bisnis kue

21 Ide Bisnis Makanan Kekinian yang Layak Kamu Coba!

Menyajikan 21 ide bisnis makanan yang kekinian dan diminati banyak orang, serta pembuatannya yang gampang membuat siapapun bisa mencobanya!

Saat ini, kita tengah hidup di tengah tuntutan zaman yang semakin tinggi. Dimana, kebutuhan kian hari semakin banyak, serta harga berbagai kebutuhan semakin naik. Kamu pasti pernah merasa dong, apalagi sebagai anak kost atau yang sudah berkeluarga …

Nah, hal inilah yang kemudian membuat banyak orang memutar otak, menyisihkan waktu dan pikiran, demi mencari jalan keluar agar bisa memenuhi segala kebutuhan tersebut.

Wajar sih, karena kadang, gaji pokok dari pekerjaan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai gajian lagi. Salah satu cara yang banyak dipilih oleh masyarakat kita adalah berbisnis makanan.

Kenapa Harus Bisnis Makanan

bisnis kue
pixabay.com

Pemilihan bisnis kuliner ini sepertinya adalah pilihan yang tepat ya, mengingat makanan juga menjadi kebutuhan pokok bagi orang-orang, sehingga bisnis makanan bisa dibilang merupakan bisnis yang tidak pernah mati.

Kita nggak bisa memungkiri, bahwa kini ada banyak banget ide bisnis yang bisa dijalankan, ada banyak ragam produk yang bisa dijual atau jasa untuk ditawarkan. Lantas kenapa harus bisnis makanan?

1. Ide bisnis makanan tuh banyak jenisnya

Alasan pertama kenapa kita memilih bisnis makanan adalah karena ide bisnis makanan tuh banyak banget jenisnya. Mulai dari model warung makan, jajanan gerobakan, jajanan pasar, kedai, dan masih banyak lagi.

Ya tinggal pilih aja mana yang kita suka …

Bahkan, ide bisnis makanan juga bisa kita ambil dari makanan jadul yang diinovasi sedemikian rupa, atau bisa juga jajanan pasar, hingga makanan kekinian. Pokoknya banyak banget deh.

Kalau bingung mau milih ide yang mana, tenang aja, di poin selanjutnya kita akan berikan banyak ide yang bisa dijadikan referensi.

2. Modalnya relatif kecil

Alasan kenapa bisnis makanan yang kedua adalah soal modal usaha.

Ya, buat ngejalanin bisnis ini kita nggak butuh modal sebesar menjalankan bisnis properti, salon & spa, hotel, atau sejenisnya, sehingga sangat worth it buat dijalankan oleh kita yang punya keterbatasan di modal.

Tenang deh, asal kreatif aja, modal yang sedikit tadi bisa menghasilkan jumlah yang gede kok. So, stop minder dan bingung kalau cuma punya modal sedikit, karena bisa banget untuk dimanfaatin buat bisnis makanan …

3. Prospek tinggi nan menjanjikan

Salah satu indikasi sebuah bisnis bisa berkembang pesat adalah ketika bisnis tersebut memiliki prospek yang tinggi. Kenapa sih bisnis makanan termasuk salah satu jenis bisnis yang memiliki prospek tinggi, padahal sudah banyak pebisnis makanan di pasaran?

Ya karena semua manusia membutuhkan makan. Sehingga, bisnis satu ini memang nggak akan pernah redup. Asal kita bisa memilih ide bisnis makanan yang tepat, dan membuatnya menjadi unik dan kreatif aja sih …


Baca juga: 15 Ide Bisnis Kreatif yang Kekinian dan Menjanjikan Profit Besar!


Kumpulan Ide Bisnis Makanan yang Mudah

Kini, kenikmatan dari sajian makanan bukan satu-satunya indikator bisnis kita sukses loh. Karena memang, ada tuntutan tren yang harus kita ikuti demi memenuhi keinginan pasar.

Maka, jika ingin memulai bisnis kuliner atau makanan, kita harus bisa menentukan ide bisnis makanan yang memang tepat. Bingung? Yuk simak ide bisnis makanan yang praktis untuk dijalankan siapapun sebagai berikut!

1. Keripik Salted Egg

keripik salted egg
kitchenofindonesia.com

Makanan yang gurih-gurih memang asyik ya, cuy … Apalagi kalau disantap rame-rame. Dan salah satu makanan gurih yang dicari banyak orang adalah keripik kulit ikan salmon yang diberi dengan bumbu salted egg.

Beh, keren kan …

Tapi ya nggak harus keripik kulit ikan salmon kok, kita juga bisa memilih keripik ubi, singkong, atau kentang, yang kemudian dilumuri dengan salted egg. Karena kalau kulit ikan salted egg kan bakalan mahal tuh dijualnya.

Maka, pilih saja keripik yang ramah kantong, atau sesuaikan dengan kantong market kita. Untuk sistem jualannya juga simple kok. Bisa dengan delivery atau pre-order. Bebas …

2. Chicken Salted Egg

ide bisnis makanan
pinterest.com

Kalau ide bisnis makanan yang pertama tuh keripik, maka yang kedua adalah chicken. Sama-sama pakai bumbu salted egg sih, beda di bahan utamanya aja. Saat ini, ide bisnis chicken salted egg tengah booming, dan kayaknya bakalan booming terus kok …

Hal ini karena memang rasanya yang nikmat banget dah. Selain lezat, proses penyajiannya juga nggak ribet. Kita cuma perlu menggoreng ayam nih pakai tepung, kemudian letakkan di atas nasi, dan siram deh sama sausnya.

Gitu doang coba. Pokoknya, menu ini juara banget deh!

3. Makaroni Aneka Rasa

resep makaroni
pinterest.com

Kayaknya nih, sebagian besar masyarakat Indonesia tuh pecinta makaroni, apalagi anak-anak muda. Nggak heran sih kalau akhirnya banyak banget pengusaha makaroni yang bertebaran di berbagai daerah.

Nah, kita bisa menjalankan bisnis ini dengan memberikan dua menu utama, apakah makaroni yang basah atau kering. Jangan lupa, sediakan banyak rasa ya. Kalau rasa atau bumbu yang wajib banget ada tuh rasa yang pedas-pedas ya. Dan usahakan untuk menyediakan berbagai pilihan level.

Sementara rasa lainnya, kita bisa menambahkan menu makaroni yang unik, rasa cokelat misalnya. Meskipun tidak sepopuler makaroni pedas, namun makaroni cokelat ini juga menawarkan cita rasa yang lezat kok …

4. Roti Kukus Panggang

roti kukus panggang
cookpad.com

Ide bisnis makanan satu ini nggak beda jauh sih sama roti bakar ataupun roti panggang. Hanya saja, roti kukus panggang ini pakainya roti khusus, sehingga aromanya jauh lebih wangi dibandingkan dengan roti bakar biasa.

Ketika memilih bisnis ini, maka kita harus bisa menyediakan berbagai jenis topping, mulai dari topping asin ataupun manis. Kemudian dikukus, lalu dipanggang.

Kelihatannya agak ribet ya karena membutuhkan beberapa proses. Tapi percaya deh, kalau kita bisa menghadirkan cita rasa yang lezat, pasti bakalan mendatangkan keuntungan yang besar.

Hal ini karena roti kukus panggang ini memiliki tekstur yang super lembut, dan ada sensasi smokey-nya. Apalagi jika kita menyediakan menu atau topping keju. Beuh… laris manis dah!

5. Pizza Goreng

ide bisnis makanan
cookpad.com

Dari namanya agak aneh ya. Tapi jangan salah ya, meskipun terdengar aneh, bisnis satu ini pernah viral loh, dan sampai sekarang juga masih banyak diincar orang.

Cara buatnya pun gampang. Pertama, goreng dulu kulit lumpia yang isiannya ada daging, keju, dan tomat. Udah, gitu doang. Simple ya.

Kalau soal rasa mah, nggak perlu ditanya lagi. Dan makanan satu ini bukan cuma bisa dinikmati orang dewasa, tapi juga anak-anak.

6. Cireng

bisnis cireng
yummy.co.id

Ide bisnis makanan berikutnya adalah cireng. Makanan unik dengan teksturnya yang kenyal ini memang memiliki rasa yang nikmat ya.

Nah, agar cireng yang kita tawarkan nggak sama dengan yang lain, kita bisa loh menyulap cireng menjadi sesuatu yang lain. Dengan rasa yang jauh lebih lezat. Yakni, dengan mengkreasikan cireng ke dalam berbagai rasa.

Misalnya, ada cireng isi keju, cita rasa pedas atau smoke beef. Bahkan, ide bisnis satu ini juga sangat memungkinkan untuk dijual dalam bentuk frozen food.

7. Kebab Goreng

kebab goreng
tukangreview.com

Makanan yang berasal dari Turki ini memang mengundang selera banyak orang. Dan saat ini, sudah menjadi salah satu menu andalan masyarakat Indonesia. Nah, kabar baik ini bisa membuat kita memilih kebab goreng sebagai ide bisnis tentunya.

Untuk ukuran kebab goreng ini lebih kecil dibandingkan dengan kebab pada umumnya. Dan nantinya akan ditambahkan dengan lelehan moza atau keju, dan isiannya ada daging serta sayuran yang siap membat siapapin ketagihan.

8. Bola Ubi

ide bisnis makanan
tokowahab.com

Beberapa waktu lalu, ide bisnis makanan yang satu ini sempat viral ya. Dan kalau dilihat, saat ini memang sudah tidak begitu viral, namun, tetap disukai banyak orang terutama anak-anak muda.

Cita rasanya yang unik memang mengundang selera.

Maka, nggak ada salahnya jika kita menjadikan bola ubi sebagai bisnis. Nah, agar bisa bersaing dengan pedagang bola ubi lainnya, kita meski memberikan berbagai pilihan rasa, misalnya ada taro, oreo, atau bahkan green tea.

Dengan cita rasa manis, kemudian dipadukan bersama teksturnya yang gurih tentu akan membuat semua orang ketagihan. Modalnya juga kecil banget kok. Aman di kantong lah!

9. Donat Indomie

donat indomie
tokowahab.com

Wah, kalau bisnis satu ini mah memang menjanjikan banget ya. Karena memang, donat indomie ini punya daya tariknya sendiri berupa bentuk yang sangat instagramable. Hal inilah yang membuatnya kian diminati.

Selain dari segi bentuk, kuliner lezat satu ini juga sangat cocok di lidah orang Indonesia yang notabenenya pecinta Indomie. Bayangin aja deh, rasanya yang lezat, tektur crispy di luarnya, lembut di dalam, kemudian ditambahkan dengan saus kekinian. Beuuh… pasti laris manis ya!

10. Rujak Cireng

ide bisnis makanan
pinterest.com

Ide bisnis makanan yang satu ini beda sama cireng ya. Karena cireng rujak ini akan disantap bersama saus rujak yang memiliki rasa gurih, manis, dan asam. Proses pembuatan dan bahan-bahannya juga mudah banget diperoleh.

Kita hanya perlu menyiapkan adonan cirengnya aja, yang terbuat dari tepung tapioca, kemudian buatkan saus andalan kita.

11. Takoyaki

takoyaki
diadona.id

Takoyaki merupakan salah satu makanan asal Jepang yang disukai banget di Indonesia. Hal ini karena takoyaki mempunyai tekstur yang lembut di dalamnya dengan berbagai isian, yakni potongan daging.

Untuk tekstur kulitnya sendiri terbilang renyah ya, pokoknya nikmat banget, apalagi jika disantap dengan saus. Maka, bisnis satu ini sangat menjanjikan jika kita benar-benar bisa mengolah takoyaki sebaik mungkin.

12. Ayam Crispy

ide bisnis makanan
inspirasipagi.id

Sampai kapanpun, olahan ayam memang akan terus diburu oleh masyarakat. Memang, saat ini kita sudah bisa menemukan banyak sekali padagang ayam crispy. Meskipun demikian, ide bisnis makanan ayam crispy ini masih memungkinkan kok buat dijual dan meraup keuntungan besar.

Caranya adalah dengan menyediakan menu ayam goreng Taiwan, kemudian ditambahkan dengan bumbu tabur yang bebas ditentukan oleh konsumen. Rasanya memang lezat banget, dan pembuatannya pun gampang banget.

13. Long Fries

ide bisnis makanan
haibunda.com

Olahan kentang memang selalu menggiurkan. bahkan hanya digoreng biasa aja. Nah, ide bisnis makanan satu ini nggak beda jauh sih sama kentang goreng yang biasa kita beli. Cuman, ukurannya aja yang beda.

Kalau kentang biasa kan ukurannya kecil tuh, nah long fries ini ukurannya lebih panjang gitu. Ya dengan adanya bisnis ini, tentu akan membuat pecinta potato fries merasa puas, karena porsinya yang jumbo.

Bahkan, long fries ini dianggap unik loh. Karena nggak cuma bisa disantap, tapi bisa juga dijadikan sebagai konten.

14. Corn Dog

corn dog
pergikuliner.com

Makanan unik dan lezat ini sangat terkenal di Amerika Serikat dan juga Korea Selatan. Bagi yang suka K-Pop atau drakor, pasti pengen banget ya menyantap menu lezat satu ini. Maka, banyaknya pecinta film drakor tentu bisa menjadi salah satu alasan mengapa kita memilih bisnis ini.

Cara pembuatan corn dog juga mudah banget. Kita hanya perlu mencelupkan sosis yang telah kita tusuk ke dalam adonan, kemudian goreng hingga golden brown. Dan agar lebih nikmat, bisa kita tambahkan keju moza di dalamnya, dan berikan saus sebagai tambahannya.

15. Seblak

ide bisnis makanan
idntimes.com

Seblak menjadi salah satu makanan dari Bandung yang sangat ramai penggemar. Hal ini karena seblak mempunyai cita rasa unik dengan kuahnya yang merah menyala. Apalagi jika ditambahkan dengan topping, misalnya ada mie, makaroni, ceker, dan lain sebagainya.

Cita rasanyanya cocok banget di lidah orang Indonesia. Dan yang paling penting adalah, makanan ini mudah banget dibuat. Ada ribuan resep yang bisa kamu coba di sini.

16. Cheese Toast

ide bisnis makanan
citymapia.com

Belakangan ini, cheese toast memang sedang ramai diperbincangkan karena rasanya yang lezat. Bahkan, nggak sedikit loh restoran atau café memasukkan menu ini ke dalam daftar menu mereka.

Jadi, cheese toast ini adalah roti panggang yang diisi dengan keju yang dipanggang sampai lumer. Makanan satu ini sangat populer ya. Sehingga sangat cocok untuk kita jadikan sebagai ide bisnis yang paling tepat.

17. Martabak Manis Topping Kekinian

ide bisnis makanan
amazingmalang.id

Sekarang, udah banyak banget sih yang jualan martabak. Tapi, kalau yang berani jualan martabak dengan topping kekinian masih sedikit, sehingga peluang suksesnya masih sangat besar.

Jadi, martabak manis satu ini bukan martabak manis pada umumnya ya. Melainkan martabak yang diberikan dengan berbagai topping kekinian, misalnya adalah dengan memberikan topping kitkat, nutella, dan lain sebagainya.

18. Roti John

ide bisnis makanan
guideku.com

Tampaknya, roti john tengah naik daun di Indonesia. Kita bisa lihat sendiri deh, kalau roti satu ini nyaris ada di berbagai daerah, khususnya di daerah Jawa ya.

Salah satu daya tarik roti john adalah ukurannya yang lebih panjang dibandingkan dengan roti lain. Tak hanya itu saja, isiannya juga kerap menjadi alasan mengapa roti ini diminati banyak orang.

Maka, jika ingin menjual roti, kita bisa memilih roti john saja karena ide bisnis makanan satu ini terbilang cukup menjanjikan.

19. Bakso Aci

bakso aci
bogor.net

Ide bisnis makanan berikutnya adalah bakso aci. Bakso aci ini dibuat dengan bahan-bahan yang lebih terjangkau daripada bakso sapi pada umumnya, karena hanya dibuat dengan memakai tepung kanji.

Meskipun hanya dibuat dengan tepung kanji, kita tetap nggak bisa mengkalim bahwa kuliner satu ini nggak lezat loh ya. Karena pada kenyatannya, kuliner satu ini sangat digandrungi oleh anak-anak muda, sehingga sangat memungkinkan untuk kita jadikan sebagai ide bisnis.

20. Ayam Geprek

ayam geprek
grab.com

Ayam geprek menjadi salah satu kuliner yang biasa dijadikan sebagai teman makan. Dan sampai saat ini, nyaris di seluruh kota kita bisa mendapatkan ayam geprek.

Namun sayangnya, semua pedagang ayam geprek sama saja, mereka hanya menyediakan nasi dan ayam geprek saja. Hal ini kemudian membuat pelanggan atau konsumen merasa kurang puas. Saya sendiri mengalaminya.

Maka, agar bisnis ayam geprek kita berbeda dengan yang lainnya, coba deh buat menambahkan beberapa olahan makanan lain ke dalam seporsi ayam gepreknya.

Dijamin, pasti bakalan rame deh bisnis kita. Ya nggak usah banyak-banyak sih, cukup tambahkan saja geprek tempe, geprek tahu, atau geprek telur, misalnya.

21. Telur Gulung

ide bisnis makanan
detik.com

Ide bisnis makanan yang terakhir adalah telur gulung. Makanan satu ini merupakan makanan jadul, namun tetap disukai banyak orang. Dan saat ini, kita bisa menemukan pedagang telur gulung di daerah-daerah sekitaran kampus, kantor, sekolah, dan perumahan.

Dengan cita rasa yang lezat, dan dibanderol dengan harga murah, nggak heran jika akhirnya kuliner satu ini bisa kita sebut dengan makanan sejuta umat.

***

Oke, sekian dulu beberapa ide bisnis makanan yang bisa kita pilih. Semua ide bisnis makanan di atas hanya butuh modal dikit kok, sehingga masih sangat memungkinkan untuk kita pilih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *