cara investasi uang

Begini 3 Cara Investasi Uang yang Mudah untuk Pemula

Ada beragam cara mudah untuk investasi uang. Investasi uang merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan jika Anda memiliki uang berlebih. Jika tidak ada kebutuhan mendesak, lebih baik uang berlebih dimanfaatkan untuk investasi sehingga nilai uang dapat terus terjaga, bahkan meningkat seiring waktu. Tujuan di masa mendatang bisa terpenuhi dengan penerapan cara investasi yang tepat.

Cara Investasi Uang untuk Pemula yang Mudah

Seiring berjalannya waktu, harga kebutuhan pokok manusia terus meningkat. Tidak hanya itu saja, harga tanah maupun properti juga semakin tinggi. Oleh karena itu, investasi uang adalah salah satu pilihan yang tepat supaya segala kebutuhan di masa mendatang dapat terpenuhi. Investasi diartikan sebagai proses mengembangkan sejumlah uang supaya nilainya menjadi berlipat ganda.

Dengan nilai uang yang berlipat ganda, maka tujuan keuangan di masa mendatang mudah terpenuhi sehingga investasi uang semakin populer di kalangan masyarakat. Investasi ini memudahkan masyarakat untuk menyimpan sebagian uang mereka sehingga bermanfaat di masa yang akan datang. Berikut cara investasi uang yang mudah untuk para pemula:

1. Menabung uang recehan dalam celengan

Uang recehan kerap dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Uang recehan biasanya didapatkan dari uang kembalian setelah membeli sesuatu. Padahal, jika Anda rajin menabung uang recehan hingga terkumpul banyak, jumlah uangnya kerap tidak terduga. Semakin sering menabung, semakin banyak uang yang dikumpulkan.

Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak meremehkan uang recehan. Anda bisa menyiapkan celengan khusus untuk media penyimpanan uang recehan. Dari awal menabung satu keping uang hingga terkumpul banyak keeping tentu saja nilai uangnya semakin besar. Ketika celengan penuh, Anda bisa menghitungnya dan menukarkannya menjadi uang kertas.

2. Menyimpan uang dalam kotak brankas khusus

Anda tentu pernah melihat kotak brankas kecil di marketplace yang berguna sebagai tempat khusus untuk menyimpan uang. Cara investasi uang satu ini dirasa lebih aman karena menggunakan kode privasi berupa angka yang hanya diketahui oleh diri Anda sendiri. Bentuk kotak brankas ini mirip dengan kotak brankas uang besar yang ada di bank.

Supaya aman, Anda bisa menyimpan kotak brankas kecil berisi uang di dalam ruangan yang tidak sering dibuka oleh orang lain. Pastikan menyimpan kunci brankas di tempat yang aman. Kode angka sebaiknya menggunakan angka-angka yang tidak mudah ditebak oleh orang lain supaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Baca juga: Pengertian Bisnis Online, Jenis-Jenis, dan Cara Memulainya


3. Menaruh uang di bank

Dari segala bentuk investasi uang, cara paling aman adalah menaruh uang di bank. Bank menyimpan uang nasabah di dalam suatu ruangan tersembunyi yang aman dan tidak mudah dijangkau siapapun. Meskipun setiap bulannya ada potongan dan bunga, akan tetapi metode penyimpanan uang ini layak dijadikan pilihan.

Bank mempunyai beragam produk investasi keuangan yang rata-rata dapat memberikan imbal hasil yang mampu melebihi inflasi. Anda bisa memilih produk investasi keuangan di bank menyesuaikan tujuan keuangan tersebut, apakah untuk tabungan haji, tabungan pensiunan, tabungan masa depan, tabungan kebutuhan sehari-hari, tabungan anak, dan lain-lain.

Dapat disimpulkan bahwa investasi uang bisa dilakukan dengan berbagai cara, tiga di antaranya adalah dengan menaruh uang di bank, menyimpan dalam kotak brankas khusus, atau menabung uang recehan dalam celengan. Investasi uang kerap dipilih oleh banyak orang dari berbagai kalangan karena merupakan investasi yang mudah dilakukan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *