ide bisnis florist

15 Ide Bisnis Kreatif yang Kekinian dan Menjanjikan Profit Besar!

Menyajikan beragam ide bisnis kreatif yang menjanjikan, awet, ngga butuh modal besar untuk memulainya!

Kita pernah sadar nggak sih, kalau sekarang, berbisnis bukan hanya dijadikan sebagai pilihan bagi banyak orang, melainkan sudah menjadi keharusan. Hal ini sejalur dengan tingginya permintaan pasar dan meningkatnya berbagai kebutuhan.

Sayangnya, yang memahami bahwa ‘berbisnis bukan hanya pilihan’ bukan hanya kita, tapi banyak orang lain di luaran sana juga berpikiran sama. Kalau begitu, ya wajar dong kalau akhirnya persaingan bisnis nggak bisa dihindari.

Meskipun demikian, bukan sesuatu yang mustahil loh kalau kita mau mencoba berbisnis. Asalkan, kita benar-benar memikirkan ide bisnis apa yang kiranya akan bisa kita jalankan.

Ide Bisnis Kreatif Mudah Dijalankan

Jadi gini bapak-ibu sekalian, ketika ingin berbisnis, kita bukan cuma dituntut untuk punya modal uang dan semangat loh, tapi juga kreatif dalam berbagai hal. Mulai dari mengembangkan ide, melihat peluang, dan lain sebagainya.

Nah, beberapa kali mungkin di antara kita nih yang melihat jenis-jenis bisnis yang musiman, dalam artian, bisnis tersebut ramainya hanya seketika, dalam waktu yang singkat gara-gara sedang viral, dan yang paling menyedihkan adalah peminat atau pangsa pasarnya tidak berumur panjang.

Kita nggak mau dong kayak gini …

Makanya, jika ingin bisnis yang kita jalankan bisa awet dan berkembang, buat dulu perencanaan yang matang, dan jangan lupa untuk memikirkan ide bisnis yang sekirang memiliki prospek yang panjang, salah satunya kita bisa menjajal ide-ide bisnis kreatif yang bakal kita ulas berikut ini.

Jika masih bingung apa saja sih ide bisnis kreatif yang bisa dijalankan, yuk simak penjelasannya berikut!

1. Florist

ide bisnis florist
pixabay.com

Ide bisnis kreatif yang pertama adalah bisnis florist. Kalau buat yang tinggal di perkotaan, atau sekitaran kampus pasti tahu dong jenis bisnis ini. Nah, jika kita ngerasa punya passion atau punya ketertarikan dalam bidang merangkai bunga dan merawatnya, nggak ada salahnya loh buah menjalankan bisnis ini.

Sampai sekarang, bisnis bunga masih termasuk bisnis yang menjanjikan. Ketika memulai bisnis ini, kita bukan hanya akan menjual bunga ya, tapi juga merangkainya dan mendesain. Sehingga, dibutuhkan keterampilan yang benar-benar matang.

Memang sih, sudah banyak banget pengusaha bunga dimana-mana, tapi hal ini sebanding kok dengan permintaan pasarnya. Sehingga, nggak perlu takut nggak dapet market deh.

Apalagi nih, banyak banget momen-momen special, mulai dari ulang tahun, wisuda, nikahan, dan lain sebagainya. Yang mana, sebagian besar orang-orang pasti bakalan nyari penyedia jasa bunga dan bucket ini.

2. Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

bisnis makanan siap masak
pasarrabutani.com

Mobilitas masyarakat kita kian tinggi. Sehingga, ide bisnis kreatif yang bisa memudahkan segala aktivitas masyarakat tentu sangat dicari nih.

Salah satunya adalah sayuran dan bahan makanan siap masak. Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan di luar rumah sering membuat ibu-ibu atau anak kost kewalahan kalau ingin masak untuk memenuhi kebutuhan perut.

Padahal kan konsepnya, “pengeluaran akan lebih hemat jika memasak sendiri”. Kalau anak kost aja sudah mikir gini, apalagi yang sudah nikah dan berkeluarga ya …

Maka, dengan beragamnya aktivitas yang membuat banyak orang nggak punya waktu buat belanja, mereka akan mencari sayuran dan bahan makanan praktis yang siap masak. Selain hemat waktu, ya bisa hemat duit juga sih.

Dari problem inilah kemudian kita bisa memulai salah satu ide bisnis kreatif berupa bisnis sayuran dan bahan makanan siap masak.

Kalau kita bicara skalanya di Indonesia, model bisnis ini memang belum begitu booming sih, atau bahkan masih terbilang jarang adanya. Tapi, nggak ada salahnya dieksekusi loh. Bahkan, di beberapa daerah sudah ada yang memulai.

Konsepnya juga sederhana kok. Misal nih, kita menawarkan aneka menu yang dapat dimasak. Semua bahan-bahan untuk memasaknya bisa kita kemas di dalam sebuah plastic warp dalam kondisi yang sudah dibersihkan, dipotong, serta jangan lupa juga untuk ditakar. Jadi, konsumen tinggal masak aja deh!

3. Scrapframe

ide bisnis kreatif
pinterest.com

Ide bisnis kreatif berikutnya adalah scrapframe.

Kalau ngobrolin frame emang nggak ada habisnya ya. Karena dengan frame, ada banyak orang yang ingin mengekspresikan jiwa seninya untuk menghasilkan cuan. Nah, jika kita ngerasa punya keahlian di bidang ini, coba deh dijadikan bisnis!

Sekarang sudah banyak banget kok pedagang frame, sehingga kita bisa menjajalnya juga dengan membuka bisnis berupa scrapframe.

Scrapframe ini sama seperti pigura pada umumnya sih, bedanya cuma ada di isinya yang bukan hanya sekedar foto. Lebih dari itu, scrapframe adalah seni menghias foto dalam sebuah album.

Sampai saat ini, scrapframe masih menjadi salah satu kerajinan tangan yang cukup populer, karena biaya pembuatannya yang terjangkau dan mudah untuk dipelajari.

Bahkan, kalau kita punya kemampuan dan mau belajar, bisa loh menjadikan isian dari scrapframe ini seni tiga dimensi. Dijamin deh, laris manis!

4. Souvenir Pernikahan Custom

souvenir
pixabay.com

Kayaknya nih, hampir semua pesta pernikahan pasti memberikan souvernir ya buat semua tamu undangannya. Nah, pernah nggak sih kita ngerasa, kalau rata-rata, souvenir yang diberikan tuh pas-pasan, alias kurang bagus dan berguna gitu.

Hal ini bisa kita jadikan sebagai pemicu buat kita menjalankan ide bisnis kreatif yang satu ini. Buatlah souvenir yang memang berkesan. Ada banyak sekali model-model souvenir yang sangat unik, memorable, sekaligus fungsional.

Kalau kamu memang tertarik dengan bisnis ini, kamu bisa baca referensi kita: 50 Contoh Souvenir Pernikahan, Murah, Unik, Bermanfaat!

5. Katering Sehat

ide bisnis kreatif
nasikotakindonesia.com

Dari dulu, bisnis catering memang sudah ada ya, karena memang, bisnis satu ini termasuk salah satu bisnis yang awet dan menjanjikan. Dari dulu sampai sekarang, bisnis catering masih sangat umum ditemui.

Buat yang punya hobi masak, nggak ada salahnya buat mulai menjalankan bisnis ini.

Kalau kita ingin menjalankan bisnis catering seperti pada umumnya, sepertinya persaingannya bakalan sulit banget ya. Maka untuk menyiasatinya, kita bisa memulai bisnis ‘catering sehat’ aja. Jadi, menu-menu yang kita sajikan adalah makanan-makanan sehat gitu.

Meski nggak sepopuler catering biasa, catering sehat cukup menjanjikan loh, karena ini bisa menjadi satu terobosan yang unik daripada yang lain.

Untuk memulainya, mungkin kita harus belajar dulu seputar gizi atau makan-makanan sehat. Sehingga ketika akan terjun, kita udah bisa menyajikan menu makanan yang pas dan seimbang sesuai dengan kebutuhan gizi.

Keutungan ide bisnis kreatif satu ini gede loh. Yakin nggak mau nyoba?

6. Desainer Interior

desain interior
pixabay.com

Banyaknya perusahaan, ternyata berdampak baik loh bagi kita yang memiliki keahlian desain interior. Karena perusahaan-perusahaan pasti butuh banget jasa ini untuk mengkonsep interior yang akan digunakan.

Jika ingin memulai ide bisnis kreatif ini, maka kita harus benar-benar memperhatikan dua hal penting, yakni tenaga dan juga logistik.

Kalau tenaga, ya paling nggak kita butuh dua orang lah. Satunya akan berperan sebagai desainer, sementara satu lagi kontraktor. Sementara logistiknya adalah perlengkapan yang akan kita gunakan untuk mendapatkan klien. Seperti laptop yang akan dimanfaatkan untuk desain, software desainnya, dan lain-lain.

Kalau belum punya dana buat beli software yang professional, gimana? Tenang, sudah banyak kok software professional yang gratis.

7. Desain Uang Mahar

desain uang mahar
youtube.com

Saya nggak tau persis sih ya ide bisnis kreatif ini sudah dimulai sejak kapan. Yang jelas, ide bisnis kreatif ini sangat menguntungkan untuk dijalankan. Karena sekarang, permintaan pasarnya tinggi banget. Banyak pasangan yang akan menikah memilih untuk mendesain maharnya ke dalam bentuk yang sangat unik.

Bisnis satu ini nggak beda jauh sama scrapframe ya. Dimana, kreativitas kita sangat diuji. Bagaimana caranya agar bisa memberikan sebuah desain yang menarik, dengan memasukkan uang, kain, hingga pernak-perniknya.

Tapi ada hal yang harus kita ingat ya, bahwa uang yang dipakai nggak harus uang asli juga. Pakai aja uang mainan, agar kita bisa berkreasi semaksimal mungkin dengan memotong atau malah melipat uangnya.

8. Bisnis Roti dan Kue

bisnis kue
pixabay.com

“Kenapa sih kue dan roti masuk ke dalam salah satu ide bisnis kreatif?”

Sedikit banyaknya pasti ada yang tanya gini ya. Jadi gini, memang, jumlah pebisnis roti dan kue itu banyak sekali. Nah, meskipun sudah banyak, tentu tidak menutup kemungkinan untuk dijalankan.

Dalam catatan, kita memang harus benar-benar bisa mengkreasikan roti dan kuenya semaksimal mungkin. Buat sesuatu yang unik berbeda. Kalau kita menawarkan roti dan kue yang sama persis dengan pedagang lain, ya wajar dong kalau susah berkembangnya.

9. Blogger

ide bisnis kreatif
pixabay.com

Ide bisnis kreatif yang satu ini cocoknya buat kita yang punya hobi nulis. Nah, kalau kita ngerasa punya passion di bidang menulis kreatif, coba deh buat ngejalanin bisnis ini dengan menjadi seorang blogger.

Bisnis satu ini termasuk sangat menjanjikan, apalagi kalau kita punya kemampuan riset keyword, SEO, dan lain sebagainya.

Selama ini, mungkin ada yang ngira kalau jadi blogger ya nulis doang, ngabisin waktu. Hey bapak-ibu sekalian, sudah banyak loh blogger yang sukses dan tajir melintir. Bahkan, nggak sedikit yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama.

Keren nggak tuh?!

Untuk mendapatkan uang dari bisnis ini, caranya beragam ya. Salah satunya adalah mendaftarkan situs ke Google Adsense. Selain itu, masih banyak lagi sumber penghasilan yang bisa didapatkan melalui situs seorang blogger.

10. Camilan Unik

bisnis jajanan
pinterest.com via brilio.net

Ide bisnis kreatif satu ini sama halnya dengan bisnis roti dan kue ya. Sama-sama sudah banyak ditawarkan oleh orang-orang, namun masih memiliki peluang yang besar untuk sukses. Asalkan, kita bisa berkreasi sekreatif mungkin dan menawarkan menu yang nggak biasa.

Jadi, jangan heran deh kalau tiap tahun, pasti ada aja camilan unik yang masuk ke pasaran. Dan hanya camilan unik yang benar-benar dikonsep dengan matang yang bisa bertahan hingga kini.

Maka, yuk berpikir semaksimal mungkin, agar camilan yang kita tawarkan bukan sekedar camilan musiman yang begitu booming sekali, abis itu hilang ditelan zombi. Jangan sampai deh!

Nah, sebagai pertimbangan nih, kita bisa menciptakan camilan dengan cita rasa yang asin atau gurih. Karena memang, cita rasa camilan satu ini bikin nagih, sehingga banyak disukai oleh masyarakat, terutama kaum muda.

11. Desain Case Handphone

ide bisnis kreatif
pixabay.com

Hingga kini, ada lumayan banyak orang yang ‘suka’ bosan dengan tampilan case ponselnya yang itu-itu saja, sehingga kesannya tuh monoton banget. Nggak heran kalau akhirnya mulai banyak ahli desain yang menawarkan desain case handphone.

Ya, selain bisa dijadikan sebagai pelindung ponsel, case yang keren juga bakalan menambah kesan ponsel. Maka, fenomena ini bisa kita jadikan sebagai sebuah ajang bisnis, apalagi kamu yang memang punya skill dalam desain. Sayang banget kan kalau keahlian desain kita nggak dimanfaatin.

Untuk menjalankan ide bisnis kreatif ini, kita mesti benar-benar punya keahlian desain yang mumpuni dulu. Kalau sudah, coba deh buat nyari supplier yang menawarkan case dengan berbagai bahan, misalnya adalah bahan kaku atau lentur.

Kalau sudah, eksekusi deh. Bisnis ini bisa kita jalankan dengan menerapkan system pre-order ya. Kalau konsumennya sudah ngasih foto atau desain yang akan diterapkan ke casenya, kita bisa buat desain dan mencetaknya ke case yang telah dipilih. Simpel kan …

Agar hasilnya maksimal, kita harus punya alat cetak sublimasi, yang memang bisa dipakai untuk nyetak desain di akrilik ataupun keramik. Harganya memang nggak murah, cuy. Tapi tenang aja sih, karena bisnis ini bisa juga dijalankan dengan menjadi dropshipper dulu. Kalau sudah punya dana, baru deh beli mesin cetaknya sendiri.

12. Produk Daur Ulang

kerajinan barang bekas
pinterest.com

Ide bisnis kreatif berikutnya adalah produk daur ulang. Bisnis satu ini cocok buat yang kreatif  dan memiliki keinginan yang besar untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik.

Karena bagaimanapun, kita tahu bahwa jumlah sampah di Indonesia terus meningkat. Dan kalau kita nggak berupaya untuk menyelesaikannya, ya pasti ini akan menjadi masalah besar.

Maka, dengan menjalankan ide bisnis kreatif ini kita sudah perlahan-lahan mengurangi sampah yang ada. So, yuk mulai mengkreasikan sampah yang ada di sekitar menjadi sesuatu yang berarti, sesuatu yang memiliki nilai jual.

Hampir semua sampah bisa didaur ulang kok, seperti plastik-plastik, kain perca atau sisa kain, kaleng, dan lain sebagainya. Apalagi nih, semua sampah tersebut bebas loh mau dikreasikan seperti apa. Ada banyak kreasi yang bisa kita hasilkan dari barang bekas, kamu bisa baca-baca di sini

13. Dropshipper

dropship
pixabay.com

Kaum millennial pasti sudah nggak asing sama bisnis ini ya. Buat yang masih asing, kita perlu tahu, bahwa bisnis dropship menjadi salah satu metode bisnis yang cukup baru dan digandrungi hampir seluruh kalangan.

Sistem jualannya simple dan sangat sederhana, seperti menjualkan kembali barang-barang atau produk yang kita peroleh dari supplier. Kerennya, bisnis ini bisa kita jalankan tanpa mengeluarkan modal sepeserpun loh.

Kita juga nggak perlu nyiapin tempat atau gudang buat nyimpen barang, nggak perlu duit buat nyetok barang, dan lain sebagainya. Karena semua akan diatur oleh pihak supplier. Tugas kita cuma memasarkannya ke konsumen.

Meskipun tanpa modal, bisnis satu ini terbilang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat bagus ke depan.

14. Admin Media Sosial

ide bisnis kreatif
pixabay.com

Ide bisnis kreatif yang masih jarang dipilih oleh banyak orang adalah bisnis media social media, karena ide bisnis sekeren ini baru aja booming belakangan ini sehingga masih dianggap sebelah mata bagi sebagian orang.

Padahal mah, kita tahu ya, bahwa perusahaan-perusahaan gede membutuhkan spesialis untuk menjadi admin social media mereka loh.

Beda namanya aja. Kalau di perusahaan kan namanya ‘staff’, nah kalau ini namanya ‘admin’. Jadi, jika ngerasa suka merespon chattingan orang lain, suka berinterakis di media sosial, atau hobi membuat konten Instagram, coba deh buat mulai ide bisnis kreatif ini. Peluangnya besar loh!

Cuman, ya kadang tugas seorang pebisnis admin media sosial bukan sekedar ngebalesin chat doang, tapi juga bikin konten, desain, mengatur strategi pemasaran, dan lain sebagainya.

Agak berat sih, tapi cuannya juga seimbanglah sama yang kita kerjakan. Apalagi kalau memang sudah menjadi hobi, semuanya tentu nggak akan terasa berat.

15.  Fotografer dan Videografer

fotografer
pixabay.com

Ide bisnis kreatif yang terakhir adalah fotografer dan videografer.

Dari dulu, bisnis satu ini memang nggak pernah ada matinya ya. Apalagi di zaman yang serba digital, tentu presentase yang menggunakan jasanya akan terus meningkat.

Banyak sekali perusahaan atau pelaku bisnis yang mencari jasa fotografer dan videografer demi kebutuhan konten pemasaran mereka. Sehingga, jika memang kita ngerasa bisa dan mampu, kenapa nggak gitu loh …

Ya jangan sampai aja kemampuan itu sia-sia. Dan untuk mengasahnya, tentu kita juga perlu berlatih ya. Atau kalau perlu, mengikuti kelas-kelas fotografer dan videografer untuk meng-upgrade skill kamu juga nggak ada salahnya.

***

Itulah dia beberapa ide bisnis kreatif yang bisa kita coba. Pilih saja ide yang memang sesuai passion dan keahlian kamu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *