contoh undangan pernikahan

30 Contoh Undangan Pernikahan, Inspiratif dan Memorable!

Hmmm… Ada rencana menikah di tahun ini? Jangan buru-buru pesan ratusan lembar undangan tanpa memikirkan konsep apapun! Lebih baik pilah-pilih dulu inspirasi contoh undangan pernikahan yang super keren berikut ini!

Pernikahan memang merupakan salah satu upacara keagamaan yang sakral, dimana pagelarannya tidak main-main dan butuh persiapan yang matang.

Sementara salah satu hal yang cukup urgen untuk dipersiapkan adalah undangan pernikahan, di samping memikirkan konsep akad, resepsi, hingga sewa gedung dan catering.

Meskipun zaman sekarang kita lebih mudah mengirim undangan via broadcast WhatsApp, namun undangan fisik yang terkonsep lebih terkesan menghargai tamu yang akan kita undang.

Ada ribuan macam konsep di luar sana yang akan membuka inspirasi bagi kita: ada minimalis, religius, artistik, elegan, mewah, bertema alam, hingga konsep yang unik bin nyeleneh.

Konsep undangan yang kita pilih juga dapat mewakili jati diri kita. Pokoknya, membuat desain undangan pernikahan merupakan seni yang bebas untuk mengekspresikan selera kita!

1. Undangan Minimalis yang Simpel

Memilih undangan dengan konsep minimalis memang tidak pernah salah. Apalagi buat kamu yang memang tengah menganut paham minimalisme sebagai gaya hidup.

Tidak perlu banyak elemen atau ornamen yang muluk-muluk. Sisipkan saja font handwriting sebagai tajuk utama, pilih warna yang cerah, serta isi keterangan tempat dan tanggal dengan font yang mudah dibaca.

undangan pernikahan simpel
via pinterest.com /by zazzle.com
undangan pernikahan minimalis
via pinterest.com /by etsy.com
undangan pernikahan minimalist
via pinterest.com /by blushinvitations.co.uk

Konsep minimalis merupakan salah satu gaya desain yang paling signifikan di abad ini.

Mungkin desain ini bukanlah yang paling populer, namun konsep minimalis telah memberikan pengaruh ke segala bidang arsitektur dan desain.

Bisa dibilang, pengaruh gaya minimalis telah menembus lebih banyak bidang daripada hampir seluruh gaya desain atau tren seni lainnya.

“Less is more” kalau kata Pak Ludwig Mies van der Rohe. Atau “Doing more with less”, katanya Pak Buckminster Fuller.

Artinya, konsep inti minimalisme adalah mem-bredel bagian-bagian yang kurang diperlukan, dan menyisakan elemen-elemen yang penting saja.

2. Bernuansa Islami biar Lebih Afdhol

Undangan pernikahan dengan gaya Islami merupakan salah satu konsep yang paling laris digunakan.

Pasalnya, agama dan kepercayaan merupakan satu hal yang dijunjung tinggi oleh masyarakat di Indonesia.

Bahkan, agama merupakan sebuah kebanggaan tersendiri yang harus ditunjukkan lewat media-media tertentu.

Sehingga, unsur-unsur keagamaan telah banyak berpengaruh dalam hal seni arsitektur dan desain grafis, salah satunya ya undangan pernikahan.

Terlebih lagi, ritual pernikahan sendiri juga merupakan salah satu ajaran agama yang wajib dilaksanakan sebelum membangun sebuah keluarga.

undangan pernikahan islami
via medium.com
undangan pernikahan islami
via pinterest.com /by zazzle.com
undangan pernikahan muslim
via pinterest.com /by bmkstudio.id

Untuk membuat desain undangan bernuansa Islami, kita perlu menyisipkan sentuhan ornamen-ornamen yang memang khas dengan budaya keislaman, seperti misalnya: hiasan kakbah, sketsa kubah masjid, ataupun ornamen-ornamen Islami lainnya.

Selain itu, kita juga bisa menambah sentuhan kaligrafi basmalah di halaman depan atau di bagian paling atas.

Jangan lupa awali dengan kalimat “Assalamu alaykum…” secara lengkap dan potongan hadits pendek tentang cinta atau pernikahan untuk melengkapi nuansa religius.

3. Sentuhan Handwriting agar Artistik

Nah, ini nih! Salah satu gaya undangan yang paling saya suka. Unik, simpel, minimalis, sekaligus artistik, semuanya berpadu menghasilkan desain yang wah!

Konsep undangan ini sangat cocok buat kamu yang berjiwa minimalisme sekaligus memiliki selera seni yang tinggi.

undangan pernikahan tulis tangan
via pinterest.com /by zazzle.com
undangan pernikahan handwriting
via pinterest.com /by youworkforthem.com
undangan pernikahan handwriting
via pinterest.com /by etsy.com

Ada begitu banyak jenis font handwriting yang beredar. Semuanya memiliki gaya yang kasar dan seksi, dan kebanyakan dikembangkan benar-benar berasal dari tulisan tangan!

Untuk membuat desain seperti ini, sisipkan font handwriting untuk penulisan tajuk utama, baik untuk judul ataupun nama pengantin.

Ada banyak jenis font handwriting yang bisa kita gunakan, seperti: Font Burelom, Kalista Typeface, Lote Santos, Font Safirestone, Font Photograph-Script Wedding, dan masih banyak lagi.

Atau untuk menambah nilai seni yang lebih tinggi lagi, kita bisa membeli jasa lettering yang kini banyak beredar di Instagram dan platform-platform lain.

4. Desain yang Elegan untuk Eksekutif

Sebuah desain dapat diakui sebagai karya terbaik apabila setiap detailnya dirancang secara cermat, mulai dari konsep, bentuk, ukuran, warna, hingga pemilihan tekstur dan ornamen.

Kombinasi yang baik dan cermat tersebut akan mampu menghasilkan karya desain yang elegan, elok, rapi, dan mahal.

Hal ini karena dapat memberikan keindahan visual yang dihasilkan melalui proses yang panjang dan penuh ketekunan.

undangan pernikahan elegan
via pinterest.com /by etsy.com
contoh undangan pernikahan
via pinterest.com /by zazzle.com
undangan pernikahan elegan
via pinterest.com /by greenvelope.com

Desain undangan yang elegan juga dapat memberikan kesan siapa diri kita, dan pesta pernikahan yang seperti apa yang bakal kita persiapkan.

Konsep undangan seperti ini sangat cocok dipakai bagi kamu yang memiliki selera yang tinggi dan berjiwa eksekutif, untuk meningkatkan prestise di mata circle eksekutif kamu.

5. Undangan Konglomerat yang Mewah

Mewah, mungkin setingkat lebih tinggi dari kata “elegan”. Konsep undangan seperti ini sangat cocok untuk konglomerat, pejabat tinggi, koruptor, atau siapapun yang sudah tidak lagi memusingkan masalah budget untuk sebuah undangan.

Selain memiliki nilai seni yang tinggi, desain yang elegan, tampilannya yang ekslusif, contoh undangan pernikahan seperti ini juga menggunakan material-material yang relatif mahal untuk sebuah undangan, seperti: clear acrylic, cardboard, bahkan gold foil asli!

undangan pernikahan mewah
via pinterest.com /by track.fiverr.com
contoh undangan pernikahan
via pinterest.com /by etsy.com
contoh undangan pernikahan
via pinterest.com /by etsy.com

Mewahnya konsep undangan juga dapat menunjukkan bagaimana mewahnya pesta pernikahan yang akan digelar. Hal ini juga memberikan prestise tersendiri bagi calon pengantin.

6. Undangan Vintage Klasik yang Berkelas

Di zaman modern ini, rupanya gaya vintage telah menjadi salah satu tren tersendiri bagi kalangan tertentu.

Selama ini, desain vintage dikenal sebagai gaya yang bernuansa jadul yang seringkali diterapkan untuk berbagai jenis desain, seperti: interior rumah, custom motor, furniture, dan undangan pernikahan salah satunya.

Dengan warna yang lembut, desain yang sederhana, serta kesan jadulnya justru memberikan keindahan visual tersendiri bagi para penikmatnya.

undangan pernikahan klasik
via pinterest.com /by pickybride.com
desain undangan vintage
via pinterest.com /by moodfeather.com
desain undangan vintage
via pinterest.com /by livemaster.ru

Contoh undangan pernikahan seperti ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang memang memiliki selera vintage, klasik, ataupun retro yang berkelas.

Satu ciri yang cukup menonjol dari gaya vintage adalah penggunaan warna yang didominasi oleh warna-warna yang lembut atau warna pastel seperti: coklat kardus, putih, hijau telur asin, biru muda, oranye, kuning, merah, pink, dan akuamarin.

Selain itu, jenis font vintage yang digunakan juga bisa menambah kesan vintage. Jenis font yang bisa kamu gunakan untuk undangan gaya ini di antaranya: Pinyon Script, CreattionWatters, atau jenis font script lainnya.

7. Undangan Gulung Zaman Kerajaan

Jika kamu sering menonton film-film kolosal klasik zaman kerajaan, pasti sudah tidak asing lagi dengan scene yang memperlihatkan surat gulung yang dikirimkan melalui burung merpati oleh seorang raja kepada raja di negeri lainnya.

Konsep surat seperti itu kini telah banyak diaplikasikan dalam contoh bentuk undangan pernikahan.

Disebut undangan gulung karena kemasannya yang hanya berupa kertas undangan yang digulung, sebagaimana bentuk surat di zaman dahulu.

Tidak cuma bernuansa klasik, undangan ini begitu unik dan memiliki daya tarik tersendiri karena berbeda dari yang lainnya.

undangan pernikahan gulung
via pinterest.com /by etsy.com
desain undangan gulung
via pinterest.com /by etsy.com
undangan nikah roll
via pinterest.com /by etsy.com

Desain undangan pernikahan gulung juga cenderung simpel, karena hanya menggunakan selembar kertas, sehingga isinya hanya mencantumkan hal-hal penting saja, seperti: nama kedua mempelai beserta kedua orang tua, serta keterangan tempat dan tanggal acara.

Sebenarnya ada banyak macam model undangan gulung yang bisa digunakan. Ada yang menggunakan batang kayu di ujung atas dan bawah, ada juga yang hanya gulungan kertas dan diikat dengan seutas pita.

Karena memang desain ini diadaptasi dari bentuk surat zaman dahulu, detail elemen di dalamnya juga cocoknya menggunakan corak-corak klasik zaman dahulu, seperti jenis tipografinya atau ornamennya.

8. Undangan Kalender yang Multifungsi

Ketika undangan pernikahan berkonsep minimalis telah mainstream, kini ramai konsep undangan non-konvesional demi menghadirkan konsep undangan yang beda dari lainnya.

Untuk undangan yang lebih multifungsional, kamu bisa menyisipkan elemen kalender dalam undangan kamu, agar calon tamu bisa langsung menyesuaikan jadwal seketika membukanya.

desain pernikahan kalender
via pinterest.com /by zazzle.com
desai undangan kalender
via pinterest.com /by etsy.com
undangan kalender
via pinterest.com /by etsy.com

Inspirasi desain undangan seperti ini bisa kamu gunakan dengan hanya menyisipkan kalender satu bulan dimana kamu mengadakan resepsi, lalu tandai dengan simbol hati tepat di tanggal pernikahanmu.

Atau agar lebih berguna lagi bagi tamu undangan, kamu juga bisa membuat kalender penuh selama 12 bulan. Selain sebagai undangan, kalender tersebut juga dapat merangkap sebagai souvenir pernikahan!

Inspiratif!

9. Undangan Kipas untuk Cuaca Panas

Selain kalender, undangan unik nan multifungsional lainnya adalah model undangan kipas. Konsep undangan seperti sangat cocok buat kamu yang memang tinggal di daerah panas.

Jadi, ketika hari pernikahanmu telah lewat, undangan ini akan tetap berguna bagi tamu undangan sebagai aksesoris di kala udara sedang gerah dan panas.

Tidak seperti undangan pernikahan konvensional pada umumnya, yang ketika sudah selesai acara pernikahanmu, undangan tersebut menjadi tidak berguna dan berakhir di tempat sampah.

undangan kipas
via pinterest.com /by mywedding.com
undangan kipas
via pinterest.com /by etsy.com
undangan kipas
via pinterest.com /by weddingchicks.com

Desain undangan pernikahan dengan bentuk kipas ini juga memiliki banyak model yang beredar. Dimana setiap model tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Selain itu, undangan kipas bisa menjadi semakin elegan dengan tambahan kemasan berupa amplop kipas undangan.

Namun jika kamu menginginkan model yang lebih simpel, kamu bisa menggunakan kemasan berupa sarung tile ataupun kemasan souvenir kipas biasa.

10. Undangan Pernikahan Hitam Putih

Jangan salah, warna hitam ndak melulu mencerminkan nuansa gelap, suram, seram, ataupun horror.

Terkadang, penggunaan warna hitam yang pas justru menghasilkan kesan elegan, dewasa, chic, dan modern.

Sementara warna hitam sendiri memang paling cocok ketika dipadukan dengan warna kebalikannya, warna putih yang menawarkan kesan suci dan bersih.

contoh undangan pernikahan monokrom
via pinterest.com /by papergrace.co.uk
contoh undangan pernikahan hitam putih
via pinterest.com /by rockmywedding.co.uk
contoh undangan pernikahan hitam putih
via pinterest.com /by notonthehighstreet.com

Ndak perlu menambahkan aksen atau motif yang muluk-muluk, hanya dengan memainkan jenis tipografi yang menarik, kamu sudah bisa mendapatkan desain undangan pernikahan yang simpel, elegan, dan cantik.

***

Bagaimana, sudah menemukan inspirasi dari berbagai contoh undangan pernikahan di atas?

Selain konsep undangan, jangan lupa mempertimbangkan budget undangan yang akan kamu keluarkan.

Ndak perlu mahal-mahal, memilih contoh undangan pernikahan yang selaras dengan karaktermu adalah pilihan yang paling tepat.

Yah sudahlah, semoga bermanfaat. Siapapun kamu, semoga lancar hingga hari-H!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *