ide bisnis startup

Mengulas 16 Ide Bisnis Startup, Cocok Buat Anak Muda!


Punya basic di bidang teknologi tapi bingung mau bisnis apa? Baca ini, kumpulan 16 ide bisnis startup yang bisa kamu coba!


Hingga kini, sudah ada banyak banget jenis bisnis yang bermunculan. Mulai dari bisnis yang membutuhkan modal kecil sampai yang butuh modal gede. Salah satunya adalah bisnis startup.

Wah, namanya berat …

Jadi, bisnis startup ini memang termasuk salah satu tren bisnis baru yang kini tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bisnis startup ini merupakan bisnis yang mempunyai hubungan erat dengan teknologi.

Nah, sebelum menjalankan sebuah bisnis, kita harus bisa membangun idenya dulu, dan hal ini sama seperti ketika akan membangun bisnis startup ini.

Karena dengan ide-ide tersebut, kita akan lebih mudah dalam memetakan langkah bisnis selanjutnya.


Baca juga: 15 Ide Bisnis Kreatif yang Kekinian dan Menjanjikan Profit Besar!


Bagaimana cara mencari sebuah ide bisnis?

Sebelum kita bahas perihal ide bisnis startup, kita bahas dulu beberapa cara mendapatkan ide bisnis.

Karena bagaimanapun, saya tahu kok, sampai sekarang masih ada yang suka nge-blank harus berbisnis apa. Padahal sebenarnya, kalau kita tahu cara bagaimana mendapatkan ide bisnis, maka semuanya akan aman!

Maka, yuk simak beberapa cara mendapatkan ide bisnis berikut!

1. Melakukan riset produk dan bisnis

Cara pertama agar mendapatkan ide bisnis adalah dengan riset ya …

Riset di sini berkaitan dengan riset barangnya. Dimana, kita bisa riset langsung ke pasar ataupun lokasi pusat bisnisnya. Di sana, kita bisa melihat sendiri, kira-kira produk apa sih yang sedang laku dan diincar banyak konsumen.

Bahkan, dengan riset kita juga bakalan tahu loh seberapa besar potensi pasarnya ke depannya. Jadi, dengan melakukan riset kecil-kecilan ini, kita yang tadinya nge-blank bakalan mendadak dapat ide. Percaya deh!

2. Menemukan problem di masyarakat

Cara menemukan ide bisnis yang kedua adalah dengan mencari atau menemukan masalah yang ada di masyarakat.

Ternyata, nggak mudah ya buat jadi pebisnis itu. Ya memang. Meskipun demikian, semua hal yang kita hadapi akaa terbayar kok dengan hasilnya. Tenang aja!

Maka, coba deh buat peka lagi terhadap lingkungan. Karena dengan peka, kita akan lebih muda menemukan ide. Atau, kita juga bisa bertanya ke masyarakat sekitar demi mendapatkan ide ini.

Gampanglah ya, anggap aja wawancara sederhana.

3. Inspirasi dari masalah personal

Buat yang punya masalah, bisa dicoba nih. Ya, karena memang, ide bisnis bisa lahir dari masalah pribadi.

Kita ambil contoh nih ya …

Ketika kita lagi di kampus, dan ngerasa laper saat jam kuliah tepat di jam kuliah pertama yang masih pagi banget. Secara, kantin biasanya masih pada tutup.

Nah, dengan masalah ini, kita sudah bisa dapet ide bisnis loh. Yakni dengan mulai jualan makanan tepat di jam-jam tadi, sehingga bisa menjadi solusi buat teman-teman kita yang juga kelaparan.

Ide Bisnis Startup Menjanjikan

Setelah mengetahui cara mencari ide bisnis, bagaimana, sudah dapet ide belum? Kalau belum, simak ide bisnis startup berikut ini ya! Siapa tahu nanti muncul ide baru kan …

1. Aplikasi Layanan Online

ide bisnis startup
medium.com

Ide bisnis startup pertama adalah akses layanan online. Saat ini, ide bisnis akses layanan online kian menjanjikan, apalagi di masa yang serba digital ini.

Kita bisa mulai membangun sebuah startup luar biasa yang memang bisa mempermudah masalah banyak orang. Seperti startup transportasi, pembayaran token listrik, pesan dan antar makanan, kirim-kirim barang, pemesanan tiket, dan lain sebagainya.

Tentu, dengan pilihan startup yang tepat, kita akan lebih mudah dalam mengembangkannya.

2. Dunia Anak

dunia anak
pixabay.com

Dunia berubah ya, kita tahu dong. Kalau dulu, permainan anak-anak hanya seputaran permainan yang membutuhkan gerakan fisik, misalnya adalah lompat tali. Namun, perlahan-lahan, permainan tersebut terus tergeser sampai akhirnya terganti dengan permainan lain yang lebih modern.

Maka, kita bisa memanfaatkan momen ini untuk membuat sebuah ide bisnis startup dengan market anak-anak, bisa dalam hal pendidikannya, hiburan, atau bahkan permainan.

Tentu, startup modal ini nggak cuma bisa diakses anak-anak ya, tapi juga orang tua. Sehingga, kita juga bisa sekaligus membuat startup bagi orang tua agar bisa melakukan pemantauan anak, pendidikan anak, tips merawat anak, dan lain sebagainya.

Bayangin deh, hanya dari satu masalah, kita sudah bisa langsung menemukan dua ide bisnis. Keren!

3. Jasa Penerjemah

jasa penerjemah
pixabay.com

Kini, penerjemah sudah menjadi sesuatu yang keren banget dan sangat menguntungkan. Apalagi nih, jasa penerjemah memang dibutuhkan oleh berbagai pihak, terutama di tengah arus teknologi yang luar biasa.

Hal ini juga dikarenakan akses kita ke negeri orang lebih mudah, sehingga permintaan penerjemahan berbagai dokumen kian tinggi. Maka, kita bisa loh memanfaatkan keahlian bahasa asing kita untuk menjadikannya sebagai ide bisnis startup.

Bahkan kerennya, kita nggak cuma sekedar wadah buat customer yang akan menerjemahkan dokumen atau berbagai file, tapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan dengan posisi sebagai translator.

4. Hiburan

itu melihat

Ide bisnis startup berikutnya adalah startup hiburan. Dan sampai kini, jenis startup satu ini memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Dan berkat perkembangan teknologi, semua orang sudah bisa mencari berbagai macam hiburan dengan sangat mudah.

Bahkan sadar atau tidak, kita sudah menjadi salah satu penikmat startup loh, misalnya adalah dengan mengakses aplikasi VIU, HBO, Netflix, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Nah, jika selama ini kita hanya menjadi penikmat, kenapa nggak nyoba menciptakan startup huburan sendiri.

Apalagi, peluang untuk mengembangkan startup juga gede banget loh. Sayang banget kan kalau kesempatan ini disia-siakan. Maka, yuk coba buat mempelajari dulu startup-startup yang ada, siapa tahu nih, suatu hari nanti startup kita bakalan jadi startup pilihan banyak orang.

5. Dunia Pendidikan

ruangguru

Di era modern ini, startup yang bergerak di bidang pendidikan juga nggak kalah menjanjkannya dibandingkan dengan startup lainnya.

Nah, salah satu contoh startup pendidikan yang keren banget adalah Ruangguru. Semua pasti kenal dong sama startup yang satu ini. Ini bisa menjadi satu contoh buat kita. Karena memang, Ruangguru telah menjadi startup pendidikan yang sangat populer di Indonesia.

Jika berminat menjalankan ide bisnis startup pendidikan ini, coba deh untuk mengembangkannya supaya lebih keren. Misalnya adalah dengan memberikan akses pertemuan antara guru dengan murid secara online.

Atau malah menyediakan akses privat, di mana, guru dan murid bisa bertemu secara langsung. Kayaknya keren banget ya?!

6. Dunia Perempuan

dunia wanita
pixabay.com

Kalau ngobrolin perempuan memang nggak ada habisnya ya. Karena memang, makhluk Tuhan satu ini punya kelebihan luar biasa. Nah, sampai hari ini, kita nggak bisa memungkiri sih, bahwa ketika mengakses internet, perempuan punya kebiasaan yang unik.

Kalau laki-laki kan seringnya mengakses game dan juga social media. Nah kalau perempuan, banyak banget yang diakses, seperti misalnya: tips kecantikan, resep makanan, dan lain sebagainya. Karena memang, hal-hal sederhana seperti itu unik banget di mata perempuan.

Nah, hal ini bisa banget dong kita jadikan sebagai ide bisnis startup yang menjanjikan. Kita bisa membuat sebuah startup yang memang isinya adalah seputar hal-hal yang disukai wanita, termasuk di dalamnya perhitugan siklus menstruasi dan perkembangan janin.

7. Perawatan Hewan

anjing
pixabay.com

Memiliki hewan peliharaan, atau memelihara hewan bisa menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi banyak orang. Nggak heran deh kalau banyak orang yang rela keluarin duit cuman buat merawat hewan kesayangannya, terutama orang-orang kalangan ekonomi menengah sampai ke atas ya …

Nah, peluang besar ini bisa banget kita manfaatkan buat meraup keuntungan yang berlipat-lipat. Yakni dengan menciptakan startup seputar perawatan hewan. Untuk jenis hewannya mah bebas ya, bisa kucing, reptile, anjing, dan yang lainnya.

8. Konsultasi Kesehatan

ide bisnis startup

Ide bisnis startup berikutnya adalah startup yang bergerak di bidang konsultasi kesehatan.

Startup yang bergerak di bidang ini sudah banyak ya, dan salah satu yang paling terkenal itu ada Alodokter. Kalau kita sering searhcing seputar kesehatan di mesin pencarian google, pasti kenal banget sama Alodokter ini.

Kalau dulu, ketika akan konsultasi kesehatan, kita harus ke rumah skait dulu ya. Sekarang mah nggak cuy. Cukup dari rumah doang sambil rebahan, kita sudah bisa konsultasi. Karena memang, perkembangan teknologi memungkinkan hal ini terjadi.

Apalagi ditambah dengan masyarakat masa kini yang nggak mau ribet. Maunya ya yang praktis dalam segala hal. So, kalau kamu memang punya basic di bidang kesehatan, kita bisa loh buat startup yang nggak kalah kerennya dengan Alodokter.

9. Toko Online

toko online fashion
Toko Online

Ide bisnis startup yang nggak kalah menguntungkannya adalah startup toko online, bisa toko mainan, toko makanan, toko fashion, atau masih banyak lagi.

Dan ketika akan membangun startup ini, kita bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen dengan adanya pengiriman barang langsung sampai ke rumah konsumen.

10. Kelas Online

pekerjaan selesai
Kelas Online

Startup satu ini agak mirip ya sama Ruangguru. Nah bedanya, kalau Ruangguru kan buat belajar biasa, dimana ada berbagai video yang bisa diakses oleh pengguna.

Sementara startup kelas online ini lebih kepada belajar mengenai satu bidang khusus. Seperti contohnya: kelas fotografi, kelas blogging, kelas SEO, kelas desain grafis, dan sebagainya.

Tentu untuk menjalankan bisnis ini, kita mesti memiliki skill di bidang tertentu agar bisa mengajarkannya kepada orang lain.

11. Public Speaking

berbicara di depan umum
10xspeaker.com

Ide bisnis startup berikutnya adalah startup yang masih bergerak di bidang pendidikan, yakni pendidikan public speaking.

Kita semua tahu dong, bahwa kemampuan berbicara di depan banyak orang memang perlu dimiliki oleh semua orang untuk bisa menyampaikan seluruh gagasannya di berbagai forum.

Dan saat ini, sudah ada sih contoh startup public speaking ini, namanya adalah PinterNgomong.

Maka, jika kita ingin membantu generasi millennial agar bisa bisa tampil di depan umum, startup satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat banget. Nantinya, kita bisa menyediakan berbagai fitur, salah satunya adalah fitur untuk practice.

12. Jual Beli Properti

ide bisnis startup
rumah.com

Sekarang, jual beli properti masih lebih banyak ditawarkan secara offline, alias penawaran langsung dan menggunakan perantara. Padahal, proses jual beli properti dengan cara konvensional nggak semudah transaksi jual beli yang nominalnya kecil.

Apalagi nih, buat ngedapetin kata ‘sepakat’ tuh memakan waktu yang lama banget, karena memang tahapannya panjang. Maka untuk mengatasi hal ini, sudah waktunya kita membangun sebuah platform yang bisa mempermudah transaksi jual beli properti dengan sistem online.

Dan startup ini pasti sangat menjanjikan, baik sekarang atau di masa depan. Nah, sistem jual beli yang ada di startup jual beli propertinya juga sederhana banget kok, karena kedua belah pihak akan bertemu secara online, kemudian membuat kesepakatan dan juga penawaran secara online.

Kerennya lagi, calon customer tidak perlu langsung datang ke lokasi. Mereka bisa melihat-lihat dulu foto-foto propertinya kayak apa. Setelah dari fotonya dirasa cocok, baru deh buat janji buat ketemu untuk survey lokasi.

13. Catering

katering startup
foodspot.co.id

Dari dulu, bisnis catering memang sudah menjamur di Indonesia. Hal ini karena memang permintaan pasarnya yang cukup tinggi. Maka, tingginya permintaan pasar ini bisa kita jadikan sebagai ide bisnis startup loh.

Hal ini bertujuan untuk membantu para pebisnis catering, yakni membuat sebuah sistem pemesanan menjadi lebih praktis, dan bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas.

Adanya sistem catering yang online ini, tentu bisa membuat para konsumen lebih mudah dalam berlangganan. Dengan catatan, mereka mesti melakukan pendaftaran akun terlebih dulu. Kemudian, konsumen baru bisa memilih menu apa yang akan dipesan, lengkap dengan untuk acara apa, kapan, dan berapa banyak.

Lalu, kosumen bisa melakukan pembayaran via rekening. Gampang kan?

14. Aplikasi Pencari Komunitas

komunitas
pixabay.com

Keberagaman memberikan kita pemahaman, bahwa setiap orang pasti mempunyai ketertarikan di bidang yang berbeda-beda. Sehingga, kadang-kadang nih, ada yang ngerasa risih kalau nggak berada di lingkungan yang nggak se-frekuensi.

Dan kabar baiknya, semua orang pasti ingin berkumpul dengan sebuah komunitas yang ‘aku banget’. Nah, hal ini ternyata bisa kita jadikan sebagai ide bisnis startup loh, yakni dengan membuat sebuah aplikasi yang akan membantu seseorang menemukan grup yang tepat untuknya.

15. Jastip (Jasa Titip)

ide bisnis startup
titipbeliin.com

Belakangan ini, bisnis yang satu ini kian ramai dibutuhkan masyarakat. Dan kita bisa menemukannya di berbagai media sosial, mulai dari Facebook hingga Instagram.

Biasanya, jastip atau jasa titip ini sangat umum dilakukan ketika ada seorang teman yang sedang melakukan travelling atau berada di luar negeri, kuliah misalnya. Nah, pengguna jastip ini biasanya adalah orang-orang yang ingin membeli suatu barang dari luar negeri.

16. Kost-Kostan dan Kontrakan

mamikos
mamikos.com

Ide bisnis startup yang terakhir adalah startup aplikasi pencari kost-kostan dan juga kontrakan. Meskipun sekarang sudah banyak grup-grup cari kost atau kontrakan di Facebook, namun pada kenyataannya, tetap saja masih banyak yang kesulitan dalam menemukan kost dan kontrakan yang cocok.

Maka dengan canggihnya teknologi, sekarang sudah sangat memungkinkan jika kita menjadi solusi akan banyaknya masyarakat yang kesulitan menjadi tempat tinggal dalam bentuk aplikasi pencari kost-kostan.

Nantinya, kita bisa memasukkan data-data terkait kost-kostan yang ada, dan juga kita sediakan GPS di sana, lengkap dengan harga dan fasilitas yang ditawarkan yang nantinya akan langsung muncul di aplikasi. Sama persis ketika kita sedang mencari hotel di beberapa aplikasi.

***

Jadi gimana, tertarik buat ngejalanin salah satu ide bisnis startup di atas? Kalau tertarik, yuk mulai dipikirkan, kira-kira stratup yang akan kita bangun bergerak di bidang apa, apakah makanan, pendidikan, hiburan, atau yang lainnya.

Kalau bisa, carilah ide yang memang sangat dibutuhkan banyak orang. Atau, kamu punya ide lain yang belum disebutkan di atas? Kasih tahu di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *