ide bisnis untuk remaja

15 Ide Bisnis untuk Remaja yang Harus Kamu Coba!

Menghadirkan kumpulan ide-ide bisnis untuk remaja yang cocok dijalankan oleh pemula, mulai dari: jualan pulsa, jadi penulis lepas, hingga bisnis dropship dan reseller.

Waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah di usia remaja. Hal ini karena di masa-masa remaja ada banyak sekali waktu luang yang kadang membuat para remaja bingung hendak menghabiskan waktunya untuk apa.

Maka, sebagai remaja yang mengaku generasi milenial, alangkah baiknya jika mulai memanfaatkan waktu luang untuk berbisnis.

Selain untuk menambah uang jajan, berbisnis sejak usia remaja juga bisa digunakan untuk melatih banyak hal, salah satunya adalah untuk melatih mental kita ketika besok akan terjun di dunia bisnis yang sesungguhnya.

So, dari pada bingung, yuk simak penjelasan berikut terkait ide bisnis untuk remaja yang bisa kita praktekkan!


Baca juga: 15 Ide Jualan di Rumah yang Mudah dengan Modal Kecil!


Bisnis yang Cocok untuk Remaja

Salah satu cara menghasilkan uang yang tepat dan mudah adalah dengan berbisnis. Tentu, kita harus tahu triknya dulu nih.

Nah, contoh trik untuk menghasilkan uang dengan berbisnis adalah dengan mencari tahu seberapa besar peluang bisnis tersebut. Selain itu, dengan memulai bisnis sejak remaja, kita akan belajar banyak hal, mulai dari belajar untuk melatih mental, melayani customer, hingga meningkatkan kemampuan negosiasi kita.

Apalagi kita tahu dong, bahwa yang namanya bisnis selalu membutuhkan waktu yang panjang agar bisa terus berkembang. Yang namanya bisnis mah, nggak bisa instan. Ada banyak proses yang meski kita hadapi.

Jadi, daripada ponsel kita hanya digunakan untuk bermain media social, galau-galauan, atau yang lainnya, mending buat bisnis aja.

1. Membuka Jasa Les Privat

ide bisnis untuk remaja
orami.co.id

Ide bisnis untuk remaja yang pertama adalah dengan membuka jasa les privat.

Ide bisnis satu ini sangat cocok untuk kita yang berstatus sebagai ‘remaja’ ya. Hal ini karena dengan memulai bisnis ini, ada banyak banget keuntungan yang akan kita peroleh, seperti mendapatkan uang jajan tambahan, pengalaman berharga, skill dalam menjelaskan, dan lain sebagainya.

Dimana, seluruh skill yang kita dapatkan dengan menjalankan bisnis membuka jasa les privat akan sangat berguna ke depannya, terutama ketika kita akan memasuki dunia kerja dan dunia kampus.

2. Menjadi Penulis Lepas

Ide bisnis untuk remaja yang kedua adalah dengan menjadi penulis lepas.

Menulis merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan sangat menguntungkan. Karena dengan menjadi seorang penulis lepas, kita bisa memperoleh berbagai keuntungan, seperti mengasah kemampuan dalam berpikir, merangkai kata-kata, hingga menambah pundi-pundi keuangan.

Jika kita merasa mempunyai skill menulis yang cukup bagus, maka alangkah baiknya untuk memanfaatkan skill tersebut sebagai bisnis kecil-kecilan.

Apalagi saat ini, ada banyak banget loh para blogger yang nggak punya waktu buat ngisi konten, sehingga mereka lebih milih buat menggunakan jasa penulis lepas.

Untuk memulai bisnis menjadi penulis lepas ini, kita hanya perlu melakukan hal-hal yang sederhana, misalnya adalah dengan menawarkan jasa penulisan artikel ke berbagai media sosial.

Dan salah satu media sosial yang bisa kita gunakan adalah Facebook. Di sana, kita bisa bergabung dengan berbagai grup blogger, kemudian menawarkan jasa penulisan lepas di sana. Biasanya, nggak butuh waktu banyak loh buat ngedapetin customer.

3. Desain Grafis

Ide bisnis untuk remaja yang selanjutnya ialah menjual jasa desain grafis.

Saat ini, ada banyak banget para pebisnis yang membutuhkan jasa desain grafis untuk kepentingan bisnis mereka. Nah, kita bisa memanfaatkan peluang ini untuk menghasilkan banyak cuan loh.

Jika saat ini kita sudah mempunyai skill desain grafis, tak ada salahnya untuk mulai mengembangkan bisnis desain grafis ini. Tapi jika kita belum mempunyai skill mendesign, nggak ada salahnya buat belajar terlebih dahulu

Apalagi saat ini, sudah banyak banget media pembelajaran yang bisa kita manfaatkan, seperti media sosial dan juga langsung belajar ke berbagai lembaga.

Memang, biaya untuk belajar desain grafis terbilang agak mahal. Namun, keuntungan yang akan kita peroleh jauh lebih besar ketimbang modal yang kita keluarkan untuk belajar.

Dan keuntungan bisnis desain grafis juga terbilang tinggi loh, karena biasanya, penghasilan kita akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan grafis yang kita dapatkan.

4. Editing Video

jasa video editing
pixabay.com

Berubahnya media pemasaran menguntungkan banyak orang. Terutama bagi kita yang mempunyai skill editing video sangat baik.

Editing video saat ini merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat cocok untuk dilakukan oleh para remaja loh, karena ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa editing video untuk branding bisnis mereka.

Penghasilan menjalankan bisnis editing video terbilang sangat besar, nggak main-main pokok e, Apalagi jika ternyata skill editing video kita sudah di atas rata-rata.

Ya paling tidak, penghasilan bisnis ini sesuai-lah dengan kerja keras yang telah kita lakukan dalam mengedit video.

So, jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan editing video kita, agar lama-kelamaan kita bisa menjadi seorang pebisnis editing video yang profesional.

Nah, jika sebenarnya kita sudah mempunyai kemampuan editing video yang bagus, namun kadang suka bingung mau mulai dari ngedit darimana, maka kita bisa memulainya dengan melihat beberapa video yang menurut kita editingnya sangat bagus.

Karena dengan melihat berbagai video. kita bisa mendapatkan ide-ide menarik yang bisa kita modivikasi ke dalam bentuk editan yang lebih bagus.

5. Fotografer

Ide bisnis untuk remaja yang selanjutnya adalah dengan menjual hasil jepretan kita ke berbagai situs.

Dan saat ini, sudah banyak banget situs-situs yang menerima berbagai jenis foto, misalnya kita sering mengambil foto pemandangan yang ada di luar, atau sering menjepret suasana yang terjadi di jalan, dan lain sebagainya.

Semua foto yang kita ambil bisa dijadikan sebagai bisnis, yakni dengan menjualnya ke berbagai platform. Kesempatan emas ini sangat sayang jika kita lewatkan.

Apalagi, penghasilan dengan berbisnis jualan foto terbilang lumayan loh. Atau, jika kita tidak ingin menjual foto, maka hobi menjepret ini bisa kita lakukan dengan membuka jasa fotografi.

Bisnis jasa fotografi ini bisa kita jalankan dengan memanfaatkan berbagai momen yang ada, seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Hanya saja, jika kita memilih untuk menjadi seorang fotografer, maka kita meski mengeluarkan modal yang agak besar, yaitu modal untuk membeli kamera.

Tapi tenang saja, karena modal ini hanya kita perlukan di awal dan penghasilan yang kita dapatkan bisa menutupi modal ini dalam waktu yang terbilang cukup singkat.

Apalagi jika kita bisa melakukan promosi dengan tepat, bisa melalui media sosial atau platform-platform yang lainnya.

6. Pulsa dan Paket Data

Ide bisnis untuk remaja yang selanjutnya adalah dengan berbisnis pulsa dan paket data.

Sampai detik ini, hampir semua orang membutuhkan pulsa dan paket data untuk melakukan banyak hal, mulai dari: browsing, berkomunikasi, belajar, hingga hanya untuk bermain media sosial.

Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa memulai bisnis pulsa dan paket data terbilang sangat menguntungkan dan mempunyai prospek yang sangat besar.

Untuk memulai bisnis jual pulsa dan paket data ini, kita hanya perlu menyiapkan modal seadanya saja. Bahkan, hanya dengan bermodal 100 ribu rupiah saja, kita sudah bisa memulai bisnis pulsa dan paket data ini loh.

Selain itu, kita juga mesti bisa mencari agen yang memberikan harga murah dan pengisian saldo awal rendah, sehingga akan membuat kita lebih mudah dalam menentukan keuntungan yang akan kita ambil.

Tak hanya itu saja, kita juga harus bisa memilih agen yang memberikan kebebasan biaya pendaftaran, sehingga biaya pendaftaran tersebut bisa kita alokasikan ke dana untuk membeli deposit awal.

Jika bicara keuntungan, memang pada umumnya bisnis satu ini tidak memberikan keuntungan yang begitu banyak sekaligus, karena satu pembeli saja mah biasanya hanya mendatangkan keuntungan seribu rupiah.

Akan tetapi, jika kita serius dalam menjalankannya, maka keuntungan yang bisa kita peroleh juga akan terus bertambah. Apalagi jika kita bisa menjaga kepercayaan para konsumen.

7. Dropshipper

dropship
tokopedia.com

Beberapa tahun belakangan, bisnis dropshipper menjadi salah satu bisnis yang sangat digemari oleh banyak orang. Meskipun demikian, namun tetap tidak menutup kemungkinan jika ide bisnis untuk remaja satu ini juga bisa kita jalankan loh ya.

Hal ini karena dengan menjadi dropshipper, kita bisa memulai bisnis tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun. Kita bisa mulai berjualan meski tidak menyetok barang di rumah atau di gudang.

Oh ya, keuntungan menjalankan bisnis satu ini juga cukup besar, apalagi jika kita bisa fokus menjalankannya.

8. Admin Media Sosial

Kini, ada banyak banget perusahaan perusahaan yang membutuhkan jasa bisnis admin media sosial. Hal ini bertujuan untuk menunjang keberlangsungan bisnis dan perkembangan bisnis sebuah perusahaan.

Jika kita ngerasa punya keahlian dalam bidang merangkai kata-kata dan juga mengedit foto atau video secara mendasar, maka ide bisnis admin media sosial satu ini sangat cocok buat kita jalankan.

9. Media Sosial Spesialis

Ide bisnis untuk remaja yang selanjutnya adalah dengan menjadi media sosial spesialis.

Media sosial spesialis ini mempunyai tugas yang nggak beda jauh dengan admin media sosial ya. Kita hanya perlu menyiapkan konten-konten yang akan di-publish ke akun media sosial yang kita kelola.

10. Barang Bekas

ide bisnis untuk remaja
buletinbisnis.com

Ide bisnis untuk remaja selanjutnya adalah dengan bisnis barang bekas. Menjual barang bekas termasuk salah satu jenis bisnis yang sangat sering dilakukan oleh para orang tua. Meskipun demikian, sebagai seorang remaja nggak ada salahnya juga kok buat kita memulai bisnis barang bekas ini.

11. Customer Servis Online

Ide bisnis untuk remaja selanjutnya adalah dengan menjadi customer service online.

Mungkin selama ini kita seringnya mendengar customer service tanpa ada embel-embel onlinenya ya.

Namun kini, sudah banyak banget perusahaan yang membutuhkan jasa customer service online loh. Untuk sistem kerjanya sendiri, sama saja dengan tugas customer service biasanya, seperti melayani pertanyaan konsumen, melayani keluhan, dan lain sebagainya.

Pokoknya, nyaris nggak ada bedanya sama customer offline biasanya.

Ketika kita memilih untuk menjalankan bisnis menjadi customer service online, maka kita bisa menjalankan bisnis hanya dari rumah saja. Kita nggak perlu lagi berangkat ke kantor.

Ide bisnis customer service online ini sangat cocok dilakukan oleh kita yang mempunyai hobi melayani orang lain, atau pun suka membalas berbagai chat.

Agar bisnis satu ini bisa kita kembangkan, cobalah untuk melayani setiap pertanyaan dan tanggapan dari konsumen dengan ramah.

12. Penerjemah

Apabila kita mempunyai keahlian bahasa asing yang bagus, maka ide bisnis untuk remaja satu ini sangat cocok buat kita jalankan.

Apalagi nih, keuntungan menjalankan bisnis penerjemah terbilang sangat banyak loh, seperti  mengasah kembali skill bahasa asing yang kita miliki, berkenalan dengan banyak orang, terus belajar, hingga mendapatkan keuntungan dari segi finansial.

Karena bagaimanapun, keuntungan menjalankan bisnis satu ini terbilang sangat tinggi loh, sehingga sayang banget kan kalau kita sia-siakan.

Kalau saat ini kita belum mempunyai skill bahasa asing, maka nggak ada salahnya buat belajar dulu, kursus dulu di lembaga yang sudah terpercaya. Kalau sudah, baru deh bisa menjalankan bisnis berkelas satu ini.

13. Bisnis Kado

ide bisnis untuk remaja
deslary.wordpress.com

Setiap hari, akan selalu ada momen-momen spesial yang dihadapi oleh seseorang. Maka, hal ini tentu bisa menjadi sebuah informasi penting bagi kita, yakni dengan menjalankan bisnis kado.

Kita bisa melakukannya dengan menjual kado kado yang sederhana, seperti pigura, foto, dan lain sebagainya.

Apabila kita mempunyai keahlian dalam merangkai kata dan merangkai sebuah kado hingga terlihat istimewa, tentu ini akan menjadi kelebihan bisnis kado yang kita jalankan loh.

Bahkan, jika kita menarif harga yang lebih tinggi dari pasaran juga nggak bakalan bikin kostumer servicr.

14. Lukisan Tangan

Jika kita mempunyai keahlian melukis tangan, maka kita bisa menjadikannya sebagai ide bisnis loh, yakni sebuah bisnis sangat cocok kita jalankan sebagai seorang remaja.

Hal ini karena memang ternyata ada banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jasa lukis tangan untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan atau seabagai sebagai kado.


Baca juga: 17 Ide Bisnis Unik Untuk Mahasiswa, Prospek Tinggi!


15. Reseller

Ide bisnis untuk remaja yang terakhir adalah dengan menjadi reseller.

Ketika kita memilih untuk menjalankan bisnis sebagai reseller, maka ada berbagai keuntungan dan kelebihan yang akan kita dapatkan. Dan salah satunya adalah kita bebas menentukan keuntungan dan harga yang akan kita peroleh.

Akan tetapi, agar bisnis reseller kita bisa berjalan lancar dan terus berkembang, alangkah baiknya jika kita tidak mengambil keuntungan yang berlebihan ya. Ambil saja keuntungan sewajarnya, dan tawarkan dengan harga pasaran.

Cara ini terbilang sangat aman untuk menghindari adanya harga yang terlalu tinggi dan terlalu rendah. Memang sih, bisnis untuk remaja yang satu ini mempunyai peluang yang sangat besar untuk mendatangkan keuntungan yang tinggi, hanya saja ada modal yang mesti kita keluarkan di awal juga agak besar.

Maka, jika kita merasa mampu untuk mengeluarkan sejumlah modal tersebut, ya nggak ada salahnya untuk memulai bisnis ini.


Baca juga: 15 Ide Jualan untuk Ibu Rumah Tangga


***

Oke, itulah dia beberapa ide bisnis untuk remaja yang bisa kita pilih. Nah, ketika akan memilih bisnis yang akan kita jalankan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menggali potensi diri, minat dan bakat, serta keahlian yang kita miliki.

Karena bagaimanapun, bisnis tidak akan bisa kita jalankan tanpa persiapan yang matang, sehingga akan lebih baik jika kita memulainya dengan mengenali potensi yang ada pada diri kita.

Apalagi nih, dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion kita, pasti akan jauh lebih mudah dikembangkan daripada kita memilih bisnis yang sama sekali tidak sesuai dengan minat kita.

Maka, untuk meminimalisir adanya kesulitan dalam mengembangkan bisnis yang kita jalankan, yuk gali potensi diri terlebih dahulu! Yuk segera bangun bisnis kita sekarang, dan raih sukses di masa muda!

Demikian. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *