contoh surat pengunduran diri kerja

Merinci 20 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dan Cara Membuatnya

Merinci 20 contoh surat pengunduran diri kerja dengan berbagai versi berdasarkan alasan dan jenis pekerjaan. Menjabarkan pula tata cara resign yang baik dan benar.

 


Surat pengunduran diri kerja adalah sebuah lembaran pemberitahuan yang disampaikan karyawan kepada atasan untuk mengabarkan keinginannya untuk resign dari perusahaan. Ketika kita ingin berhenti bekerja dari perusahaan karena suatu alasan, kita perlu menyampaikan surat pengunduran diri kepada atasan.

Untuk membuat surat pengunduran diri kerja, ada beberapa poin yang harus diperhatikan mulai dari format penulisan, komponen informasi yang dicantumkan, dan tata cara bagimana cara reasign yang baik dan benar. Pemberitahuan ini sangat penting bagi perusahaan untuk menyesuaikan kepergian kita dan mencari pengganti posisi kita nanti.


Baca juga: Lengkap! 25 Contoh Surat Lamaran Kerja dari Berbagai Jenis Instansi


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign)

contoh surat pengunduran diri kerja
kotakpintar.com

Sebelum kita membuat surat resign atau surat pengunduran diri kerja, pada bagian ini kita sertakan contoh-contoh surat pengunduran diri kerja dengan berbagai versi.

1. Contoh Surat Pegunduran Diri Secara Umum

Yogyakarta, 20 Juli 2019

Kepada Yth.
Bapak Supervisor Departemen Produksi
PT. Panti Wijaya Group
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Jabatan
No. Karyawan
: Adi Wijaya
: Solo, 2 Juli 1980
: Operator
: K9829

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Panti Wijaya Group. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena keinginan saya berwirausaha.

Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Supervisor Departemen Produksi PT. Panti Wijaya Group yang selama ini telah memberikan bimbingannya kepada saya. Mohon maaf jika selama bekerja, saya melakukan banyak kesalahan, baik disengaja atau tidak. Saya berharap semoga PT. Panti Wijaya Group semakin maju dan berjaya.

Demikian surat pengunduran diri saya ajukan. Atas perhatian dan kemaklumannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Adi Wijaya

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Purwokerto, 11 Januari 2018

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Makmur Selalu
Jl. Cisingsing, No. 17
Purwokerto

Dengan Hormat,
Saya mengajukan surat ini sebagai pemberitahuan resmi saya akan pengunduran diri. Sebagaimana dalam kontrak kerja, saya memberikan pemberitahuan setidaknya satu bulan sebelum masa kontrak usai pada 14 Februari mendatang.

Sementara saya benar-benar menikmati masa saya bekerja di PT. Makmur Selalu, saya telah melakukan pertimbangan untuk menentukan keputusan saya ini demi memajukan karier saya.

Saya ingin mengungkapkan banyak terimakasih, betapa saya menghargai kesempatan yang Anda berikan selama tiga tahun terakhir. Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya atas banyak kekurangan saya selama bekerja di PT. Makmur Selalu.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tolong beritahukan jika Anda membutuhkan bantuan saya dengan cara yang lain. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Ivan Gunawan

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Dear Chief Executive Officer, Mr. Louis Darsono

As required by my contract of employment, I hereby give you three weeks notice of my intention to leave my position as Marketing Staff.

I wish both of you and company leaders every good fortune and I would like to thank you for having me as part of your team.

Yours sincerely,

 

Putra Elang

4. Contoh Surat Pegunduran Diri Sementara

Malang, 17 Mei 2017

Kepada Yth.
Bapak Direktur PT. Intisari Sejahtera
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
No. Pegawai
Jabatan
Bekerja Sejak
: Putri Amalia
: 30 Desember 1989
: E1002
: Staff Distribusi
: 2015

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sementara dari PT. Intisari Sejahtera selama 4 bulan. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah tanggungjawab saya sebagai ibu untuk mengurus bayi saya yang baru lahir.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak beserta segenap direksi dan karyawan PT. Intisari Sejahtera. Saya berharap bapak bersedia menerima permohonan saya, sehingga saya dapat kembali bekerja seperti biasa setelah masa izin pengunduran diri saya berakhir.

Demikian surat pengunduran diri saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Putri Amalia

5. Contoh Surat Pegunduran Diri dari Perusahaan

Semarang, 4 April 2019

Yth. Direktur PT. Sumber Rejeki
di Jln. Kartini No. 81 Semarang
Semarang, Jawa Tengah

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Departemen
Jabatan
No. Karyawan
: Sri Handayani
: Distribusi
: Staff
: D4002

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sumber Rejeki Semarang. Alasan saya atas keputusan ini adalah keinginan saya mengembangkan bisnis keluarga.

Surat ini saya buat dengan sebaik-baiknya dan penuh kesadaran. Saya berharap Anda dapat menerima permohonan saya ini, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan. Atas perhatiannya, saya ucapkan termakasih.

Hormat saya,

 

Sri Handayani

6. Contoh Surat Pegunduran Diri dari Bank

Sragen, 20 September 2019

Kepada Yth.
Bank Rakyat Indonesia Cabang Sragen
Jalan Sriwedari 14, Sragen
Sragen

Dengan hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Sragen atas nama:

Nama
Alamat
: Boy Santoso
: Jalan Melati No. 14 Sragen

Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah rencana saya dan keluarga untuk pindah ke luar kota karena keperluan yang mendesak.

Tidak lupa saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas segala pelajaran dan kesempatan yang diberikan selama tiga tahun ini. Saya juga memohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan saya selama bekerja di Bank Rakyat Indonesia cabang Sragen ini.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sebaik-baiknya tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Boy Santoso

7. Contoh Surat Pegunduran Diri dari Pabrik

Padang, 9 Januari 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Yth. Sugeng Ryadi
Direktur PT. Sinarmas Jayaraya
Jalan Samudera No. 13 Padang

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya atas nama Ryan Saputra bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan pabrik PT. Sinarmas Jayaraya terhitung mulai tanggal 12 Januari 2019. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah diterimanya saya di perusahaan lain, sehingga tidak dapat melanjutkan pekerjaan di PT. Sinarmas Jayaraya.

Saya mengucapkan termakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan selama masa kerja saya di PT. Sinarmas Jayaraya ini.

Semoga bapak dapat memaklumi keputusan saya. Saya berharap semoga PT. Sinarmas Jayaraya semakin maju dan berjaya ke depannya.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Ryan Saputra

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Surabaya, 17 Agustus 2019

Yth. Ketua BEM ITS Surabaya
Di Tempat

Bersama surat ini saya atas nama:

Nama
Alamat
Fakultas/Prodi
: Andre Samudera
: Sumberejo, Pakuwon, Surabaya
: Teknik/Elektronik

Bersama dengan surat ini, saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Bidang Budaya di BEM ITS Surabaya dengan alasan telah diterima bekerja di salah satu perusahaan di Surabaya, sehingga tidak memiliki waktu lagi untuk kegiatan organisasi.

Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan semua atas kebersamaannya dalam menimba ilmu dan mempraktikkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari perkuliahan.

Sekaligus saya ajukan permohonan maaf atas segala keterbatasan saya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban selama berorganisasi.

Saya berharap semoga kedepannya, BEM ITS Surabaya selalu menjadi garda terdepan dalam pergerakan mahasiswa di ITS Surabaya dan menjadi wadah perubahan di tengah masyarakat Indonesia.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas segala perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Andre Samudera

9. Contoh Surat Pegunduran Diri dari Partai

Kediri, 14 Januari 2019

Kepada Yth.
Ketua Umum DPP Partai Ksatria Baja Hitam
Bapak Dr. Ahmadi Mubarok
Di Kediri

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan hormat,
Sebelumnya kami sampaikan semoga Bapak Dr. Ahmadi Mubarok selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberikan kesehatan. Bersama surat ini kami bermaksud menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai bagian pengurus Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) Kabupaten Kediri Masa Bakti 2014-2019, sesuai SK DPP Partai Ksatria Baja Hitam Nomor 08.21/SK/DPP.DP/PKBH/VII/2014.

Kedua, dengan segala hormat kepada Ketua Umum DPP Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH), saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Majelis Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) Kabupaten Kediri.

Saya berharap Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) untuk selalu konsisten dalam memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial, ekonomi, dan budaya yang tengah terjadi krisis di Negeri Indonesia tercinta ini. Saya tetap akan memberikan dukungan kepada Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) dalam semangat perjuangan.

Keputusan ini begitu sulit bagi saya karena melihat masa jabatan saya yang tinggal beberapa bulan lagi. Namun saya perlu memutuskan untuk dapat memfokuskan perjuangan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami serta memaklumi keputusan yang saya buat ini. Saya berharap keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturrahim yang sudah terjalin di antara kita.

Saya juga ingin memohon maaf kepada seluruh pengurus Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) serta jajaran pimpinan atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bergabung dan menjabat sebagai Ketua Majelis Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) Kabupaten Kediri.

Terima kasih atas segala dukungan dan perhatian Bapak Dr. Ahmadi Mubarok selaku Ketua Umum DPP Partai Ksatria Baja Hitam (PKBH) Kabupaten Kediri

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Hormat saya,

 

Muhammad Anwari Hasan

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Tetap

Malang, 25 Mei 2017

Kepada Yth.
Bapak Direktur PT. Silat Merdeka
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
No. Pegawai
Jabatan
Departemen
Bekerja sejak
: Arief Surapraja
: 9303TT
: Teknisi
: Maintenance
: 2004

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Silat Merdeka. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena keinginan saya melakukan pensiun dini. Terkait pengurusan administratif pengunduran diri, saya serahkan sepenuhnya pada pihak perusahaan.

Tidak lupa saya sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, beserta segenap direksi dan karyawan PT. Silat Merdeka atas kebersamaannya selama 13 tahun ini.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya, saya ucapkan termakasih.

Hormat saya,

 

Arief Surapraja

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak

Surabaya, 12 September 2018

Kepada Yth.
Kepala Bagian SDM dan Umum
PT. Sedya Usaha
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Jabatan
Departemen
Bekerja sejak
: Rizal Muhammad
: 30 Januari 1990
: Staff SDM
: SDM dan Umum
: 2016

Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sedya Usaha. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena keharusan saya untuk pindah rumah ke Jakarta.

Terkait dengan belum habisnya masa kontrak, saya serahkan sepenuhnya pada kebijakan perusahaan. Saya siap menerima konsekuensi apapun yang ditetapkan perusahaan atas diri saya.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

Rizal Muhammad

12. Contoh Surat Pegunduran Diri Sebagai Tenaga Profesional

Depok, 18 Oktober 2017

Yth. Chief Financial Officer
PT. Guten Morgen Indonesia
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Jabatan
Instansi
: Agus Sarbini, S.Kom.
: 10 Oktober 1990
: Auditor Eksternal
: Java Auditor

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari proyek audit laporan keuangan PT. Guten Morgen Indonesia tahun 2017. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena penemuan saya dengan beberapa pihak internal perusahaan yang tidak kooperatif. Perlu dipahami bahwa tanpa kerjasama kedua belah pihak, proses audit tidak akan berjalan normal. Diharapkan PT. Guten Morgen Indonesia bisa bersikap profesional sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

Agus Sarbini, S.Kom.

13. Contoh Surat Pegunduran Diri Sebagai Mitra Kerja

Jember, 4 April 2017

Kepada Yth.
Dewan Direksi PT. Javanese Steel
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Jabatan
: Sri Suryaningsih
: Owner PT. Putra Kontraktor

Bermaksud mengundurkan diri sebagai mitra dari PT. Javanese Steel. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena PT. Javanese Steel tidak menepati kesepakatan yang telah ditandatangani di atas MoU.

Saya sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi PT. Javanese Steel. Semoga selanjutnya, PT. Javanese Steel dapat melakukan perbaikan di masa depan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

Sri Suryaningsih

14. Contoh Surat Pegunduran Diri di Instansi Pemerintahan

Bandung, 15 September 2018

Kepada Yth.
Bapak Direktur PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI)
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Jabatan
Bekerja sejak
: Surya Kusuma
: Surakarta, 13 Januari 1990
: Masinis
: 2015

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan.

Saya sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada pemerintah serta segenap direksi PT. Kereta Api Indonesia.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Surya Kusuma

15. Contoh Surat Pegunduran Diri di Instansi Swasta

Bogor, 24 April 2018

Kepada Yth.
Bapak Direktur PT. Surya Kencana
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
No. Pegawai
Jabatan
Bekerja sejak
: Aisya Putri Ratnasari
: Semarang, 19 Mei 1990
: D4930
: Staff Manajer
: 2015

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Surya Kencana. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena tanggung jawab saya sebagai ibu untuk mengurus bayi saya yang baru lahir.

Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta segenap direksi dan karyawan PT. Surya Kencana atas kebersamaannya selama 3 tahun ini.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

 

Aisya Putri Ratnasari

16. Contoh Surat Pegunduran Diri kepada Direktur

Bandung, 29 Maret 2019

Kepada Yth.
Bapak Direktur PT. Selerasa Indonesia
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
No. Pegawai
Jabatan
Bekerja sejak
: Susi Sumantini
: Sragen, 19 Maret 1991
: K1231
: Staff Marketing
: 2016

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Selerasa Indonesia. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena kondisi kesehatan saya yang kurang memungkinkan untuk bekerja.

Saya sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta segenap direksi dan karyawan PT. Selerasa Indonesia atas kerjasamanya selama 3 tahun saya bekerja.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Susi Sumantini

17. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Supervisor/Kepala Bagian

Surakarta, 22 April 2017

Kepada Yth. Kepala Bagian Multimedia
PT. Musika Raya Studio
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Alamat
Jabatan
: Ryan Hendra Magusti
: Bantul, Yogyakarta
: Staff Maintenance

Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan di perusahaan Bapak. Adapun alasan saya, harus menjalani perawatan akibat penyakit yang saya derita.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak beserta segenap direksi dan karyawan PT. Musika Raya Studio atas kebersamaannya selama saya bekerja. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama bekerja di sini, ada banyak kesalahan yang saya perbuat.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Saya berharap semoga PT. Musika Raya Studio lebih maju dan berjaya kedepannya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Ryan Hendra Magusti

18. Contoh Surat Pegunduran Diri Karena Pensiun

Semarang, 20 Juli 2019

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Indah Nusantara

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya atas nama Rudy Wijanarko bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Indah Nusantara sebagai Sopir Bus Pariwisata dengan alasan ingin pensiun dini. Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama ini. Saya juga memohon maaf apabila selama bekerja, saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan.

Demikian surat ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Semoga PT. Indah Nusantara semakin maju dan berjaya. Terimakasih.

Hormat Saya,

Rudy Wijanarko

19. Contoh Surat Pegunduran Diri Karena Menikah

Palembang, 19 Oktober 2017

Kepada Yth.
Direktur PT. Sejuta Finance
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
No. Register
Jabatan
Bekerja sejak
: I Gusti Sampoerna
: Kuta, 13 Februari 1992
: K3402
: Teller
: 2015

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejuta Finance. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena keinginan saya akan menikah. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta segenap direksi dan karyawan PT. Sejuta Finance atas kebersamaannya selama 3 tahun ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

I Gusti Sampoerna

20. Contoh Surat Pegunduran Diri Karena Kehamilan

Denpasar, 16 Januari 2018

Kepada Yth,
General Manager
Hotel Nirwana Dewata Resort
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Tempat Tanggal Lahir
No. Register
Jabatan
Bekerja sejak
: Larasati Kusumawati
: Denpasar, 16 Juli 1990
: H2128
: Resepsionis
: 2016

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya sebagai karyawan Hotel Nirwana Dewata Resort. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena kehamilan saya. Saya berharap bapak dapat memahami dan memaklumi keputusan saya.

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak beserta segenap direksi dan karyawan Hotel Nirwana Dewata Resort atas kebersamaannya selama kurang lebih 2 tahun ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Dengan hormat

 

Larasati Kusumawati


Baca juga: Merinci 6 Contoh Iklan Lamaran Pekerjaan dari Berbagai Media


Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

cara menulis surat resign
pixabay.com

Sebelum membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan, hal pertama yang harus kita ketahui adalah komponen apa saja yang harus ada dalam susunan surat pengunduran diri. Setidaknya 3 komponen utama dalam surat pengunduran diri kerja, antara lain: tujuan surat, data diri singkat, dan alasan mengundurkan diri dari pekerjaan.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang tak kalah penting dalam penulisan surat, yaitu berkaitan dengan masalah etika dan gaya penulisan yang baik. Dalam hal ini, dapat kita simpulkan sebagaimana berikut:

  • Menggunakan gaya bahasa yang singkat dan padat.
  • Memberikan ucapan terimakasih kepada atasan, segenap direksi perusahaan, dan segenap karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.
  • Memberikan alasan yang jelas mengenai keputusan pengunduran diri kita.
  • Tidak menuliskan kesan yang buruk terhadap perusahaan.
  • Sertakan kutipan berupa landasan hukum yang mendasari pengajuan surat pengunduran diri kita, dapat diambil dari masa kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang berlaku.

Setelah memahami komponen utama dalam penulisan surat pengunduran diri dari pekerjaan, serta etika yang harus dilakukan dalam bahasa penulisan, maka berikut format penulisan surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar.

Sebenarnya ada banyak versi yang berkaitan dengan tata letak penulisan surat pengunduran diri yang semuanya boleh-boleh saja digunakan. Namun di sini kita sertakan format penulisan surat pengunduran diri kerja secara umum.

[Tempat dan tanggal penulisan surat]

Hal : –
Kepada Yth.
[Nama pimpinan/direktur/supervisor]
[Nama perusahaan]
[Alamat perusahaan]

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama
Alamat
No. Karyawan
Jabatan
Departemen
Bekerja sejak
:
:
:
:
:
:

[Paragraf. Pada bagian ini, jelaskan maksud Anda menulis surat ini bahwa Anda ingin mengudurkan diri dari pekerjaan. Jangan lupa juga tuliskan alasan Anda mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut dengan bahasa yang singkat dan jelas]

[Paragraf. Sampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan, jajaran direksi, dan seluruh karyawan perusahaan atas kebersamaannya selama Anda bekerja di perusahaan. Jangan lupa juga ucapkan permohonan maaf atas segala kekeliruan Anda selama bekerja di perusahaan. Ini berguna untuk meninggalkan kesan sopan santun dan etika yang baik dalam penulisan surat pengunduran diri]

[Paragraf. Sebelum penutup, sampaikan juga kesan baik Anda selama bekerja di perusahaan, pesan untuk orang-orang yang terlibat di dalamnya, dan harapan Anda untuk perusahaan agar tetap maju dan berjaya kedepannya]

[Penutup. Terakhir, akhiri surat Anda dengan menuliskan ucapan terimakasih atas perhatian yang telah diberikan]

Dengan hormat,

[Tanda tangan]

[Nama terang]

Mungkin itulah beberapa poin yang dapat kita tulis mengenai tata cara dan etika yang benar dalam membuat surat pengunduran diri kerja.

Bagaimana Cara Resign dari Perusahaan yang Baik dan Benar?

cara resign dari pekerjaan
pixabay.com

Selain membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar, kita juga harus meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan sebelum kita pamit meninggalkannya. Pada poin terakhir ini, ada beberapa cara atau tips bagaimana cara resign dari perusahaan yang baik dan benar.

  • Jangan resign secara mendadak

Berikan surat pengunduran diri kerja setidaknya 1 minggu atau paling minimal 3 hari sebelumnya. Sebenarnya, biasanya perusahaan sudah memberikan ketentuan soal jangka waktu ini, biasanya sudah tertulis pada surat kontrak kerja saat pertama kali bergabung dengan perusahaan.

Jangka waktu ini sangat berguna bagi perusahaan untuk menyiapkan pengganti posisi kita. Jika kita resign secara mendadak, maka dapat menyulitkan rekan kerja maupun atasan kita karena tidak tersedianya pengganti posisi kita.

  • Sampaikan secara langsung kepada atasan

Bisa dibilang, atasan merupakan orang terdekat kita sewaktu di kantor, dimana aktivitas kerja kita tentu selalu berhubungan dengannya. Maka ketika kita telah merencanakan untuk resign, jangan sampai atasan kita mendengar rencana kita dari mulut orang lain.

Akan sangat tepat apabila kita menyampaikannya secara langsung kepada atasan. Hal tersebut tidak hanya akan memberi beberapa waktu untuk meyesuaikan dan mencari karyawan baru untuk mengisi posisi kita, tapi juga membuatnya merasa dihargai secara profesional.

  • Tetap jaga etika dan bekerja yang baik

Meskipun kita telah memutuskan untuk resign dari perusahaan, terlebih jika kita telah mendapatkan izin dari atasan, maka jangan sampai kita kehilangan semangat lagi untuk bekerja. Hal ini tentu memberikan kesan bahwa kita tidak profesional, dan merepotkan rekan-rekan kerja dan atasan.

Maka alangkah baiknya kita tetap memberikan kontribusi yang baik di hari-hari terakhir kita bekerja di perusahaan. Hal ini juga akan menunjukkan bahwa kita benar-benar orang yang berdedikasi tinggi, meski akan meninggalkan perusahaan.

  • Kembalikan alat-alat inventaris perusahaan

Selama bekerja, tentu kita banyak menggunakan alat-alat milik perusahaan, entah itu alat tulis, perangkat komputer/laptop, atau yang lainnya. Maka sebelum meninggalkan perusahaan, pastikan semua barang tersebut sudah dikembalikan dengan baik untuk menghindari berbagai masalah di kemudian hari.

  • Berpamitan yang sopan

Sudah menjadi kebiasaan ketika ada seorang karyawan perusahaan yang akan resign, ada ritual pamitan sebagai salah satu etika yang baik. Jika surat resign sudah disetujui oleh atasan atau HRD, maka sampaikan juga kabar tersebut kepada rekan-rekan kerja.

Di hari terakhir kita bekerja, lakukan ritual salaman dengan seluruh rekan kerja sebagai tanda perpisahan. Kita dapat mengucapkan terimakasih atas kebersamaannya, dan permohonan maaf atas segala kesalah yang kita lakukan.

  • Tetap jaga profesionalisme

Selama bekerja, tentu kita mengetahui banyak hal tentang pe.rusahaan kita. Walaupun kita telah keluar dari perusahaan lama, kita harus tetap profesional untuk tidak membeberkan rahasia perusahaan jika kita bergabung dengan perusahaan baru. Etika kerja seperti ini biasanya sudah tercantum dalam kontrak kerja sebelumnya.

  • Tetap jaga silaturrahim dengan atasan dan rekan kerja

Silaturrahim merupakan salah satu pintu rezeki. Meskipun kita sudah tidak bekerja di perusahaan lagi, sebaiknya kita tetap menjaga hubungan yang baik dengan atasan dan rekan-rekan kerja kita dulu. Siapa tahu suatu saat ada kerjasama yang menguntungkan yang dapat dibangun mulai dari hubungan yang baik tersebut.


Baca juga: Merinci 10 Dokumen Persyaratan Lamaran Kerja Paling Standar


Tinggalkan Kesan Positif

Resign merupakan hal yang biasa dalam dunia kerja. Banyak karyawan memilih keputusan resign dari perusahaan dapat disebabkan oleh banyak hal: mencari pengalaman baru, karier yang lebih baik, dan meningkatkan pendapatan dengan merintis bisnis.

Namun meskipun begitu, kita harus tetap meninggalkan kesan yang positif ketika memilih untuk resign dari perusahaan. Pastikan kita membicarakannya bersama atasan dengan cara yang sopan dan beretika. Tinggalkan kesan positif agar hubungan kita dengan atasan, rekan kerja, dan perusahaan tetap terjaga dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *