kedai kopi

15 Ide Bisnis Modal 5 Juta yang Mudah dan Menjanjikan


Udah punya modal 5 juta, tapi masih bingung mau bisnis apa? Yuk, simak bareng-bareng ulasan ide-ide bisnis modal 5 juta berikut ini!


Jika saat ini kamu sedang punya uang sebanyak 5 juta, kira-kira uangnya mau diapain?

Jawabannya pasti beragam banget ya. Mungkin bakalan ada yang jawab buat shopping dong, belanja baju baru, ganti hp, atau bahkan sekedar nyenengin diri dengan makan-makanan yang mahalnya nggak karuan.

Sebenarnya nggak masalah sih. Cuman, ya sayang aja gitu kalau uang sebanyak itu hanya dimanfaatin buat nurutin budaya konsumtif yang nggak bakalan ada habisnya.

Nah, kalau buat yang berpikir panjang, orientasi hidupnya jelas, pasti akan menjawab dengan sangat sangat hati-hati. Salah satu pilihan cerdas, bakalan lebih memilih menjalankan bisnis modal 5 juta daripada dihabisin dengan cuma-cuma. Apalagi, mendapatkan uang sebesar 5 juga bukanlah mudah.


Baca juga: 15 Ide Bisnis Kreatif yang Kekinian dan Menjanjikan Profit Besar!


Memilih Bisnis Modal 5 Juta

Jika kamu adalah tipe yang memilih buat hura-hura, saya saranin buat mempertimbangkannya lagi. Karena jika budaya konsumtif masih terus kamu biasakan, hal ini tentu akan sangat berdampak buruk pada kehidupan kamu ke depannya. Lagian, nggak ada yang bisa menjamin besok-besok bakalan punya duit 5 juga lagi loh.

Nah, buat kamu yang memilih berbisnis, selamat, karena berbisnis modal 5 juta adalah cara yang paling tepat untuk mengelola uang kamu agar bisa menjadi lebih banyak. Karena dengan berbisnis, uang kamu tentu nggak terbuang percuma.

Sebelum memilih ide bisnis modal 5 juta, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa tips memilih bisnisnya. Hal ini penting banget loh Anda ketahui demi kelancaran bisnis Anda ke depan.

1. Sesuaikan passion

Cara memilih bisnis yang pertama adalah dengan menyesuaikannya dengan passion yang kita miliki. Karena semakin kita menjalankan sebuah bisnis sesuai dengan passion, minat dan bakat, tentu akan lebih memudahkan dalam menjalankannya.

Bahkan, berawal dari suka ini juga akan membuat kita lebih enjoy. Kita ambil contoh ya. Misalnya, kamu mempunyai kecintaan terhadap make up dan skincare, maka berbisnis di bidang kecantikan adalah pilihan yang tepat.

2. Tentukan target pasar

Jika kita sudah menemukan passion yang cocok, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar atau market bisnis yang akan kita jalankan. Karena dengan menentukan target pasar, itu akan mempermudah kita dalam berjualan nantinya.

Kita juga harus tahu, seberapa besar sih minat dari target pasar kita, dan berapa rata-rata penghasilan mereka. Jadi, berbisnis nggak sesederhana itu ya. Kita harus benar-benar memperhatikan hal ini dan banyak hal, karena jika tidak, tentu akan mempersulit kita dalam menentukan harga, lokasi, dan lain sebagainya.

Ide Bisnis Modal 5 Juta

Jika modalnya sudah ada, dan sudah melakukan dua poin penting di atas, langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah menentukan bisnis yang akan kita mulai.

Nah, buat yang masih bingung, kira-kira akan memilih bisnis apa, yuk simak beberapa ide bisnis modal 5 juta di bawah ini!

1. Bisnis Jus Buah

jus buah
pixabay.com

Bisnis modal 5 juta yang pertama adalah bisnis jus buah. Di tengah banyaknya junk food dan makanan cepat saji, rasanya sangat bijak jika kita menawarkan sesuatu yang lebih sehat, aman, nyaman, sehat, lagi nikmat di perut.

Salah satunya adalah bisnis jus buah. Bisnis satu ini menjadi salah satu jenis bisnis yang mudah ditemukan dan sangat menjanjikan. Kalau siang, saat cuaca panas banget, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti akan menjadikan jus sebagai minuman siang yang menyegarkan.

Maka, ini bisa menjadi kabar baik bagi kita yang akan menjalankan bisnis dengan modal 5 juta.

Agar tidak begitu memakan dana, kita bisa banget loh memanfaatkan garasi rumah untuk memulainya. Apalagi kalau rumah kamu dekat dengan keramaian, pasti mengembangkannya dalam waktu yang singkat bukan sesuatu yang mustahil. Percaya deh!

Di garasi tersebut, kita bisa sediakan etalase. Kalau bisa, dikonsep sebagus mungkin ya, agar dilirik dan dilarisi oleh calon pelanggan yang lewat. Dan yang terpenting adalah, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa buah yang kamu sajikan adalah buah-buah yang masih fresh.

2. Bisnis Makanan Ringan

ide bisnis modal 5 juta
pixabay.com

Sampai saat ini, bisnis makanan ringan wajib banget buat jadi pertimbangan. Karena memang, nyaris semua masyarakat di Indonesia suka makanan ringan ya, kita pasti salah satunya.

Nah, jika ingin memulai bisnis ini, kita bisa menawarkannya di dalam kemasan yang apik layaknya keripik biasa. Makanan ringan lainnya yang bisa kita pilih adalah kebab, atau kue-kue kecil lainnya.

Bisnis makanan ringan termasuk bisnis yang gampang banget dijalankan. Hanya saja, kita harus benar-benar membaca peluang dan menentukan target pasar dengan tepat, karena kompetitornya juga banyak banget, cuy.

3. Bisnis Thrift

jeans bekas
pixabay.com

Bisnis modal 5 juta yang selanjutnya adalah bisnis thrift. Dari namanya masih asing banget ya. Nah jadi, bisnis thrift ini adalah bisnis jualan barang bekas. Kamu bisa melakukan thrifting ataupun berbelanja pakaian bekas yang masih layak pakai.

Saat ini, tren bisnis satu ini sudah merebak di mana-mana. Hal ini karena memang, harga yang ditawarkan jauh lebih murah ketimbang beli barang-barang baru, sehingga bisa menjangkau semua segmen masyarakat.

Untuk menjalankan bisnis modal 5 juta ini, kita harus bisa menemukan supplier yang tepat, dalam artian, supplier tersebut menyediakan berbagai jenis pakaian bekas dengan kualitas yang masih bagus dan layak pakai tentunya.

Kalau bisa nih, kita juga harus dapat pakaian yang bermerek. Karena semakin bermerek pakaian yang kita tawarkan, akan semakin banyak konsumen yang berminat.

Kalau soal sistem jualan mah sederhana ya. Karena kita bisa memanfaatkan akun media sosial ataupun marketplace yang ada.

Pemilihan metode jualan online tentu sangat tepat, karena uang yang harusnya kita manfaatkan untuk menyewa tempat bisa dialokasikan untuk  membeli pakaian lebih banyak.

4. Bisnis Hijab

hijab
pixabay.com

Hijab menjadi salah satu barang yang terus dikembangkan modelnya. Bahkan, tren hijab juga terus berubah loh tiap tahunnya. Sehingga, jangan heran deh kalau kamu punya teman yang jualan hijab dan bisnisnya laris banget.

Karena bisnis modal 5 juta satu ini memang semenguntungkan itu gitu loh. Terlebih lagi jika kita bisa mengikuti mode. Modal yang hanya 5 juta dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Maka, seandainya kamu sudah yakin banget nih buat ngejalanin bisnis hijab, yaudah jalan aja gitu … Tapi pastikan dulu, kalau semua produk yang kita tawarkan berkualitas ya.

Selain itu, tentukan harga yang sesuai dengan model dan kualitasnya juga, sehingga membuat produk kita masih terjangkau.

5. Menjadi Reseller

bisnis reseller
pixabay.com

Salah satu bisnis yang juga sangat menjanjikan adalah menjadi reseller ya. Terutama jika kita bisa menjual semua barang ke orang yang tepat, dan barang tersebut memang dicari-cari banyak orang.

Dan salah satu produk resell yang banyak dipilih oleh para reseller di luaran sana adalah pakaian, perlengkapan dapur, dan kosmetik.

Pilih saja produk yang kamu suka. Lah, kan mau dijual, kok memilih barangnya yang disukai, bukan yang disukai pasar. Pasti ada yang nanya gitu ya. Jadi gini gan-sis, semakin kamu menyukai barangnya, maka akan semakin enjoy kamu menjalankan bisnis tersebut dan menawarkannya kepada orang-orang.

6. Menjadi Dropshipper

online shop
pixabay.com

Kita tengah berada di masa teknologi berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan ini kemudian memberikan berbagai keuntungan untuk semua orang yang jeli melihat peluang.

Bagi kamu yang jeli, pasti tahu dong, bahwa salah satu bisnis yang paling menguntungkan di zaman ini adalah bisnis dropship.

Bisnis yang satu ini memungkinkan untuk dijalankan siapapun. Baik yang punya modal sedikit atau bahkan nggak sama sekali. Sehingga, kalau kita punya dana 5 juta, ya pasti lebih dari cukup dong kalau dipakai buat bisnis ini.

Sistem bisnisnya gini: kita promosi barang ke orang-orang, orang memesan produk kita, setelah membayar, kita menghubungi supplier, lalu supplier mengirim produknya ke konsumen. Udah cuma gitu doang …

Nah, cara ampuh agar kita bisa mendapatkan pelanggan dengan sistem bisnis ini adalah dengan memanfaatkan modal 5 juta tersebut untuk promosi dengan memanfaatkan berbagai platform yang ada, seperti: media sosial, iklan berbayar, endorsement, dan lain sebagainya.

7. Warung Makan Rumahan

ide bisnis modal 5 juta
foodin.id

Bisnis modal 5 juta berikutnya adalah bisnis makanan rumahan. Bisnis ini cocoknya dijalankan di kota sih, tapi nggak ada salahnya juga sih buat dijalankan di daerah perkampungan atau pedesaan. Dengan dana 5 juta, kita sudah bisa membuka sebuah warung kecil-kecilan.

Sediakan saja makanan yang bisa kita tawarkan. Dan agar lebih ramai, kita bisa menambahkan beberapa menu sederhana sebagai pelengkap, gorengan misalnya. Untuk mendapatkan pelanggan tetap, kita harus benar-benar bisa menawarkan menu yang memang lezat.

Sehingga, konsumen yang sudah merasakan kelezatan masakan rumah kita bakalan balik lagi.

8. Berjualan di Marketplace

marketplace
amazon

Bisnis lainnya yang bisa kita lakukan adalah berbisnis di marketplace. Kamu pasti tahu dong, bahwa sekarang sudah banyak marketplace-marketplace yang memungkinkan kita untuk memulai bisnis di sana. Bahkan, Facebook dan Instagram pun juga sudah menyediakan fitur ini.

Maka, begitu kita menemukan produk yang bisa dijual dan sudah melakukan analisa produk, kita bisa langsung mengeksekusinya dengan menawarkan produk tersebut ke marketplace.

Marketplace cukup menjanjikan buat kita memperoleh keuntungan yang besar loh. Bahkan sekarang, sudah banyak banget orang yang sukses dengan berjualan di marketplace.

9. Tanaman Hias

tanaman hias
pixabay.com

Bisnis modal 5 juta selanjutnya adalah bisnis tanaman hias.

Sadar atau nggak, masyarakat kita sudah mulai memiliki kecintaan terhadap tanaman hias. Hal ini agar rumah mereka menjadi lebih asri dan nyaman ditinggali. Nggak heran deh kalau banyak ibu-ibu yang tiba-tiba jadi kolektor sejati tanaman hias.

Nah, untuk menjalankan bisnis ini, kita harus bisa mempelajari gimana sih cara menanamnya, dan kira-kira, di mana tempat penjual bibit yang berkualitas. Apabila kita ingin mencoba menjual bibit tanaman hias yang cukup langka, maka jangan heran ya kalau harganya lumayan tinggi.

Jadi, sebelum menjalankan bisnis ini, yuk belajar dulu!

10. Bisnis Fashion

ide bisnis modal 5 juta
pixabay.com

Sejatinya, bisnis satu ini sama seperti bisnis makanan. Kok bisa? Ya bisalah, bisnis fashion tuh nggak bakalan ada matinya, karena selalu mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Untuk menjalankan bisnis ini, kita dituntut untuk mampu membaca tren terkini. Seperti misalnya, fashion yang banyak disukai oleh masyarakat saat ini adalah fashion ala-ala Korea.

Maka, kita bisa banget dong mulai menjalankan bisnis modal 5 juta satu ini. Bahkan, sekarang sudah gampang banget mencari supplier yang menawarkan harga yang cukup miring.

11. Bisnis Catering

ide bisnis modal 5 juta
pixabay.com

Bisnis lain yang dapat kita pilih adalah bisnis catering. Jadi, bisnis catering ini sudah lama banget ada di Indonesia ya. Mulai dari bisnis catering yang skalanya sudah besar atau yang masih kecil-kecilan.

Saat ini, sudah banyak banget sih pebisnis catering. Tapi, jika kita memang ngerasa punya passion di sini, maka nggak ada salahnya buat menjalankan bisnis ini kok. karena kompetitor yang tinggi sebanding dengan konsumen yang angkanya juga tinggi.

Lagian, semua catering biasanya punya pasarnya sendiri. Sehingga masih sangat memungkinkan kok buat menawarkannya ke segmen pasar tertentu. Yang penting, kita bisa menyediakan menu-menu masakan yang khas dan beda dari yang lain.

12. Bisnis Kopi

kedai kopi
pixabay.com

Jika dulu kopi hanya diseduh layaknya teh, maka sekarang sudah nggak lagi ya. Banyaknya pecinta kopi ternyata membuat minuman satu ini terus dikembangkan menjadi sedemikian rupa, sehingga bisa dinikmati siapapun, termasuk yang awalnya nggak suka kopi.

Bahkan, kopi sudah menjadi salah satu jenis menu yang tren banget. Nggak heran kalau akhirnya kopi bukan hanya ditawarkan di kedai biasa, melainkan juga ditawarkan di cafe-cafe elit.

Bisnis modal 5 juta ini bisa banget loh kita pilih. Modalnya bahkan bisa nggak sampai 5 juta. Karena kita bisa menjalankan bisnis ini dengan menerapkan sistem franchise. Untuk brandnya mah udah banyak ya. Kamu bisa memilih satu penyedia franchise kopi yang memang menurut kamu memberikan keuntungan besar.

13. Menjahit

mesin jahit antik
pixabay.com

Buta kamu yang punya keahlian menjahit, coba deh buat mengubah keahlian tersebut menjadi cuan. Asli, bisnis satu ini menguntungkan banget loh. Bahkan hanya dengan modal 5 juta, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini di rumah.

Meski hanya bisnis menjahit kecil-kecilan, bisnis ini tetap sangat menguntungkan kok. Karena jika kamu bisa memberikan kualitas jahitan yang bagus, pasti bakalan mempercepat berkembangnya bisnis ini.

14. Konter Pulsa

ide bisnis modal 5 juta
portalusaha.com

Memang sih, sekarang sudah banyak banget aplikasi-aplikasi top-up pulsa dengan menerapkan sistem online. Tapi, yang beli ke konter juga nggak kalah banyaknya sehingga bisnis satu ini masih terbilang worth it banget buat kita jalankan.

Dengan modal 5 juta, kita sudah bisa memulai bisnis ini. Bahkan, 5 juta itu sudah banyak banget loh. Maka, mending jika modal 5 juta bukan hanya kita gunakan untuk membeli pulsa, tapi juga paket data dan juga assesoris ponsel lainnya.

Bisnis satu ini juga nggak menuntut Anda buat sewa tempat kok. Karena hanya dengan mengandalkan etalase yang Anda letakkan di depan rumah juga sudah membuat orang lain tahu bahwa Anda menawarkan pulsa dan berbagai perlengkapan ponsel lainnya.

15. Jualan Bubur Ayam

ide bisnis modal 5 juta
bisniswisata.co.id

Bisnis modal 5 juta terakhir adalah bisnis bubur ayam. Kadang, banyak orang yang ngerasa bosan kalau menu sarapannya nasi, nasi, nasi, terus. Sehingga, dengan kebosanan tersebut akhirnya membuat banyak orang yang memilih sarapan dengan menu lain, salah satunya ya bubur ayam.

Apalagi, santapan lezat ini juga termasuk santapan legend dan nyaris disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi nih, dalam seporsinya sudah ada bubur, lengkap dengan lauk pauk, kuah, dan kerupuknya yang menambah kelezatan.

***

 

So, yuk segera tentukan bisnis modal 5 juta yang akan Anda jalankan. Ingat, pilihlah bisnis yang memang sesuai dengan pashion Anda. Stop deh buat ikut-ikutan. Semoga bermanfaat. And good luck.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *