contoh souvenir pernikahan

50 Contoh Souvenir Pernikahan, Murah, Unik, Bermanfaat!

Inspiratif! Berikut ini akan menghadirkan ide-ide unik tentang contoh souvenir pernikahan yang sayang sekali jika kamu lewatkan!

Pernah ndak kamu hadir di acara pernikahan teman, pulang-pulang mendapat sebuah barang mungil yang biasanya dikustom dengan nama pengantinnya? Iya, itu namanya cenderamata atau souvenir pernikahan.

Kehadiran souvenir dalam acara pernikahan menjadi satu elemen yang wajib ada di zaman sekarang ini.

Pasalnya, itu menjadi sebuah tanda terimakasih kepada para tamu undangan yang secara senang hati meluangkan waktu untuk menghadiri acara pernikahan kamu.

Namun, banyak calon pengantin yang kurang menaruh perhatian yang lebih pada elemen yang satu ini untuk acara pernikahan mereka.

Memilih souvenir secara “yang penting ada”, sehingga memilih barang-barang yang kurang berguna, yang pada akhirnya akan ditaruh di tempat sampah oleh para tamu karena malas menyimpannya.

Padahal, souvenir pernikahan tentu berisi memori tentang hari penting kebahagiaan kamu yang seharusnya tidak dibuang begitu saja.

Nah, untuk mengakali hal tersebut, berikut ini ada ide 50 contoh souvenir pernikahan yang fungsional, unik, kreatif, sekaligus memorable!

Yang pasti, para tamu akan berpikir seribu kali untuk membuangnya.

1. Hand Sanitizer

hand sanitizer souvenir
via pinterest.com /by etsy.com

Ndak diragukan lagi, hand sanitizer menjadi satu barang yang diperlukan banyak orang di masa pandemi gini.

Meskipun tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang, setidaknya souvenir yang diberikan dapat berguna alias fungsional dan tidak mubazir.

Untuk menjadikan hand sanitizer sebagai cenderamata pernikahan, kita bisa menempelkan nama pengantin (atau inisial) di botol kemasannya.


Baca juga: 30 Contoh Undangan Pernikahan, Inspiratif dan Memorable!


2. Masker

masker souvenir pernikahan
via pinterest.com /by etsy.com

Selain hand sanitizer, masa pandemi seperti ini membuat masker menjadi barang yang tidak mungkin mubazir untuk dijadikan sebagai souvenir.

Jika kamu sudah sepakat untuk melancarkan resepsi di masa pandemi, masker adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan souvenir pernikahan.

Dan, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yaa

3. Tote Bag

contoh souvenir pernikahan
via pinterest.com /by etsy.com

Akhir-akhir ini, tote bag menjadi aksesoris yang cukup hits di kalangan anak-anak muda.

Selain murah, aksesoris ini sangat fungsional untuk membawa barang-barang kecil dan sebagai pelengkap fashion yang nge-tren di zaman kini.

Untuk menjadikan tote bag sebagai souvenir, carilah yang terbuat dari 100% kain goni. Karena selain ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, kain goni terbukti cukup kuat dan tahan lama.

4. Succulents (Tanaman Sukulen)

souvenir sukulen
via pinterest.com /by easternleaf.com

Kamu pecinta tanaman? Jangan ragu lagi untuk menadikan tanaman sukulen sebagai souvenir pernikahan!

Tidak akan ada yang bisa menolak jika diberi tanaman manis yang dimasukkan dalam pot mini ini. Unik sekaligus beda, sukulen bisa menjadi salah satu ide souvenir pernikahan yang menarik!

Pilihlah mini succulents agar tidak terlalu memakan tempat. Para tamu bisa memajang tanaman ini di ruang tamu, kamar, meja kantor, di manapun.

5. Terarium Tanaman

terarium souvenir
via pinterest.com /by ruffledblog.com

Selain tanaman sukulen, terarium tanaman juga bisa menjadi satu ide yang menarik!

Pesanlah terarium dengan ukuran mini. Selain untuk menghemat budget, ukuran yang terlalu besar akan malah merepotkan para tamu.

Di rumah, terarium dapat menjadi barang dekorasi yang cantik. Para tamu bisa memajangnya di sisi rumah manapun.

6. Lilin

lilin cenderamata pernikahan
via pinterest.com /by notonthehighstreet.com

Tidak pernah salah memilih lilin sebagai barang untuk souvenir pernikahan. Secara, lilin adalah barang yang romantis lagi fungsional.

Orang-orang bisa menggunakan lilin untuk keadaan darurat seperti mati lampu, ataupun untuk merayakan hari ulang tahun si buah hati.

Sebagai cenderamata, buatlah lilin secara kustom dengan bentuk-bentuk atau riasan yang cantik. Selain itu, jangan lupa memilih lilin dengan aroma wangi buah-buahan atau bunga favorit.

7. Lip Balm

lip balm souvenir
via pinterest.com /by etsy.com

Lip balm atau pelembab bibir adalah satu barang yang tidak mungkin lepas dari tangan perempuan. Dibawa kemana-mana, diselipkan dalam saku, disimpan dalam tas, bahkan ditaruh di meja samping tempat tidur.

Meskipun item ini lebih cocok diberikan kepada perempuan, namun para tamu laki-laki nantinya juga bisa memberikannya kepada adik perempuannya, ibunya, atau siapapun.

Pesanlah lip balm dengan kemasan kustom tertulis nama pengantin atau inisialnya.

8. Kopi

kopi cenderamata
via pinterest.com /by weddingfresh.blogspot.com

Dari dulu hingga sekarang, kopi selalu menjadi satu minuman yang digemari banyak orang. Hampir setiap rumah pasti menyediakan minuman kopi di meja dapur.

Satu ide menarik, bagaimana jika kopi dijadikan sebagai souvenir pernikahan? Ndak akan ada orang yang mampu menolaknya! Apalagi jika dibungkus dalam kemasan yang menggugah selera.

Kamu pecinta kopi? Sila dicoba!

9. Teh

teh souvenir
via pinterest.com /by theknot.com

Selain kopi, teh juga bisa menjadi alternatif souvenir pernikahan yang tidak akan ditolak. Secara, semua orang senang menikmati teh di pagi hari dengan ditemani kue-kue dan jajanan pasar.

Menyediakan teh sebagai souvenir pernikahan adalah satu pilihan tepat! Tida banyak orang yang kepikiran sampai ke sana. Sehingga pernikahan kamu memberikan kesan yang spesial di mata para tamu.

10. Madu

souvenir madu
via pinterest.com /by noivaansiosa.com

Selain awet dan tahan lama, madu memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Hal ini tentu bisa menjadi simbol terimakasih yang sempurna untuk para tamu.

Kemaslah madu ke dalam botol-botol mungil nan cantik. Jangan lupa tempel stiker nama atau inisial kedua pengantin!

11. Minyak Zaitun

minyak zaitun unik
via pinterest.com /by weddingpartyapp.com

Minyak zaitun sudah dikenal sebagai minyak yang sehat sebagai ganti minyak goreng atau minyak kelapa sawit.

Minyak ini bisa menjadi teman setia bagi orang-orang yang menerapkan gaya hidup sehat dalam pola makannya.

Dengan menjadikannya sebagai souvenir, item ini bukanlah pilihan yang buruk. Justru bagus, kamu bisa meng-influence orang untuk memulai gaya hidup sehat!

12. Scarf (Syal)

souvenir pernikahan syal
via pinterest.com /by etsy.com

Jika kamu mengadakan pesta pernikahan di musim penghujan, dimana udara cenderung dingin, memilih syal sebagai souvenir akan sangat bermanfaat!

Bukan cuma penghalau dingin, syal juga bermanfaat untuk menghalau terik matahari, serta juga sebagai mode pakaian yang juga trendy khususnya kaum perempuan.

Apalagi, syal sangat cocok untuk dikombinasikan dengan busana muslimah. Ndak salah lagi, syal bisa jadi ide menarik untuk konsep pernikahan Islami!

13. Pouch

pouch
via pinterest.com /by ebay.ca

Mainstream sih, tapi memang barang ini sangat multifungsi untuk menyimpan berbagai jenis barang. Jadi, ndak mungkin mubazir apabila dijadikan souvenir pernikahan.

Sebagai souvenir, kamu bisa memesannya secara kustom. Boleh juga tambahkan tulisan nama pengantin atau inisialnya.

14. Mug

mug
via pinterest.com /by weddinggift.ie

Ini juga ndak mungkin mubazir! Semua orang pasti peminum kopi di rumah, atau setidaknya suka nge-teh di pagi hari.

Memilih mug sebagai souvenir pernikahan memang tidak pernah salah, meskipun sudah pasaran digunakan oleh orang-orang.

Namun setidaknya, kamu bisa membuat desain sendiri dengan model yang kamu suka.

15. Pembatas Buku

souvenir pernikahan pembatas buku
via pinterest.com /by etsy.com

Kamu gemar membaca buku? pasti sudah tidak asing lagi dengan item yang satu ini. Pembatas buku tentu sangat berguna untuk kalangan pecinta buku.

Dengan budget yang cukup murah, kamu bisa memesan ribuan pembatas buku secara kustom dengan desain yang kamu suka.

16. Set Pengocok Garam dan Merica

salt and pepper shaker
via pinterest.com /by dhgate.com

Ringkas dan fungsional! Dua kata yang sangat pas disemat kepada item ini.

Memilih alat pengocok garam dan merica sebagai souvenir pernikahan juga menjadi pilihan yang menarik. Secara, para tamu akan selalu mengenang hari pernikahan kamu setiap kali mereka menuangkan garam atau merica pada masakan.

Untuk menjadikannya souvenir pernikahan, tempelkan saja stiker inisial kedua pengantin yang mudah dilepas!

17. Tongkat Gayung Madu

souvenir pernikahan honey stick wedding souvenir
via pinterest.com /by etsy.com

Jika madu terasa terlalu ribet untuk dijadikan souvenir, tongkat gayung madu bisa menjadi alternatif yang bagus! Alat ini umumnya terbuat dari 100% kayu alami sehingga aman untuk makanan.

Pesan item ini sejumlah tamu undangan, bungkus dengan kemasan yang menarik, dan pastinya alat ini akan selalu berguna dan tahan lama sebagai pelengkap alat dapur para tamu.

18. Sendok Infuser Teh

infuser teh souvenir
via pinterest.com /by opensky.com

Siapa yang bisa menolak menikmati teh di pagi hari? Hampir semua orang doyan menikmatinya. Apalagi, nge-teh menggunakan sendok infuser adalah salah satu cara epic menikmati teh di pagi hari.

Mungkin, sendok infuser teh bukanlah barang yang familiar di tengah masyarakat umum. Secara, saya sendiri baru mengenalnya. Nah, inilah kesempatan kamu untuk mengenalkan, “ternyata ada loh barang seperti ini”.

Kamu bisa mengemasnya di dalam kotak bening dengan ikatan seutas pita, jadi deh, sendok infuser bisa menjadi souvenir pernikahan yang unik!

19. Kaset

souvenir pernikahan kaset tape
via pinterest.com /by etsy.com

Kamu gemar menikmati musik? Atau mendengarkan podcast yang kini memang sedang hype di kalangan anak-anak muda?

Kaset bisa menjadi satu ide menarik untuk dijadikan cenderamata pernikahan. Apalagi jika pernikahanmu mengusung konsep retro nan klasik, kaset merupakan pilihan yang cocok untuk menambah kesan tersebut.

20. Foto Polaroid

foto polaroid prewedding
via pinterest.com /by creatricedoriginalite.fr

Selain kaset, foto polaroid bisa jadi alternatif lain untuk menambah kesan retro pada konsep pernikahan kamu! Selain itu, ini juga menjadi cenderamata paling memorable yang pantas untuk dipertimbangkan.

Dengan berisi foto prewedding antara kamu dan calon pasangan, tambahkan juga tandatangan di atasnya!

21. Magnet Kulkas

souvenir pernikahan magnet kulkas
via pinterest.com /by etsy.com

Magnet kulkas kini juga menjadi salah satu souvenir yang laris digunakan. Dengan ukurannya yang ringkas, simpel, namun memorable sehingga cocok untuk dijadikan souvenir pernikahan.

Pesan saja magnet kulkas sejumlah tamu undangan, dengan desain yang cantik, mereka tentu akan senang hati menempelkannya di pintu kulkas.

22. Sedotan Reusable

sedotan reusable
via pinterest.com /by wendyls.co.nz

Jika kamu pecinta lingkungan ataupun pecinta alam, inilah kesempatan kamu untuk mengenalkan para tamu undangan bahwa “ada loh alat seperti ini.”

Pasalnya, belum banyak orang yang mengenalnya, apalagi menggunakannya sebagai pengganti sedotan plastik yang sekali pakai.

Selain ramah lingkungan, alat ini juga bagus untuk dimiliki sebagai pelengkap alat makan di rumah.

23. Saputangan

saputangan
via pinterest.com /by bumblebeelinens.com

Romantic, classic, sekaligus classy. Tiga kata yang menggambarkan bagaimana saputangan sangat cocok untuk diambil sebagai souvenir pernikahan.

Apalagi jika konsep pernikahan kamu bernuansa ekslusif, klasik, western, atau romantis. Saputangan seolah melengkapi nuansa-nuansa tersebut.

Ada banyak model yang bisa kamu pilih sesuai keinginginan kamu. Atau, kamu juga bisa membuat model sendiri untuk diproduksi secara ekslusif untuk cenderamata pernikahan kamu.

24. Buku Doa

souvenir pernikahan buku doa
via pinterest.com /by etsy.com

Khusus kamu yang mengusung konsep pernikahan Islami, buku doa menjadi item yang cocok untuk kamu pakai. Secara, inilah kesempatan kamu menyebarkan buku doa sehingga bisa menjadi amal jariyah yang sangat baik.

Selain harganya yang cukup terjangkau, ukurannya yang kecil tidak akan membuat para tamu undangan kerepotan. Bisa dijamin, buku tersebut akan tetap disimpan di rak buku meskipun tidak pernah dibuka.

Kalaupun bukan buku doa, buku zikir bisa menjadi alternatif!

25. Sendok Takaran

sendok takaran
via pinterest.com /by etsy.com

Perabotan dapur memang selalu cocok untuk digunakan sebagai souvenir pernikahan. Asalkan, jangan sampai memilih perabotan-perabotan berat apalagi berupa panci atau wajan.

Sendok takaran adalah perabotan yang pas untuk mengisi peran sebagai cenderamata pernikahan.

Dijamin, kaum ibu-ibu pasti suka dengan benda yang satu ini karena mereka tidak kerepotan lagi mengira-ngira seberapa menuangkan bumbu pada masakan.

26. Postcard (Kartu Pos)

kartu pos havana
via pinterest.com /by dribbble.com

Kartu pos biasanya dikirimkan orang-orang saat mereka berkunjung ke luar negeri. Kartu ini sebagai kenang-kenangan bahwa mereka pernah mengunjungi negara tersebut.

Jika kamu gemar travelling sekaligus suka yang klasik-klasik, apalagi konsep pernikahanmu mengusung tema retro, maka tidak salah lagi, kartu pos adalah pilihan yang tepat sebagai souvenir pernikahan kamu.

27. Diffuser Aromaterapi

souvenir diffuser aromaterapi
via pinterest.com /by etsy.com

Siapa yang belum tahu tentang alat ini? Diffuser adalah alat untuk mengubah minyak esensial menjadi uap wangi (aromaterapi) sehingga lebih mudah dihirup.

Mengutip dari aladokter.com, penggunaan diffuser di dalam sebuah ruangan bisa menciptakan suasana yang nyaman. Maka, alat ini biasa digunakan untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

Jika kamu saja baru tahu tentang alat ini, apalagi orang-orang di luar sana? Dengan menjadikannya souvenir, inilah kesempatan kamu mengenalkan alat ini untuk membantu mengurangi stres para tamu!

28. Parasol

souvenir pernikahan parasol
via pinterest.com /by loveandlavender.com

Jika kamu search “parasol” di Google, jangan kaget jika yang keluar adalah gambar obat salep pelindung kulit dari sengatan matahari. Bukan, bukan itu yang dimaksud.

Parasol yang dimaksud adalah payung kertas untuk melindungi diri dari sengatan matahari. Souvenir ini sangat cocok untuk digunakan di konsep pesta pernikahan di pantai.

Selain sebagai alat teduh, parasol bisa menjadi satu properti foto yang menggemaskan apabila warnanya serasi dengan konsep acara pernikahan.

29. Sendok dan Garpu Kayu

souvenir pernikahan
via pinterest.com /by boiiowo

Jika kamu mengusung tema go green pada acara pernikahan kamu, maka barang ini bisa menjadi satu ide yang menarik! Sendok dan garpu kayu juga bisa menambah kesan klasik karena warna kayunya yang eksotis.

Selain itu, di masa kini sudah banyak orang yang berlomba-lomba membuat souvenir sendok dan garpu kayu dengan berbagai macam bentuk dan desain yang artistik.

30. Gantungan Kunci

souvenir gantungan kunci
via pinterest.com /by aliexpress.com

Mungkin barang satu ini sudah terlalu pasaran untuk dijadikan souvenir pernikahan. Namun, ndak ada salahnya juga kamu gunakan gantungan kunci apabila budget sudah mepet namun kamu merasa harus tetap memberikan tanda terimakasih kepada para tamu undangan.

Untuk mengakalinya, kamu bisa memesan souvenir gantungan kunci ini dengan membuat desain yang menarik.

31. Handuk

souvenir handuk
via pinterest.com /by elo7.com.br

Handuk merupakan barang sehari-hari yang pasti dibutuhkan. Dengan memberikannya kepada para sebagai souvenir, dijamin handuknya tidak akan dibuang begitu saja.

Walaupun andaikata para tamu sudah memilikinya, namun setidaknya handuk souvenir kamu akan disimpan dan digunakan ketika diperlukan nanti.

Pilihlah model handuk kecil agar tidak merepotkan para tamu untuk membawanya. Tambah lagi, kamu bisa mencantumkan inisial kedua pengantin di salah satu ujungnya.

32. Gelas Enamel

souvenir pernikahan
via pinterest.com /by etsy.com

Sebetulnya, gelas enamel juga hampir sama dengan mug yang dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Sama-sama digunakan untuk ngopi atau ngeteh di pagi hari.

Namun, kesan vintage pada gelas ini memberikan nilai estetika tersendiri pada konsep pernikahan kamu. Apalagi jika kamu memang menyuguhkan konsep pesta pernikahan vintage atau nuansa jaman dulu.

Kesan vintage nan antik pada gelas ini memang memberikan keunikan tersendiri untuk dijadikan souvenir. Untuk desain, kamu bisa mencantumkan nama atau inisial nama kedua pengantin sekaligus tanggal pernikahannya!

33. Kaktus Mini

souvenir kaktus mini
via pinterest.com /by mywedding.com

Dikutip dari klikdokter.com, kaktus dapat membantu menyerap gas karbondioksida dari hasil pernafasan kita dan menukarnya dengan gas oksigen segar untuk kita bernafas.

Sehingga, memelihara tanaman kaktus di dalam rumah dapat memperbaiki kualitas udara untuk kita hirup.

Maka dari itu, kenapa tidak kita jadikan saja tanaman kaktus sebagai ide souvenir pernikahan selanjutnya? Dengan menjadikannya sebagai cenderamata, kamu bisa membantu meningkatkan kualitas udara di rumah para tamu!

34. Centong Nasi

souvenir centong nasi
via pinterest.com /by etsy.com

Alat yang satu ini juga menjadi alat rumah tangga yang selalu dibutuhkan. Ndak mungkin alat ini dibuang begitu saja.

Dengan memilihnya untuk souvenir pernikahan kamu, para tamu akan selalu ingat hari istimewa kamu setiap kali mereka menuangkan nasi untuk hidangan mereka!

Maka tidak salah lagi. Centong nasi adalah pilihan yang tepat, terutama jika budget kamu mepet, namun kamu keukeuh kepingin hari pernikahanmu berkesan dan selalu dikenang!

35. Besek Bambu

besek bambu souvenir
ecofriendlymarket.blogspot.cop

Besek bambu memang sangat memberikan kesan jadul nan bernuansa pedesaan. Namun, siapa bilang item ini tidak bisa dijadikan souvenir pernikahan yang menarik?

Bisa dong!

Dengan memadukannya bersama konsep pernikahan vintage dan klasik, cenderamata ini justru memberikan sentuhan antik, klasik, dan berkelas!

Supaya lebih menarik, kamu bisa memasukkan aneka kue atau jajanan di dalamnya. Menjadikannya sebagai kemasan makanan akan lebih ramah lingkungan bukan?

36. Sandal Hotel Kustom

souvenir pernikahan
via pinterest.com /by amzn.to

Kini, sudah marak jenis sandal hotel digunakan di rumah-rumah.

Sandal ini tentu berbeda dengan sandal biasanya. Sandal hotel ini secara khusus dirancang untuk dikenakan di dalam ruangan atau rumah.

Secara, bahannya yang tipis nan lembut memang digunakan untuk menghalau dinginnya ubin pada kaki.

Ketenaran sandal hotel tersebut bisa jadi kesempatan bagus untuk dijadikan sebagai ide souvenir pernikahan yang unik lagi menarik!

Agar lebih menarik, kamu bisa tambahkan sentuhan ornamen batik pada bagian atasnya, atau kamu bisa buat desain sesuai yang kamu suka!

37. Kipas Anyaman

souvenir kipas anyaman
via pinterest.com /by projectwedding.com

Kipas lipat mungkin sudah terlalu pasaran, maka ganti dengan kipas anyaman bambu yang satu ini!

Unik, antik, sekaligus estetik. Cenderamata model seperti ini memang sangat cocok dipadupadankan dengan konsep pernikahan vintage Jawa yang klasik.

Apalagi, hari pernikahanmu dilangsungkan di musim panas yang cenderung gerah, kipas ini pasti akan sangat membantu.

38. Notebook

souvenir notebook
via pinterest.com /by amazon.com

Notebook atau buku catatan juga tidak pernah salah untuk dipakai sebagai souvenir pernikahan.

Semua orang memerlukan buku catatan untuk mencatat hal-hal penting, pelajaran, atau sekadar agenda harian dan bulanan.

Kalaupun tidak terpakai, setidaknya buku tersebut akan selalu disimpan di rak buku, dan bakal berguna sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kamu bisa memesan ratusan notebook dengan harga yang cukup murah, dan buatlah desain sendiri dengan mencantumkan nama atau inisial kedua pengantin.

39 Dompet Kartu

souvenir dompet kartu
via pinterest.com /by etsy.com

Kartu apa saja: kartu kredit, kartu ATM, kartu member gym, atau yang lainnya, asal bukan kartu domino atau remi. Dompet ini memang fungsional sekali bagi semua orang.

Ndak bakal ada yang mampu menolak cenderamata pernikahan seperti ini. Apalagi, kamu buatkan dengan bahan kulit berkualitas tinggi.

Belum banyak yang mengambil dompet kartu untuk dijadikan cenderamata pernikahan. Jadi, ndak ada salahnya kamu coba!

40. Bantal

ide souvenir pernikahan
via pinterest.com /by zazzle.com

Bantal memang selalu cocok untuk dijadikan sebagai souvenir dalam event apapun, termasuk pesta pernikahan.

Untuk souvenir pernikahan, kamu bisa memesan bantal dengan desain kustom buatanmu sendiri.

Kamu bisa mencantumkan nama atau inisial nama kedua pengantin beserta tanggal pernikahan kamu.

Kalau tidak, bantal bisa menjadi media terimakasih yang bagus. Maka, tuliskan saja ucapan terimakasih sebagai desainnya!

41. Flashdisk Kayu

flashdisk kayu
via pinterest.com /by promorx.com

Di hari gini, kehidupan masyarakat modern memang tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Ada banyak jenis file penting yang harus disimpan dengan rapi: ada foto-foto, dokumen, project, hingga instalasi software maupun game.

Kamu bisa mempertimbangkan flashdisk untuk souvenir pernikahan kamu! Selain ringkas, alat ini sangat fungsional untuk menyimpan file-file penting.

Apalagi di zaman sekarang ini, ada banyak vendor yang menyediakan pemesanan flashdisk secara kustom. Untuk souvenir pernikahan, kamu bisa mengambil model flashdisk kayu supaya lebih estetik!

42. Kalender Meja

kalender souvenir
via pinterest.com /by casareumbarato.com.br

Kamu nikah di akhir tahun? Atau di awal tahun? Maka cocok banget kamu memilih kalender meja untuk dijadikan sebagai souvenir pernikahanmu.

Sebuah kalender memang hanya berfungsi selama setahun ke depan. Namun jika kamu mampu membuat konsep kalender yang menarik, maka para tamu akan sayang untuk membuangnya ketika sudah habis masanya.

Sebagai souvenir pernikahan, kamu bisa memberikan sentuhan inisial nama kedua pengantin pada desainnya. Jangan lupa juga untuk mencantumkan foto-foto sekaligus tanggal pernikahannya!

43. Sajadah

souvenir pernikahan sajadah
via pinterest.com /by Duaa Sembilann

Bukan cuma mahar saja, alat sholat juga bisa menjadi salah satu ide souvenir pernikahan yang menarik! Apalagi, konsep pernikahanmu memang mengusung tema Islami dan religi.

Ndak akan sia-sia. Sajadah bisa dibilang merupakan sebuah barang wajib untuk menunaikan ibadah sholat di rumah. Apalagi sajadah yang kamu jadikan souvenir memiliki desain yang unik dan menarik, para tamu bakalan senang hati menyimpannya.

44. Tasbih

contoh souvenir pernikahan
via pinterest.com /by etsy.com

Kalau sajadah masih terlalu mahal dan ribet, maka tasbih adalah alternatif yang bagus! Selain ringkas, harga tasbih juga tidak mahal-mahal amat.

Ada banyak sekali model tasbih yang bisa kamu pilih. Carilah model yang unik dan berbeda dari yang lain!

45. Aromaterapi

souvenir pernikahan aromaterapi
via pinterest.com /by amzn.to

Ada banyak sekali jenis-jenis essential oil yang bisa kamu gunakan sebenarnya. Namun, sebaiknya pilihlah jenis minyak yang memiliki aroma yang lembut agar para tamu bisa relaksasi di rumah.

Untuk souvenir pernikahan, bungkuslah aromaterapi dengan kemasan yang menarik! Dan jangan lupa, sematkan kertas bertuliskan ucapan terimakasih beserta nama kedua pengantin!

46. Cermin Rias Kecil

cermin rias soivenir
via pinterest.com /by Fabmag70

Ringkas, simpel, dan portable. Kaum perempuan pasti akan selalu memakainya untuk menjaga penampilan. Dimasukkan ke dalam tas untuk dibawa ke manapun pergi.

Meski dengan harga yang terjangkau, dijamin cermin rias akan menjadi barang yang fungsional dan sayang untuk tidak menyimpannya.

47. Celengan

celengan souvenir pernikahan
via pinterest.com /by etsy.com

Recehan seratusan, lima ratusan, hingga seribuan kerapkali orang malas merawatnya sehingga berserakan di mana-mana: di bawah lemari, di lantai, di meja dapur, hingga di balik ember kamar mandi.

Daripada mubazir, memasukan uang recehan hasil kembalian dari membeli sesuatu ke celengan adalah langkah yang brilian!

Inilah kesempatan kamu menyediakannya dalam acara pernikahan kamu, yaitu dijadikan souvenir pernikahan.

Agar lebih unik, kamu bisa membuatnya secara kustom agar beda dari celengan di pasaran. Buatlah bentuk yang menarik, beri sentuhan ornamen batik dan semacamnya, dan jangan lupa tuliskan nama atau inisial kedua pengantin!

48. Golden Pen

souvenir golden pen
via pinterest.com /by suburbanmen.com

Bolpoin juga ndak kalah unik untuk dijadikan souvenir pernikahan. Apalagi, bolpoin dengan desain warna emas yang elegan membuat nuansa pernikahan kamu tampak mewah.

Kamu bisa memesannya dengan kemasan souvenir yang menarik. Atau, bisa juga digabungkan dengan souvenir notebook dalam satu wadah.

Pasti menarik!

49. Emas Batangan

emas 0,1 gram
bhinneka.com

Kalau kamu malas membuat golden pen karena kelebihan budget, kamu bisa gunakan emas batangan sebagai alternatif. Pasti, pernikahan kamu akan jadi mewah sungguhan!

DI zaman sekarang, telah terbukti bahwa menabung emas adalah cara efektif untuk menjaga nilai mata uang yang kian tahun semakin turun.

Dengan menjadikan emas barang 0,1 gram sebagai souvenir pernikahan, kamu bisa mengenalkan dan meng-influence orang untuk memulai menabung emas!

50. Tumblr

contoh souvenir pernikahan
bridestory.com

Minum air putih memang baik untuk kesehatan. Bahkan, dianjurkan meminum air sebanyak 2 liter setiap hari.

Ternyata pegal juga kalau kita harus mondar mandir ke dapur untuk mengambil segelas air putih untuk diminum. Kenapa tidak tuangkan ke dalam tumblr saja untuk langkah yang lebih praktis?

Itulah alasan kenapa kamu harus mengambil tumblr sebagai pilihan untuk souvenir pernikahan kamu. Dengan menyediakannya, kamu bisa membantu orang untuk menjaga kesehatan dengan minum air putih setiap hari.

Dan yang terpenting, souvenir pernikahan kamu menjadi bermanfaat dan pastinya akan selalu terkenang setiap kali para tamu minum air!

***

Nah, seperti itulah ide-ide dan contoh souvenir pernikahan yang harus kamu pertimbangkan. Semuanya fungsional, unik, anti-mainstream, dan memorable pastinya!

Ada yang murah, ada juga yang menengah dan mahal. Sesuaikan saja dengan budget yang kamu siapkan.

Dengan memilih souvenir yang unik dan fungsional, maka dijamin cenderamata yang kamu berikan akan selalu disimpan dengan baik. Sehingga pernikahan kamu akan selalu dikenang setiap kali para tamu menggunakannya.

Sekian dulu, semoga lancar hingga hari-H!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *