisa mengoptimalkan modal untuk membeli perlengkapan yang memang paling urgent, seperti bibit, tanah, pot, dan pupuk. Cari saja harga yang standar atau lebih murah.

Selain mengoptimalkan modal, kita juga harus bisa menyisihkan modal untuk biaya transportasi ya. Dan jangan lupa untuk menata seluruh bibit semenarik mungkin. Hal ini penting kita perhatikan demi menarik hati pelanggan.

7. Bisnis Rangkaian Bunga

bisnis florist
pixabay.com

Bisnis modal 1 juta selanjutnya adalah bisnis rangkaian bunga. Bisnis ini cocok banget buat kamu yang punya keterampilan dan kreatifitas dalam merangkai bunga. Atau, cocok juga kok bagi kamu yang belum punya keterampilan, tapi punya minat di sini.

Karena saat ini, sudah lumayan banyak kok pelatihan-pelatihan merangkai bunga yang bisa kita ikuti. Bahkan, kita juga bisa belajar merangkai bunga di YouTube.

Bisnis ini bisa kita kembangkan di mana aja. Salah satunya di sekitar kampus ya, karena memang, ada banyak momen spesial di kampus, seperti wisuda, sidang, dan lain sebagainya, sehingga seringkali membutuhkan rangkaian bunga.

Modal awal yang kita butuhkan juga nggak sampai 1 juta. Jika memang belum memungkinkan untuk menyewa tempat, kita bisa memulai bisnis ini dengan sistem pre-order. Gampang kan?

8. Bisnis Tas Handmade Daur Ulang

tas daur ulang
pixabay.com

Jika kamu punya kecintaan terhadap kerajinan tangan, dan ingin membantu programnya pemerintah dalam mengurangi sampah, maka bisnis ini adalah cocok banget buat kamu. Kamu bisa menjalankannya hanya dengan modal 1 juta saja, atau bahkan di bawah 1 juta.

Dengan modal tersebut, kamu telah bisa memaksimalkan pembelian bahan-bahan bakunya, dan menggunakan jasa konveksi dalam proses pembuatannya. Agar produknya lebih ramah lingkungan dan bisa menekan pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan barang bekas di sekitar.

Ide bisnis ini tentu keren banget karena bisa membawa manfaat positif bagi lingkungan.

9. Jual Pulsa Elektrik

ide bisnis modal 5 juta
portalusaha.com

Bisnis modal 1 juta selanjutnya adalah jualan pulsa elektrik. Bisnis satu ini mah nggak bakalan pernah redup deh. Karena setiap hari, orang-orang pasti butuh pulsa agar bisa berkomunikasi dengan siapapun.

Memang sih, sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi pengisian pulsa. Tapi tetap aja, banyak loh yang malas ribet dan berpikir, “masak iya hanya untuk beli pulsa harus repot-repot install aplikasi”. Sehingga, masyarakat kita tetap lebih banyak yang memilih membeli pulsa langsung.

Nah, hal ini bisa menjadi kabar baik bagi kamu yang akan menjalankan bisnis modal 1 juta ini.  Bisnis jualan pulsa bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan ataupun bisnis utama ya. Jadi, bisa banget buat dijalankan oleh anak sekolah sekalipun.

Ketika baru menjalankan bisnis pulsa, tawarkan saja ke teman-teman atau keluarga dekat. Modal menjalankan bisnis pulsa bahkan nggak sampai sejuta kok.

Tips biar kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar adalah dengan memililih distributor terpercaya dan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang lain.

10. Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

keripik salted egg
kitchenofindonesia.com

Kayaknya nih, mayoritas masyarakat di Indonesia punya kebiasaan ngemil, kamu mungkin salah satunya. Maka, tingginya kebiasaan ngemil ini bisa kita jadikan sebagai ide bisnis yang cukup menggiurkan. Apalagi, ngemil bukan hanya dilakukan anak-anak, tapi juga orang tua dan dewasa.

Dengan begitu, peluang berkembangnya usaha ini juga cenderung lebih besar. Kita nggak perlu repot-repot nyari bahan-bahan premium hanya untuk menjalankan bisnis ini. Cukup manfaatkan bahan seadanya, seperti singkong, ubi, atau kentang.

Nah, kan sudah banyak tuh pedagang cemilan, maka kita juga harus berpikir keras, bagaimana caranya tetap eksis di tengah persaingan yang ketat. Jawabannya sederhana sih, yakni dengan mencari ciri khas dari produk cemilan yang kita tawarkan.

Jika selama ini cemilan hanya ditawarkan dengan cita rasa gurih, maka kita bisa menambahkan rasa yang lain, rasa jagung misalnya. Dan hal ini oke-oke saja kok. Bahkan, modal 1 juta untuk bisnis cemilan ini sudah lebih dari cukup.

11. Bisnis Seblak

ide bisnis makanan
idntimes.com

Ide bisnis modal 1 juta selanjutnya adalah bisnis seblak. Sebagai anak muda apalagi pecinta makanan pedas, kita tentu sudah nggak asing lagi dengan makanan dari Bandung yang satu ini. Tentu, sebagai pecinta seblak, kamu pasti sudah berkali-kali merasakan sensasi luar biasa ketika menyantap makanan dari kerupuk ini.

Apalagi ketika menyeruput kuahnya yang pedas ketika menyantap seblak, apakah kamu nggak pernah kepikiran untuk menjadikannya sebagai sebuah bisnis?

Padahal, pengalaman demi pengalaman menyantap seblak bisa menjadi inspirasi loh untuk seblak yang akan kita jual.

Maka, coba deh untuk menjalankan bisnis seblak ini. Modalnya nggak gede kok. Karena harga bahan-bahan pembuatannya juga murah meriah, termasuk bahan pokoknya. Meskipun modal kecil, tapi bisnis satu ini mendatangkan income yang lumayan menggiurkan loh.

Sayang banget kalau tidak dimanfaatkan. Iya kan?

12.  Jual Beli Barang Bekas

ide bisnis untuk remaja
buletinbisnis.com

Bisnis modal 1 juta berikutnya adalah bisnis jual beli barang bekas, atau biasa dikenal dengan “barkas”.

Jika kamu memiliki barang bekas berupa baju, buku, sepatu, atau yang lainnya, coba deh buat dijadikan bisnis. Ya daripada hanya didiemin doang di rumah, menuh-menuhin ruang kan?

Nah, untuk menjalankan bisnis modal 1 juta ini, kita bisa menawarakan barang bekas di berbagai media soial, Facebook misalnya. Kita hanya perlu dan untuk membeli paket data, ongkos untuk biaya pengiriman barang, itu doang.

Kamu bisa menjadikan semua barang bekas kamu menjadi bisnis. Dengan catatan. Barang-barang tersebut memang masih layak pakai ya. Jangan lupa juga manfaatkan ponsel kamu untuk mengambil foto barang yang menarik. Ambillah angel yang memang menarik agar lebih mudah terjual.

Akan tetapi, jika kita hanya menjual barang bekas kita saja, tentu bisnis ini hanya bisa bertahan dalam waktu sebentar, yaitu hanya ketika kita punya barang bekas. Jika sudah laku, otomatis kia sudah tidak menjalankan bisnis ini lagi, padahal bisnis ini tuh menjanjikan loh.

Maka bagaimana caranya agar kita tetap bisa menjalankan bisnis jual beli barang bekas ini? Caranya adalah dengan membeli barang bekas orang lain, dan menjualnya kembali.

Kita bisa membeli barang bekas milik orang lain dengan harga yang lebih miring, mengambil fotonya, dan mengemasnya dengan menarik, maka harga jualnya akan naik juga.

13. Jasa Print

bisnis modal 1 juta
sahabatprinting.com

Bisnis modal 1 juta yang cukup menjanjikan lainnya adalah bisnis jasa print. Tempat nge-print udah banyak sih, tapi nggak ada salahnya juga buat memulai bisnis kecil-kecilan satu ini. Khususnya buat kamu yang mahasiswa ya.

Keuntungan menjalankan bisnis print-print-an ini sangat mengiurkan, padahal modal awal yang dibutuhkan terbilang kecil. Apabila saat ini kamu sudah mempunyai printer, ayo dimanfaatkan untuk bisnis. Hitung-hitung bisa untuk nambah uang jajan selama ngekos.

14. Jasa Penulis Artikel Lepas

hukum bisnis
pexels.com

Sampai saat ini, banyak ketrampilan yang bisa mendatangkan uang, salah satunya adalah keterampilan menulis. Jika kamu memiliki skill menulis artikel blog, coba deh buat menjadi penulis lepas.

Apalagi sekarang, banyak banget blogger yang nggak sempat nulis konten, sehingga, mereka bakalan nyari penulis lepas saja. Ya daripada blognya nggak update, kan? Nah, peluang inilah bisa kita manfaatkan.

Modal menjalankan bisnis ini nggak gede loh, bahkan nyaris nggak butuh modal. Kamu hanya perlu menyiapkan paket data saja.

Dan saran saya, akan lebih baik dan menguntungkan jika kamu juga belajar ilmu SEO atau search engine optimization. Karena harga tulisan biasa dengan tulisan yang sudah sesuai dengan SEO pasti beda dong.

Untuk mendapatkan klien, kamu bisa aktif di berbagai grup blogger yang ada di Facebook. Di sana, lumayan banyak kok para blogger yang mencari penulis untuk blog mereka.

Kalau kamu mampu, penghasilan menulis bisa melebihi gaji PNS loh.

15. Bisnis Blogging

pekerjaan freelance mahasiswa

Ide bisnis modal modal 1 juta yang terakhir adalah bisnis blogging. Bisnis satu ini masih erat banget kaitannya dengan bisnis jasa penulisan artikel ya, karena sama-sama membutuhkan keterampilan menulis.

Tapi, sekarang ada kok para blogger yang belum punya keahlian menulis. Maka, untuk mengisi konten di blognya, mereka memilih membeli artikel. Dan jika kamu ingin menjadikan blogging menjadi bisnis, kamu harus bisa bekerja sedikit lebih keras untuk mendapatkan penghasilan.

Salah satu pendapatan yang bisa kamu hasilkan dari blog adalah dengan mendaftarkan blog ke Google Adsense. Semakin banyak pengunjung blog, maka semakin besar juga potensi pendapatan yang bisa kamu hasilkan.

Untuk modal awalnya juga cukup terjangkau. Kamu cum perlu membeli hosting dan juga domain lokal saja yang menawarkan harga mulai 500 ribuan saja bisa untuk setahun.

Kalau kamu punya modal 1 juta, itu bisa dialokasikan ke keperluan yang lain. Ikutan kursus menulis misalnya, atau untuk membeli artikel, atau yang lainnya. Karena satu hal paling penting dalam dunia blog adalah “konten”. Bahkan kata banyak blogger, “konten adalah raja”.

Atau, kalau kamu masih belum punya dana segitu banyak, kamu tetap bisa menjalankan bisnis ini kok. caranya adalah dengan menggunakan blog yang gratisan dulu. Dan blog gratisan juga mempunyai kesempatan untuk menghasilkan.

***

Oke, itulah dia beberapa ide bisnis modal 1 juta yang bisa kamu pilih. Yuk kenali minat dan bakat kamu, lalu pilih jenis bisnis yang pas.

Jika kamu punya pengalaman lain, atau ide bisnis 1 juta yang lain, jangan lupa sharing dikolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *