jual artikel

17 Ide Bisnis Unik Untuk Mahasiswa, Prospek Tinggi!

Simak 17 ide bisnis unik untuk mahasiswa, mulai dari jualan kado pigura 3D, jualan artikel, jadi blogger, hingga jasa penerjemah.

Ketika sudah menyandang status sebagai mahasiswa, itu artinya kita sudah bukan lagi anak remaja yang mempunyai pola pikir labil. Dan sudah nggak zamannya lagi buat selalu ngandelin orang tua untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Memang, sampai kita lulus pun, orang tua kita bakalan memenuhi seluruh kebutuhan kita. Tapi, sampai kapan? Sampai kapan kita akan terus mengandalkan tenaga orang tua untuk membiayai seluruh kebutuhan kita, mulai dari kebutuhan kos, kebutuhan kuliah, belajar, makan, dan lain sebagainya.

Nah mungkin, saat ini kita sering ngerasa sih, nggak enakan buat minta ke orang tua, tapi ya mau bagaimana lagi?

Oke gini. Sebenarnya kegalauan kita ini bisa diatasi loh, karena sampai saat ini sudah banyak banget kok bisnis untuk mahasiswa yang bisa kita jalankan. Ya mungkin kitanya aja yang kurang update.

Karena itulah, kali ini kita akan bahas ide bisnis unik untuk mahasiswa.


Baca juga: 15 Ide Jualan di Rumah yang Mudah dengan Modal Kecil!


Ide Bisnis yang Unik, Cocok untuk Mahasiswa

Di tengah banyaknya persaingan, kita memang dituntut untuk bisa melakukan berbagai inovasi dalam berbisnis. Karena jika kita hanya melakukan bisnis biasa seperti pada umumnya, tentu kita bisa saja kalah dengan pebisnis lain.

Maka, alangkah baiknya jika kita melakukan ide bisnis unik mahasiswa ini. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa kita pilih sesuai dengan minat dan bakat.

1. Kado Pigura 3D

pigura 3d
udsregep.com

Ide bisnis unik untuk mahasiswa yang pertama adalah berbisnis kado 3D.

Ketika menjadi mahasiswa, kita pasti sering banget menemukan momen-momen spesial. Yang mana, pada hari itu semua orang berlomba-lomba untuk menemukan kado dan memberikan kado yang dianggap unik dan juga spesial kepada temannya.

Maka, kita bisa loh menjadikan momen tersebut sebagai ladang bisnis untuk menambah pemasukan.

Untuk jenis kadonya sendiri, kita bisa mengikuti pasaran dan yang lagi ngetren. Misalnya seperti membuat karikatur, kemudian dihias dengan berbagai properti, lalu dibingkai menggunakan pigura 3D.

Jika ternyata kita bisa mendesain kadonya sebaik mungkin, tentu bisnis satu ini akan berkembang dengan sangat pesat loh. Hal ini karena orang lebih memilih untuk mencarikan kado yang unik daripada hanya sekadar memberikan kado biasa seperti baju, sepatu, tas, dan lain sebagainya.

2. Lukisan Tangan

jualan lukisan tangan
xdnadea.wordpress.com

Ide bisnis untuk mahasiswa yang kedua adalah dengan berbisnis lukis tangan.

Memang, kini kita bisa menemukan banyak banget jasa atau pebisnis lukisan. Sayangnya, rata-rata para pebisnis lukisan tersebut hanya mengandalkan software untuk melukis wajah, sehingga kesannya seolah dilukis manual oleh tangan.

Tentu, hasil lukisan dengan menggunakan software berbeda jauh dengan hasil lukisan manual. Dan hasil dari lukisan tangan asli yang kita buat akan jauh berbeda, dan hasilnya pasti akan jauh lebih bagus hasil dari lukisan tangan.

Selain itu, hasil dari lukisan tangan akan jauh bernilai jika dilihat dari kacamata seni ketimbang lukisan rekayasa hasil dari program komputer atau software.

Sehingga, jika kita merasa mempunyai keahlian di bidang lukis tangan ini, nggak ada salahnya buat kita coba. Karena ternyata, keuntungan dari menjalankan bisnis lukis tangan terbilang cukup besar dan prospeknya tinggi. Apalagi jika kita berani menawarkan harga yang agak miring sedikit.

3. Jual Artikel

Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut untuk bisa mengembangkan ide yang kita miliki ke dalam bentuk tulisan. Sehingga mau tidak mau, skill menulis kita memang harus ditingkatkan.

Jika kita sudah berada di semester 5 atau semester 3, tentu skill menulis tersebut sudah kita miliki ya. Dan akan sangat baik jika skill tersebut kita manfaatkan untuk mendatangkan pundi-pundi keuangan, yakni dengan melakukan bisnis jual artikel.

Caranya gampang banget kok. Kita hanya perlu menuliskan artikel dengan tema bebas. Pilihlah tema yang memang sesuai dengan bidang kita. Kemudian, kita bisa menjualnya ke berbagai media sosial, salah satunya dengan menawarkannya di grup-grup Facebook.

4. Customer Service Online

Ide bisnis unik untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan menjadi customer service online. So, jika kita bingung harus memulai bisnis apa, maka kita bisa menjadikan customer service online sebagai pilihannya.

Hal ini karena memang sistem kerja dari customer service online sangat mudah dan tidak menuntut kita untuk keluar dari kos-kosan ataupun rumah. Kita bisa menjalankan bisnis ini hanya dengan dari rumah saja. Bahkan bisa dikerjakan sambil rebahan santai.

Untuk penghasilan menjalankan bisnis customer service online ini juga terbilang cukup tinggi ya, sehingga bisa banget membantu kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama perkuliahan.

5. Editor

editor artikel
pixabay.com

Bisnis ini hanya bisa dikerjakan oleh kita yang mempunyai kemampuan bahasa Indonesia yang cukup baik. Seperti bisa mendeteksi kalimat yang efektif dengan kalimat tidak efektif, dan mengetahui tanda baca yang baik dan benar.

Jika kita merasa mempunyai keahlian di bidang ini, maka kita bisa menjadi seorang editor loh. Di mana bisnis menjadi seorang editor ini sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan perusahaan percetakan.

Selain menjadi ide bisnis yang unik, menjadi editor juga terbilang cukup seksi untuk dilakukan oleh seorang mahasiswa. Kita bisa memulai bisnis ini dengan mencari informasi di berbagai media sosial.

6. Admin Media Sosial

Kini, ada banyak banget peluang bisnis untuk menjadi seorang admin media sosial. Jika kita merasa mempunyai bidang melayani orang lain dengan baik, dan mempunyai skill sedikit-sedikit tentang merangkai kata dan juga mengedit foto, maka bisnis menjadi seorang admin ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

7. Editing Video

Kemampuan editing video yang cukup baik bisa menjadi kabar yang sangat menguntungkan bagi kita. Karena ternyata, saat ini banyak banget nih perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa seorang editor video untuk membuat konten-konten produk yang akan ditawarkan ke konsumen.

Maka jika kita memang mempunyai keahlian di bidang editing video, jadikan kemampuan ini sebagai bisnis yang sangat menguntungkan.

8. Media Sosial Spesialis

Ide bisnis unik untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan berbisnis media sosial spesialis.

Para pebisnis kini sudah melakukan media pemasaran yang berbeda. Dan ternyata, ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah dengan berbisnis media sosial spesialis.

Untuk sistem kerja bisnis satu ini sangat mudah. Kita hanya perlu menyiapkan konten apa saja yang akan kita publish setiap harinya. Dan memang, kita dituntut untuk selalu kreatif, sehingga bisnis satu ini sangat cocok kita lakukan apabila kita mempunyai skill mendesain yang agak bagus.

9. Fotografi

fotografer
pixabay.com

Siapa sih yang nggak suka sama fotografi gitu kan? Secara, mahasiswa pasti rata-rata menyukai fotografi, karena memang banyak sekali momen-momen yang harus diabadikan.

Sehingga hal ini bisa kita jadikan sebagai bisnis, di mana sudah ada banyak banget situs-situs yang bersedia menampung berbagai jenis foto yang kita kirimkan. Dan penghasilan menjalankan bisnis fotografi atau menjual foto ini juga cukup fantastis loh.

Bisa lah buat nambahin uang makan selama sebulan.

10. Desain Grafis

Ide bisnis untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah dengan berbisnis desain grafis.

Saat ini dan beberapa tahun ke depan, bisnis desain grafis terbilang sangat dibutuhkan oleh banyak para pelaku usaha. Hal ini karena mereka ingin semua produk yang ditawarkan bisa disajikan dalam bentuk yang sangat bagus. Yakni dengan adanya sentuhan para desain grafis ini.

So, jika kita merasa mempunyai kemampuan di bidang desain grafis, nggak ada salahnya loh buat nyoba berbisnis desain grafis.

Untuk keuntungannya sendiri kita tahu dong bahwa penghasilan seorang pebisnis desain grafis cukup tinggi. Bahkan, kita bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi juga bisa mengumpulkan modal untuk berbagai hal, nikah misalnya…

11. Blogger

Ide bisnis unik untuk mahasiswa berikutnya adalah dengan menjadi blogger. Ide bisnis satu ini bukan hanya unik, tapi juga terdengar sangat keren. Setiap harinya, akan selalu ada orang-orang yang berusaha menjalankan bisnis blogger ini loh.

Karena bagi banyak orang, menjadi blogger termasuk salah satu bisnis jangka panjang dan bisa dijadikan sebagai investasi masa depan.

Untuk sistemnya sendiri, kita akan mendapatkan penghasilan jika akun blogger kita sudah didaftarkan ke Google adsense atau situs penyedia iklan yang lainnya. Dan ketika sudah diterima, maka saat itulah kita bisa berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan penghasilan.

12. Penerjemah

Sampai kapanpun, mempunyai skill bahasa asing sangatlah menguntungkan. karena ada banyak banget orang-orang yang membutuhkan jasa penerjemah atau jasa orang yang mempunyai keahlian bahasa asing ini, apalagi jika bahasa asing yang kita kuasai adalah bahasa Inggris, mandarin, dan juga bahasa Arab.

Ketiga bahasa ini adalah bahasa-bahasa yang memang sangat banyak dicari oleh orang. Jika kita mempunyai keahlian di bidang bahasa asing, maka kita bisa menjadikannya sebagai salah satu bisnis yang sangat menguntungkan.

13. Menjual Tanaman Hias

ide bisnis unik untuk mahasiswa
pixabay.com

Ide bisnis untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah dengan menjual tanaman hias.

Ide bisnis satu ini sangat cocok jika kita mempunyai hobi dan kesadaran akan kondisi bumi saat ini. Karena dengan menjalankan bisnis menjual tanaman hias, itu artinya kita sudah ikut berpartisipasi dalam mengurangi polusi yang terjadi.

Sebagai mahasiswa, tentu kita memang harus sadar akan kondisi bumi yang tidak baik-baik saja. Sehingga bisnis satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat, karena selain mendapatkan penghasilan tambahan, kita juga bisa berpartisipasi dalam merawat bumi.

Menjual tanaman hias nggak membutuhkan modal yang banyak kok. Kita bisa mendaftarkan diri atau menghubungi beberapa penjual tanaman hias. Di mana, mereka biasanya membuka peluang bagi siapapun yang ingin menjualkan tanaman hias mereka.

Atau jika kita mempunyai modal yang lebih, nggak ada salahnya juga buat menjadi reseller tanaman hias dari beberapa toko.


Baca juga: 15 Ide Bisnis untuk Remaja yang Harus Kamu Coba!


14. Menjual Seblak

Ide bisnis unik untuk mahasiswa yang berikutnya adalah dengan menjual makanan. Dan makanan yang bisa kita jual adalah seblak.

Seblak telah menjadi makanan yang sangat digemari oleh banyak mahasiswa. Sehingga, kita bisa menjadikannya sebagai pilihan bisnis yang sangat tepat. Apalagi jika kita bisa memberikan banyak varian menu dan juga pilihan topping.

Untuk sistem penjualan nya sendiri, agar kita bisa menghemat modal, maka kita bisa menerapkan sistem pre-order saja.

15. Dropshipper

Ide bisnis lainnya yang bisa kita coba adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Bisnis ini merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat disukai oleh para ibu-ibu. Karena dengan sistem bisnis yang satu ini kita sudah bisa menjual barang-barang tanpa harus mengeluarkan dana sepeser pun.

Selain itu, kita nggak perlu lagi repot nyewa gedung ataupun ruangan untuk meletakkan seluruh pakaian atau baju yang akan kita tawarkan ke konsumen.

Namun, meskipun sering dilakukan oleh ibu-ibu, nggak ada salahnya juga kok buat kita melakukan bisnis satu ini. Karena memang sistem kerjanya juga sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan jadwal kita. Terutama bagi kita yang berstatus sebagai mahasiswa dan mempunyai berbagai kesibukan di luar.

Sistem kerja bisnis dropship ini mudah banget. Yang pertama, kita harus mencari dulu sebuah toko yang memang menyediakan sistem bisnis dropship ini. Jika kita sudah menemukan tokonya, kita bisa mendaftarkan diri menjadi dropshipper di sana.

Apabila seluruh proses pendaftaran sudah selesai, kita bisa langsung menjalankan bisnis ini, yakni dengan membagikan seluruh foto-foto produk yang ada ke media sosial yang kita miliki.

Dan apabila barang barang tersebut disukai dan diminati oleh para pelanggan, kita bisa menyalurkan data pemesanan ke toko. Mereka yang akan langsung mengatur dan menyiapkan pesanan tersebut. gampang banget toh.

16. Reseller

Ide bisnis unik untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan berbisnis menjadi seorang reseller.

Ide bisnis satu ini sangat cocok dilakukan jika kita mempunyai modal yang cukup. Untuk di awal, kita nggak perlu ragu mengeluarkan modal ya, karena memang ternyata keuntungan menjadi seorang reseller juga terbilang cukup besar.

Kita bisa menentukan keuntungan yang akan kita dapatkan sendiri. Meskipun demikian, cobalah untuk tetap menentukan harga sesuai dengan harga pasar. Hal ini demi mendapatkan hati pelanggan.

Nah, salah satu cara agar kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan menjalankan bisnis reseller ini adalah dengan mencari supplier yang memang menawarkan harga lebih murah daripada biasanya.


Baca juga: 18 Ide Jualan Online Untuk Anak Sekolah Paling Menjanjikan!


17. Bisnis Buku

Yang namanya mahasiswa pasti sangat identik dengan buku ya. Hal ini karena seluruh mata kuliah yang kita pelajari membutuhkan buku. Dan masing-masing mata kuliah pasti membutuhkan buku yang pastinya berbeda-beda.

Nah, bahkan fenomena yang sering terjadi adalah buku-buku yang direkomendasikan oleh dosen agak sulit untuk didapatkan di berbagai toko buku. Maka, hal ini bisa menjadi sebuah ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa kita pilih.

Untuk menjalankan bisnis jual buku ini, kita bisa memanfaatkan seluruh media sosial yang kita miliki. Dan agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, kita harus bisa menemukan supplier yang memang berani memberikan harga murah kepada kita

Modal yang kita keluarkan lumayan gede sih, tapi hal ini akan sebanding kok dengan penghasilan yang kita peroleh. Apalagi nih, kita punya relasi yang luas, dijamin bakalan banyak banget yang bersedia melarisi bisnis jualan buku kuliah yang kita jalankan.

***

Itulah dia beberapa ide bisnis unik untuk mahasiswa yang bisa kita coba. Yang namanya bisnis nggak ada yang instan ya, sehingga kita memang harus benar-benar ekstra dalam mengembangkannya.

Jika memang kita hanya menjadikan bisnis sebagai sampingan, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Maka usahakanlah untuk menjalankan bisnis ini semaksimal mungkin dan luangkan waktu untuk menjalankannya.

So, yuk mulai tentukan bisnis yang akan kita jalankan! Dalam memilih ide bisnis yang akan kita pilih, usahakan untuk menimbang berbagai hal ya, salah satunya adalah minat dan bakat kita.

Oke sekian dulu, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *