Menyajikan 15 Contoh CV Lamaran Kerja dan Cara Membuatnya

Menyajikan contoh-contoh CV lamaran kerja dari berbagai jenis berdasarkan bentuk formatnya dan jenis instansi-nya. Selain tips-tips yang membangun, kita juga sediakan template dasar membuat CV lamaran kerja dalam bentuk file (.docx) yang bisa kamu download!


Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup bisa dikatakan senjata pertama dalam mencari pekerjaan. Karena bisa jadi CV yang kita kirim adalah hal pertama yang menjadi pertimbangan dan menentukan kesa pertama di mata HRD perusahaan.

Dengan membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar tentu akan memberikan ketertarikan tersendiri bagi pimpinan perusahaan atau HRD selaku penerima karyawan baru. Bermula dari CV, perusahaan akan mempertimbangkan apakah kamu layak untuk interview lebih lanjut atau tidak.

Jika kamu berniat untuk melamar perusahaan tertentu dan merasa kesulitan dalam membuat CV yang merupakan barang wajib dalam melamar pekerjaan, maka di sini kita akan mencoba membantu meringankan beban kamu.

Di postingan ini kita akan diajari bagaimana membuat CV yang baik dan benar, serta sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan kita lamar. Mulai dari melihat contoh CV dari berbagai jenisnya, unsur apa saja yang dicantumkan dalam CV, bagaimana cara membuatnya, hingga tips dan trik agar CV kamu lebih powerful untuk melamar pekerjaan impian kamu.

Di akhir postingan ini kita juga sudah menyediakan template dasar pembuatan CV lamaran kerja dalam bentuk file (.docx). Kamu bisa mengunduhnya untuk memudahkan kamu dalam membuat CV sederhana.

Maka mari kita mulai pembahasan kita hari ini, dimulai dengan basmalah!


Baca juga: Merinci 6 Contoh Iklan Lamaran Pekerjaan dari Berbagai Media


Contoh CV Lamaran Kerja Berdasarkan Jenis Formatnya

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu senjata utama dalam melamar pekerjaan di berbagai instansi. Lembar riwayat hidup kita ini sangat berperan dalam membentuk kesan pertama kepada pimpinan perusahaan atau HRD sebagai bagian penerimaan pegawai.

Maka dalam membuatnya, alangkah baiknya kita menyesuaikan model dan desain CV dengan jenis pekerjaan yang ingin kita raih. Tentu aspek visual dari CV kita juga menentukan ketertarikan dan kepercayaan pimpinan perusahaan kepada kualifikasi kita.

Di sini, kita jabarkan jenis-jenis CV lamaran kerja berdasarkan format dan modelnya menyesuaikan jenis pekerjaan yang akan kita lamar. Mari kita ulas satu persatu poin-poin di bawah ini.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana

contoh cv sederhana
pinterest.com

Contoh CV pertama ini merupakan model CV dengan desain yang sederhana, rapi, dan bersih. CV ini dapat dengan mudah kita buat melalui program Microsoft Word atau program sejenisnya. CV jenis ini terbilang cocok untuk kita yang tak suka repot membuat CV dengan banyak desain warna atau membayar jasa pembuatan CV profesional.

Jika kamu berniat untuk membuat sendiri CV seperti ini, di bagian akhir artikel ini sudah kita sediakan template CV sederhana (file .docx) yang dapat kamu download untuk memudahkan pembuatan CV sederhana kamu.

2. Contoh CV Lamaran Kerja Formal

contoh cv lamaran kerja
glints.com

Jenis CV lamaran kerja formal umumnya bersifat rapi, bersih, dan terkesan kaku. Kita dapat menambahkan sedikit aksen warna tanpa menghilangkan kesan formalnya. Jenis CV ini cocok untuk kita yang ingin melamar kerja di perusahaan besar non kreatif seperti di bidang manajemen, keuangan, dan administrasi.

3. Contoh CV Lamaran Kerja Kreatif

contoh cv kreatif
pinterest.com

Berbeda dengan CV lamaran kerja formal yang terkesan kaku, CV lamaran kerja di bidang kreatif justru dibuat semenarik mungkin dengan mengandalkan kreatifitas kita. Kita dapat menambahkan berbagai aksen warna yang bebas dan dinamis.

Jenis CV kreatif ini sangat cocok bagi kita yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif seperti desain grafis, editor majalah, fotografer, ilustrator, atau sejenisnya.

4. Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

contoh cv bahasa inggris
pinterest.com

CV lamaran kerja bahasa Inggris digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang memang mensyaratkan berkas CV berbahasa Inggris. Di Indonesia, memang ada beberapa perusahaan yang memberikan ketentuan membuat surat lamaran kerja dan CV dalam bahasa Inggris, khususnya pada jenis perusahaan multinasional.

Biasanya yang mensyaratkan ketentuan tersebut adalah perusahaan milik pihak asing atau perusahaan yang kebanyakan pekerjanya menggunakan bahasa Inggris. Namun terlepas dari dua jenis perusahaan tersebut, ada juga perusahaan lokal yang juga mensyaratkan surat lamaran dan CV berbahasa Inggris.

Selain perusahaan, ada juga beberapa hotel dan restoran yang memberikan ketentuan untuk pelamar kerja menggunakan surat lamaran dan CV berbahasa Inggris, meskipun bukan milik pihak asing. Biasanya yang mensyaratkan hal tersebut adalah hotel atau restoran besar yang memang banyak dikunjungi oleh turis-turis dari berbagai negeri.

Untuk membuatnya, mungkin contoh CV lamaran kerja berbahasa Inggris di atas dapat menjadi gambaran atau rujukan bagi kamu. Di bagian bawah artikel ini juga telah kita sertakan template CV bahasa Inggris (file .docx) yang bisa kamu download untuk membuat CV berbahasa Inggris dengan desain sederhana.

5. Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

contoh cv tulis tangan
pinteres.com

Untuk membuat CV lamaran kerja tulis tangan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat CV pada umumnya. Pembuatannya pun juga menggunakan struktur yang sama, seperti identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Namun ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan ketika kita ingin membuat CV lamaran pekerjaan dengan cara menulis tangan, seperti pada poin-poin berikut:

  • Buat CV secara rapi

Memang tidak semua orang memiliki keterampilan menulis dengan rapi. Namun kita dapat mengakalinya dengan membuat garis tepi di sisi kiri dan kanan kertas menggunakan pensil sebelum menulisnya. Garis tersebut berguna untuk menyejajarkan lebar tulisan kita agar terlihat lebih rapi.

Masih seputar masalah kerapian tulisan, ketika kita melakukan kesalahan tulisan, ada baiknya kita hindari menutupinya dengan correction pen. Lebih baik gunakan lembar baru dan mulai kembali membuat CV dari awal. Dengan begitu, meskipun ditulis dengan tulisan tangan, CV kita tetap terlihat menarik dan profesional.

  • Tulis informasi penting secara rinci

Meskipun menggunakan tulisan tangan, informasi-informasi penting jangan sampai ketinggalan untuk dicantumkan. Format tulisan tetap sama dengan CV lamaran kerja pada umumnya, mencakup data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain.

  • Buat CV se-kreatif mungkin

Terkhusus untuk kita yang ingin melamar pekerjaan di bidang industri kreatif, jangan ragu untuk menghias CV kita supaya lebih terlihat menarik. Namun meski begitu, pastikan CV tidak kehilangan kesan formal dengan memuat informasi secara rinci dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD (sekarang PUEBI).

Contoh CV Lamaran Kerja untuk Berbagai Jenis Instansi

ilustrasi pekerja
pinterest.com

Selain berdasarkan jenis format penulisannya, kita juga sediakan jenis-jenis CV berdasarkan keperluannya di berbagai bidang instansi. Secara umum sebenarnya sama saja dalam hal format penulisannya, namun contoh-contoh di bawah ini barangkali dapat dijadikan sebagai referensi atau inspirasi bagi kamu yang akan membuat CV lamaran kerja sendiri.

Catatan: Contoh-contoh berikut ini mungkin akan terhalang oleh iklan. Jika kamu ingin meng-copas ke program Microsoft Word, lebih baik kamu download saja contoh-contoh CV lamaran kerja dalam bentuk file .docx yang sudah kita sediakan link-nya di bagian bawah artikel ini.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Umum


CURRICULUM VITAE

DATA DIRI

Nama
Tempat Lahir
Tanggal Lahir
Alamat
Jenis Kelamin
Kewarganegaraan
Agama
Status
No. HP
Email
: Muhammad Oji Saputra
: Yogyakarta
: 2 Juni 1988
: Jl. Melati No. 15, Sleman, D.I. Yogyakarta
: Laki-Laki
: Indonesia
: Islam
: Belum menikah
: 0812 9840 8484
: [email protected]

PENDIDIKAN FORMAL

1995-2001 SDN 1 Sleman
2001-2004 SMP 3 Sleman
2004-2007 SMA 2 Sleman
2007-2012 FIA Universitas Negeri Yogyakarta

PENDIDIKAN NON FORMAL

  • Kursus Bahasa Inggris di Pare
  • Kursus Bahasa Jerman
  • Kursus Bahasa Korea

PENGALAMAN KERJA

  • Anggota Tim Marketing Rumah Sakit Islam Yogyakarta 2013-2016
  • Koordinator Tim Marketing Rumah Sakit Islam Yogyakarta 2016-2018
  • Marketing Director Jawa Timur Park 2018 Hingga Sekarang

PRESTASI

  • Olimpiade Sains Peringkat 1 Tahun 2003
  • Karya Ilmiah Remaja Antar SMA Se-Indonesia Juara 3 Tahun 2006
  • Lomba Solat di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2010

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, supaya dapat dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Tanda Tangan

 

Muhammad Oji Saputra


2. Contoh CV untuk Mahasiswa

Contoh CV ini dikhususkan bagi kita sebagai mahasiswa yang mungkin belum memiliki pengalaman kerja. Jadi, informasi pengalaman kerja bisa kita ganti dengan poin-poin penting lainnya, seperti: poin pengalaman organisasi, prestasi, praktek kerja lapangan, dan poin-poin pendukung sejenisnya.


CURRICULUM VITAE

INFORMASI PRIBADI

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Alamat
No. HP
Jenis Kelamin
Agama
Kewarganegaraan
Email
: Jamal Muhammad
: Surakarta, 12 Februari 1992
: Gg. Apel RT. 03 RW. 11, Randualas, Surakarta
: 0821 9292 0404
: Laki-laki
: Islam
: Indonesia
: [email protected]

RINGKASAN

  • Lulusan Program Studi Akuntansi dengan IPK 3,60 (skala 4,00)
  • Mampu mengoperasikan program Microsoft Excel
  • Memiliki pengalaman Praktek Kerja Lapangan di PT. Cinta Suci, Surakarta
  • Mampu bekerja sama dengan baik

PENDIDIKAN FORMAL

1998 – 2004 : SD Negeri 5 Surakarta
2004 – 2007 : SMP Negeri 8 Surakarta
2007 – 2010 : SMA Islam Surakarta
2010 – 2015 : Program Studi Akuntansi STIE Surakarta

SEMINAR/WORKSHOP

2012 Seminar Manajemen Akuntansi
2012 Seminar Marketing
2014 Jadi Entrepeneur Muda dan Mandiri

PENGALAMAN ORGANISASI

2008 Ketua Rohis SMA Islam Surakarta
2011 Anggota Himpunan Mahasiswa Indonesia
2012 Ketua Divisi Penerangan BEM STIE Surakarta

PRESTASI

  • Olimpiade Matematika Tingkat SMA Peringkat 1 Tahun 2009
  • Kejuaraan Beladiri Tingkat Nasional Peringkat 3 Tahun 2010

Tanda Tangan

 

Jamal Muhammad


3. Contoh CV Fresh Graduate


CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Alamat
No Hp
Jenis Kelamin
Agama
Kewarganegaraan
Status
Email
Hobi
Kesehatan
Pendidikan Terakhir
: Budi Ashari
: Madiun, 17 Juni 1995
: Jalan Pangandaran No. 10, Madiun
: 0812 0909 8877
: Laki-laki
: Islam
: Indonesia
: Belum menikah
: [email protected]
: Olahraga
: Baik
: Pendidikan S1 Informatika Universitas Langsung Jaya

PENDIDIKAN FORMAL

2002-2008 SDN 19 Madiun
2008-2011 SMP 3 Madiun
2011-2014 SMA 2 Madiun
2014-2019 Program Studi Informatika Universitas Langsung Jaya

PENDIDIKAN INFORMAL

  • Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare
  • Kursus Bahasa Jepang

PRESTASI

  • Olimpiade Matematika Peringkat 3 Tahun 2009
  • Karya Ilmiah Remaja Tingkat SMA Tahun 2012

Demikian daftar riwayat hidup saya sebagai bahan pertimbangan lamaran kerja saya. Terima kasih.

Tanda Tangan

 

Budi Ashari


4. Contoh CV untuk PNS


CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Alamat
No Hp
Jenis Kelamin
Agama
Kewarganegaraan
Status
Email
Hobi
Kesehatan
Pendidikan Terakhir
: Stefanie Julia
: Kediri, 1 Mei 1990
: Jalan Sumber Rahayu No. 18, Kediri
: 0817 8203 9482
: Perempuan
: Konghucu
: Indonesia
: Belum Menikah
: [email protected]
: Membaca
: Baik
: S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Trunojoyo Madura

PENDIDIKAN FORMAL

1997-2003 SDN 1 Kediri
2003-2006 SMP 3 Kediri
2006-2009 SMA 2 Kediri
2009-2014 Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura

PRESTASI

  • Olimpiade Akuntansi Peringkat 1 Tahun 2012
  • Olimpiade Matematika Tingkat SMA se-Indonesia Peringkat 2 Tahun 2007

Demikian daftar riwayat hidup saya sebagai bahan pertimbangan lamaran kerja saya. Terima kasih

Tanda Tangan

 

Stefanie Julia


5. Contoh CV untuk Profesional


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama
Tempat/Tanggal Lahir
Alamat
Nomor HP
Jenis Kelamin
Agama
Kewarganegaraan
Status
Email
Hobi
: David Raharjo
: Batam, 18 Juli 1989
: Jl. Gantiwarno No. 22, Tegalan, Batam
: 0812 0202 0404
: Laki-Laki
: Katolik
: Indonesia
: Belum Menikah
: [email protected]
: Olahraga

Pendidikan Formal

1996-2002 SDN Beji 1 Batam
2002-2005 SMPN 12 Batam
2005-2008 SMA Pangudi Luhur Batam
2008-2013 Universitas Negeri Batam

Pendidikan non Formal

  • Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare
  • Kursus Bahasa Italia di Rome Course
  • Kursus Online AutoCad
  • Kursus Online Photoshop

Keahlian Khusus

  • Mengoperasikan program AutoCad
  • Photo Editing (Photoshop)
  • Bahasan Inggris aktif dan pasif

Pengalaman Kerja

  • Staff Distribusi di PT. Bangun Karya
  • Manajer Marketing di PT. Bangun Karya
  • Staff Administrasi di Bank BRI Batam

Pengalaman Organisasi

  • Ketua Divisi Penerangan BEM Universitas Negeri Batam

Demikian daftar riwayat hidup saya yang dibuat dengan sebaik-baiknya. Semoga dapat menjadi pertimbangan atas lamaran pekerjaan saya. Terima kasih.

Hormat saya,

 

David Raharjo


6. Contoh CV Lamaran Kerja di Bank


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama
Tempat, Tanggal Lahir
Kewarganegaraan
HP
Jenis Kelamin
Status Perkawinan
Agama
Kesehatan
Alamat Lengkap
Pendidikan Terakhir
: Zulfa Anisa
: Malang, 13 Desember 1990
: Indonesia
: 0896 7272 9292
: Perempuan
: Belum menikah
: Islam
: Baik
: Jl. Sultan Aziz No. 12, Malang
: S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang

Riwayat Pendidikan

1997 – 2003 SD N 1 Malang
2003 – 2006 SMP 3 Malang
2006 – 2009 SMA Islam Malang
2009 – 2014 : Program S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang

Pengalaman Kerja

  • Bekerja di Bank Jatim Malang Sebagai Teller
  • Bekerja di Kospin Malang sebagai Staff Akuntansi
  • Bekerja di PT. Sejahtera Sementara sebagai Akuntan

Prestasi

  • Juara Atlet Remaja PON Jawa Timur tahun 2007
  • Atlet Pelatda Provinsi Jawa Timur (2005 – 2010)
  • Juara Cerdas Cermat Antar Mahasiswa Akuntansi UM (2011)

Demikian daftar riwayat hidup saya sebagai pertimbangan atas lamaran kerja saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Zulfa Anisa


7. Contoh CV Lamaran Kerja di Rumah Sakit


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Alamat
No Hp
Jenis Kelamin
Agama
Kewarganegaraan
Status
Email
Hobi
Kesehatan
Pendidikan Terakhir
: Boyke Muhammad
: Ponorogo, 13 September 1987
: Jl. Manisrenggo No. 14, Ponorogo
: 0817 0202 9495
: Laki-laki
: Islam
: Indonesia
: Belum Menikah
: [email protected]
: Membaca
: Baik
: Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran STIKES Surakarta

Pendidikan Formal

1994-2000 SDN 1 Ponorogo
2000-2003 SMP N 4 Ponorogo
2003-2006 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo
2006-2011 Fakultas Kedokteran STIKES Surakarta

Pelatihan/Seminar

  • Pelatihan BCLS di UGD RS Islam Surakarta
  • Pelatihan EKG di RS Karima Utama Surakarta

Pengalaman Kerja

  • Dokter jaga UGD RSUD Surakarta
  • Dokter Praktek
  • Dokter pengganti di Puskesmas Karanganyar

Prestasi

  • Olimpiade Sains Tingkat Universitas Peringkat 3 Tahun 2004
  • Karya Ilmiah Remaja Antar SMA se-Indonesia Juara 2 Tahun 2004

Demikian daftar riwayat hidup saya sebagai bahan pertimbangan atas lamaran kerja saya. Untuk perhatiannya, terima kasih.

Tanda Tangan

 

Boyke Muhammad


8. Contoh CV Lamaran Kerja Satpam


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Alamat
No Hp
Jenis Kelamin
Agama
Kewarganegaraan
Status
Email
Hobi
Kesehatan
Pendidikan Terakhir
: Santoso Budi Utomo
: Surabaya, 13 Maret 1985
: Jl. Dupak No. 11, Magetan
: 0896 4359 0928
: Laki-laki
: Islam
: Indonesia
: Belum Menikah
: [email protected]
: Beladiri
: Baik
: SMA

Pendidikan Formal

1992-1998 SDN 3 Surabaya
1998-2001 SMP N 1 Surabaya
2001-2004 SMA Muhammadiyah 1 Magetan

Pelatihan

  • Pelatihan Beladiri Setia Hati di Magetan
  • Pelatihan Security di Surabaya

Pengalaman Kerja

  • Security Bank BRI Magetan
  • Security Rumah Sakit Ronggowarsito Magetan

Prestasi

  • Kejuaraan Pencak Silat Peringkat 2 se-Jawa Timur
  • Lomba Cerdas Cermat Tingkat Sekolah SMA Juara 2

Demikian daftar riwayat hidup saya sebagai bahan pertimbangan atas lamaran kerja saya. Untuk perhatiannya, terima kasih.

Tanda Tangan

 

Santoso Budi Utomo


9. Contoh CV untuk Presentasi Seminar

Selain untuk melamar pekerjaan, CV juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk pemateri sebuah seminar atau pelatihan. Informasi yang dicantumkan pada CV ini tidak selengkap CV untuk lamaran kerja. Mungkin contoh di bawah dapat dijadikan sebagai gambaran CV untuk presentasi seminar atau pelatihan.


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Alamat
No. HP
Jenis Kelamin
Status Perkawinan
Agama
Kesehatan
Pendidikan Terakhir
: Permadani Arya
: Jombang, 13 Desember 1985
: Jl. Rahmat Ilahi No. 15, Jombang
: 0896 7272 9292
: Laki-laki
: Belum menikah
: Islam
: Baik
: S2 Ekonomi Bisnis STIE SBI Yogyakarta

Pendidikan Formal

1992 – 1998 SD Tunas Karya Jombang
1998 – 2001 SMP 3 Jombang
2001 – 2004 SMA Islam Jombang
2004 – 2008 Program S1 Ekonomi Bisnis STIE SBI Yogyakarta
2008 – 2011 Program S2 Ekonomi Bisnis STIE SBI Yogyakarta

Pendidikan non Formal

  • Kursus Bahasa Inggris di English First
  • Kursus Bahasa Jerman di Germany First

Pelatihan/Seminar

  • Pelatihan Public Speaking di Yogyakarta
  • Pelatihan Digital Marketing di Jakarta

Pengalaman Organisasi

  • Anggota Serikat Dagang Jombang
  • Ketua Divisi Penerangan BEM STIE SBI Yogyakarta
  • Imam Besar PT. Permadani Korporasi

Pengalaman Kerja

  • Staff Marketing di PT. Sampoerna Digital
  • Koordinator Distribusi PT. Sampoerna Digital
  • Manajer Distribusi PT. Sari Segar Andalan
  • Pemateri di seminar rutin “Bisnis Online untuk ABG”
  • CEO PT. Permadani Korporasi

Prestasi

  • Olimpiade Sains Tingkat SMA Peringkat 1 Tahun 2002
  • Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Kampus Tahun 2007

Tanda tangan

 

Permadani Arya


10. Contoh CV Lamaran Kerja Marketing


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Alamat Lengkap
Kewarganegaraan
HP
Jenis Kelamin
Status Perkawinan
Agama
Kesehatan
Pendidikan Terakhir
: Rafi Safi’i
: Subang, 23 Desember 1992
: Jl. Sultan Rosad No. 12, Subang
: Indonesia
: 0812 0984 7982
: Laki-laki
: Belum menikah
: Islam
: Baik
: S1 Ilmu Administrasi Universitas Sebelas Maret

Riwayat Pendidikan

1999 – 2005 SD N 3 Subang
2005 – 2008 SMP Tunas Karya Subang
2008 – 2011 SMA Islam Subang
2011 – 2015 : Program S1 Administrasi Universitas Sebelas Maret

Pendidikan non Formal

  • Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare
  • Kursus Public Speaking di Jakarta
  • Pelatihan Digital Marketing di Kampung Marketer

Pengalaman Kerja

  • Anggota Tim Marketing PT. Dji Sam Soe Subang
  • Koordinator Tim Marketing PT. Dji Sam Soe Subang

Prestasi

  • Juara 1 Lomba Solat se-Jawa Barat Tahun 1999
  • Olimpiade Sains Tingkat SMA Peringkat 2 Tahun 2009
  • Lomba Cerdas Cermat Antar Kampus Peringkat 3 Tahun 2012

Demikian daftar riwayat hidup saya sebagai pertimbangan atas lamaran kerja saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Rafi Safi’i


Baca juga: Merinci 10 Dokumen Persyaratan Lamaran Kerja Paling Standar


Format Dasar Penulisan CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar

CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama
TTL
Alamat Lengkap
Kewarganegaraan
No. Telepon/HP
Jenis Kelamin
Agama
Pendidikan
:
:
:
:
:
:
:
:

Deskripsi diri

 

Riwayat Pendidikan

Pendidikan non Formal

Pengalaman Organisasi

Keahlian Khusus

Pengalaman Kerja

Prestasi

Demikian daftar riwayat hidup saya sebagai pertimbangan atas lamaran kerja saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Tama terang)

Seperti yang kita ketahui, CV lamaran kerja digunakan sebagai bahan pertimbangan pertama kali untuk pimpinan perusahaan atau HRD yang menyeleksi calon pegawai. Jadi pastikan CV yang kita buat benar-benar mengandung informasi-informasi penting tentang kapasitas kita untuk menambah nilai pertimbangan penerima pegawai.

Setelah melihat contoh-contoh CV di atas, ada beberapa komponen yang musti ada untuk meyakinkan penerima kerja akan kapasitas kita. Maka untuk membuat CV yang baik dan benar, pastikan kita memperhatikan poin-poin penting di bawah ini:

  • Data Pribadi

Data pribadi merupakan informasi pertama kali yang harus kita cantumkan di bagian paling atas pada lembar CV lamaran kerja. Data ini mencakup informasi-informasi pribadi yang diperlukan, seperti: nama lengkap, TTL, alamat, nomor telepon/HP, alamat email, dan lain-lain.

Sebagai saran tambahan untuk kolom alamat email, pastikan kamu membuat akun email dengan tidak menggunakan nama email yang aneh-aneh. Gunakan saja nama asli kita untuk memudahkan pihak penerima pegawai menghubungi kita via email.

  • Deskripsi Diri

Dalam bagian ini, promosikan kelebihan-kelebihan kamu sebagai tawaran kepada HRD perusahaan sebagai pembuka lowongan kerja. Tulis sekitar tiga atau empat kalimat ringkas tentang keunggulan kamu sebagai pelamar untuk menarik minat HRD yang membuka lowongan kerja. Hal ini tentu menambah potensi diterima untuk melakukan tahap seleksi selanjutnya.

  • Pendidikan Formal

Bagian ini mencakup riwayat pendidikan formal kita mulai dari Sekolah Dasar, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi yang sudah kita tuntaskan. Jangan lupa lengkapi dengan tahun masuk dan kelulusan. Riwayat pendidikan juga sangat penting dan menentukan terutama pada jenis pekerjaan formal yang membutuhkan tenaga profesional.

  • Pendidikan Informal

Selain data riwayat pendidikan formal, akan lebih baik jika kita menambahkan riwayat pendidikan informal yang pernah kita ikuti. Pendidikan ini mencakup kursus-kursus, seminar, atau pelatihan yang pernah kita ikuti. Hal-hal semacam ini tentu juga menjadi bahan pertimbangan bagi HRD perusahaan dalam menerima pegawai.

  • Pengalaman Organisasi

Poin ini juga sangat penting untuk ditambahkan dalam daftar riwayat hidup pencari kerja. Ini akan menguntungkan bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja secara formal. HRD perusahaan akan melihat pengalaman organisasi sebagai tolok ukur keaktifan calon pegawai dalam bekerja sama dengan tim.

Cantumkan secara rinci semua pengalaman organisasi mulai dari nama organisasi, jabatan kita, hingga tahun aktif kita dalam organisasi tersebut.

  • Prestasi yang Pernah Dicapai

Jika kita pernah mendapatkan suatu pencapaian prestasi berupa perlombaan, olimpiade, atau kejuaraan, baik akademik maupun non-akademik, kita bisa menuliskannya dalam CV kita. Tulis saja dalam bentuk data yang mencakup nama prestasi, peringkat, dan tahun kita mendapatkan prestasi itu.

  • Keahlian Tambahan

Jika kita memiliki keahlian khusus di bidang yang mendukung pekerjaan yang kita lamar, cantumkan informasi tersebut sebagai pelengkap dan nilai tambah untuk CV kita. Keahlian tambahan yang sering dicari biasanya berupa kemampuan bahasa asing, mengoperasikan komputer, atau keahlian yang mendukung pekerjaan kita.

  • Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu musti cantumkan data riwayat pekerjaan kamu. Data-data tersebut mencakup nama perusahaan, posisi yang dijabat, dan tahun mengabdi dalam perusahaan tersebut. Data ini nanti akan didukung oleh surat referensi dari perusahaan sebelumnya.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

desain cv online
google.play

Setelah mengetahui format dasar penulisan CV lamaran kerja dan apa saja komponen yang harus dicantumkan, pada bagian ini kita akan mencoba menjabarkan bagaimana membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar. Dan apa saja kita yang harus kita lakukan supaya CV yang kita buat mampu menarik perhatian HRD dan mempertimbangkan kualifikasi kita.

Berikut beberapa cara sekaligus tips membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar.

  • Siapkan kertas putih polos. Dalam program Microsoft Office Word, siapakan satu kertas putih polos baru dengan ukuran A4 80 gram. Ini merupakan standar umum yang digunakan dalam berkas lamaran kerja formal.
  • Terapkan format dasar penulisan CV. Di poin sebelumnya, kita sudah sertakan format dasar penulisan CV berupa informasi-informasi penting yang harus kita cantumkan dalam CV kita. Informasi yang mencakup: data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, dan sebagainya.
  • Perhatikan pemilihan font. Untuk font yang digunakan dalam penulisan berkas-berkas lamaran kerja (termasuk CV) biasanya menggunakan font formal yang mudah dibaca, seperti: arial, times new roman, calibri, dan sebagainya, dengan ukuran standar 11 pt atau 12 pt.
  • Gunakan tata penulisan yang benar. Dulu, kita mengenal tata penulisan EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Namun sekarang, tata penulisan yang benar sudah mengacu kepada PUEBI yang dapat kita pelajari. Jadi gunakan tata penulisan sesuai dengan ejaan resmi yang berlaku.
  • Rapi dan elegan akan lebih baik. Meskipun bersifat formal dan kaku, kita boleh memberikan sedikit aksen warna untuk menambah kesan elegan pada CV kita. Ini tentu membutuhkan keterampilan tersendiri agar ubahan kita pada tampilan tidak merusak formalitas penulisan CV kita.
  • Tidak lebih dari 1 halaman. Akan lebih bagus, CV lamaran kerja yang kita buat tidak memakan tempat lebih dari 1 halaman. Jadi, cantumkan poin-poin yang penting saja dengan tulisan yang singkat dan padat.
  • Koreksi sekali lagi. Sebelum kita benar-benar yakin dengan CV yang kita buat, alangkah baiknya kita koreksi sekali lagi CV baru kita untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam penulisan.

Mungkin itu sekelumit cara dan tips yang bisa kita berikan kepada kamu yang ingin melamar pekerjaan. Tips-tips di atas berlaku jika kamu membuat CV secara sederhana dan formal menggunakan program Microsoft Office Word.

Namun jika kita ingin membuat CV lamaran kerja dengan tampilan desain yang lebih bebas dan kreatif, kita dapat menggunakan program desainer online khusus pembuatan CV lamaran kerja. Kita dapat dengan mudah mendesain CV sekreatif mungkin karena banyaknya fitur yang tersedia. Kamu dapat mengaksesnya pada situs-situs berikut ini:

  • VisualCV
  • Resume.io
  • ConnectCV
  • Kinzaa
  • CV Maker
  • KickResume
  • ResumUP

Atau jika Kamu tidak mau repot-repot membuat CV lamaran kerja sendiri, meskipun itu mudah, kamu juga dapat membeli jasa desain CV seperti yang kamu inginkan. Ada banyak penyedia jasa pembuatan CV online dengan harga yang variatif. Cari saja di google!

Kesalahan Umum Dalam Membuat CV (Curriculum Vitae)

contoh cv lamaran kerja
pinterest.com

Meskipun kita telah memahami format penulisan CV yang baik dan benar, kita juga perlu memperhatikan kesalahan apa saja yang seringkali dilakukan oleh orang-orang dalam membuat CV lamaran kerja. Berikut kita rinci apa saja kesalahan yang paling umum dilakukan dalam membuat CV.

  • Typo atau salah ketik. Namanya juga ‘salah ketik’, ya itu pasti kesalahan. Itulah mengapa kita harus mengoreksi kembali CV lamaran kerja yang baru saja kita buat.
  • Desain yang kelewat kreatif. Dalam membuat CV harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dituju. CV untuk melamar kerja dan CV untuk keperluan presentasi seminar tentu berbeda dalam hal format dan desain. Masalah ini juga telah kita bahas di poin Jenis CV Berdasarkan Jenis Formatnya di atas.
  • Data yang tidak valid. Setiap data informasi yang kita tulis di CV nantinya akan didukung dengan berkas-berkas yang berkaitan. Seperti: data identitas diri akan didukung dengan KTP, riwayat pendidikan didukung dengan ijazah, dan lain sebagainya.
  • Satu untuk semua. Faktanya, banyak pelamar yang mengakali satu CV yang dibuat digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang berbeda-beda. Maka perlu kita ketahui, setiap perusahaan satu dengan yang lainnya tentu memiliki kualifikasi yang berbeda-beda dalam penerimaan karyawan. Maka, gunakan satu CV hanyak untuk satu perusahaan.
  • Terlalu bertele-tele. Melihat dari banyak contoh CV lamaran kerja di atas, kita mendapati bahwa kebanyakan CV hanya diisi dengan poin-poin dalam bentuk data-data singkat. Jadi jangan sampai kamu terlalu banyak mendeskripsikan keunggulan kamu di lembar CV.

Baca juga: Lengkap! 25 Contoh Surat Lamaran Kerja dari Berbagai Jenis Instansi


Download Contoh CV Lamaran Kerja (Curriculum Vitae)

Pada bagian ini, kita akan menyertakan beberapa file (.docx) yang dapat kamu download dengan hanya satu klik. File ini berisi template dasar dan beberapa contoh pembuatan CV sederhana menggunakan program Microsoft Office Word.

Jadi untuk kamu yang merasa kesulitan membuat CV lamaran kerja sendiri, atau tak berminat membeli jasa pembuatan CV yang tersedia di mana-mana, maka kita mencoba membantu dengan membuatkan file berisi format dasar CV lamaran kerja ini.

Kamu tinggal download file di bawah ini dan edit pada bagian-bagian tertentu yang perlu untuk diedit. Jangan lupa terapkan tips-tips dan cara yang telah kita bahas sebelumnya.

format cv lamaran kerja doc

Download: Format Dasar CV Lamaran Kerja

contoh cv doc

Download: Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

cv bahasa inggris doc

Download: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Penutup

Itulah beberapa ulasan seputar contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar. Mulai dari penjelasan singkat mengenai apa itu CV, contoh-contoh CV, bagaimana cara membuatnya, hingga download format contoh CV dalam bentuk file (.docx).

Dengan ini kita mencoba berkontribusi dalam membantu teman-teman seperjuangan untuk memperoleh pekerjaan yang semakin susah didapat. Mungkin begitulah ulasan kita tentang contoh CV lamaran kerja. Semoga membantu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *