ide usaha untuk ibu rumah tangga

15 Ide Jualan untuk Ibu Rumah Tangga

Menyajikan kumpulan ide jualan untuk ibu rumah tangga dengan prospek yang menjanjikan, mulai dari jualan pulsa, buka warung kelontong, jualan air galon isi ulang, hingga bisnis dropship dan resell.

Sebagai ibu rumah tangga, seorang wanita dituntut agar dapat mengatur keuangan keluarga dengan tepat. Karena dengan pengelolaan uang yang baik, segala keperluan rumah tangga bisa teratasi dengan baik.

Sayangnya, kadang seorang ibu rumah tangga mengalami berbagai kendala ketika mengatur keuangan rumah di rumah, salah satunya adalah besarnya pasak daripada tiang.

Bagi kita yang sudah berpengalaman tentu paham betapa seriusnya masalah ini. Maka, agar bisa mengatasi permasalahan ‘besarnya pasak daripada tiang’ ini, kita bisa menyiasatinya dangan memikirkan ide jualan ibu rumah tangga.


Baca juga: 18 Ide Jualan Online Untuk Anak Sekolah Paling Menjanjikan!


Ide Mudah Jualan untuk Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga, kita meski cerdas dalam memenuhi segala kebutuhan rumah tangga ya, mulai dari kebutuhan pendidikan anak, kebutuhan suami, hingga kebutuhan sehari-hari.

So, daripada selama ini kita dibuat bingung dengan sulitnya mengatasi keuangan yang nggak tentu, mending mempelajari dan mengeksekusi ide jualan ibu rumah tangga di bawah ini ya

Cekidot.

1. Jualan pulsa

jualan pulsa rumahan
beritauang.com

Ide jualan ibu rumah tangga yang pertama adalah berjualan pulsa.

Pulsa merupakan kebutuhan tambahan yang cukup penting bagi setiap orang. Kita tahu dong, meskipun sudah banyak alternatif menelpon (WA, Telegram, Line), kita tetap akan merasa lebih nyaman jika menelpon menggunakan pulsa biasa.

Selain lebih mudah, menelpon dengan pulsa seluler juga biasanya lebih lancar dan jarang mengalami kendala, seolah jaringan bukan lagi jadi masalah.

Sangat berbeda dengan kasus ketika kita menelpon memanfaatkan video call atau menggunakan media sosial lain, sebab jaringan bisa menjadi masalah yang cukup serius.

Maka, tingginya kebutuhan akan pulsa bisa kita manfaatkan sebagai peluang yang sangat besar untuk menambah pundi-pundi keuangan keluarga.

Prospeknya super jelas loh, dan sangat menjanjikan. Hal ini seiring dengan tingginya permintaan pulsa di masyarakat.

Ketika memilih berjualan pulsa, maka kita tidak harus menyiapkan modal yang besar, karena cukup dengan menyiapkan uang seratus ribu saja sudah bisa kita gunakan untuk membeli saldo di awal.

2. Paket Data dan Pulsa Listrik

Ide jualan ibu rumah tangga yang kedua adalah berjualan paket data dan listik. Sebagai pengguna tetap internet, kita tahu dong, kalau internet sudah menjadi kebutuhan semua orang, baik yang ada di Indonesia atau pun di luar negeri.

Hal ini karena dengan paket data dan pulsa listrik, kita bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh dunia. Dan dengan pulsa listrik, kita bisa menanak nasi di rice cooker, menonton televisi, hingga melakukan pengisian daya terhadap peralatan elektronik kita.

Bahkan, tidak berlebihan loh jika kita mengatakan bahwa keduanya adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi secara cepat. Bayangkan, jika rumah kita harus mati listrik selama sehari saja, tentu akan sangat merepotkan, ada berbagai hal yang harus tertunda penyelesaiannya.

3. Makanan Ringan

Ide jualan ibu rumah tangga yang lainnya adalah dengan memulai jualan makanan ringan.

Ide jualan ini sangat cocok untuk kita yang kebetulan tinggalnya di daerah perkotaan ini. Tapi, ya nggak menutup kemungkinan juga sih buat dijalankan oleh yang tinggal di pedesaan.

Ide jualan makanan ringan ini nggak butuh modal banyak loh, karena kita nggak perlu ngeluarin duit buat sewa tempat. Cukup manfaatkan saja teras rumah atau ruang tengah. Sesimpel itu. Bahkan, untuk membeli makanan ringan di awalnya juga nggak berat.

Nah, agar jualan makanan ringan kita bisa laris, jangan lupa buat promosiin ke berbagai media sosial, kalau bisa mah buatkan media sosial khusus untuk jualan makanan ringan kita, dan jangan lupa buat memanfaatkannya sebagai media promosi.

4. Jualan Tanaman Hias

ide usaha untuk ibu rumah tangga
pixabay.com

Jika kita mempunyai kecintaan terhadap dunia tanaman, maka kecintaan ini bisa kita jadikan sebagai ladang penghasilan loh. Asli.

Ya dengan menjalankan jualan tanaman hias ini, kita tidak hanya sekedar mendapatkan manfaat keuntungan secara finansial, tapi juga akan membuat kita lebih produktif, bahkan manfaat yang lebih besarnya adalah membantu pemerintah dalam mengurangi polusi udara yang terus meningkat.

Ide jualan untuk ibu rumah tangga satu ini bisa kita mulai hanya dengan memanfaatkan pekarangan depan rumah saja, dan membutuhkan dana yang kecil.

So, nggak ada salahnya buat mencoba usaha rumahan satu ini ya.

5. Bimbingan belajar

Ide jualan lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan menjual jasa atau kemampuan akademik kita.

Ya kalau kita ngerasa punya kemampuan akademik yang bagus, dan seorang pembelajar yang baik, ide jualan satu ini cocok banget buat kita jalankan loh. Cukup memanfaatkan rumah dan teras rumah doang.

Untuk target market kita jelas ya, yaitu anak sekolah.

6. Toko Kelontong

Ide jualan untuk ibu rumah tangga yang berikutnya adalah membuka toko kelontong.

Membuka usaha kelontong bisa menjadi alternatif yang paling tepat untuk membantu keuangan keluarga. Bahkan, jualan satu ini juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang mempunyai anak kecil loh.

Jadi, jika sekarang kita mempunyai anak kecil, sudah nggak zamannya lagi buat bingung mau buka jualan apa ya. Untuk jam jualannya, kita bisa menyesuaikannya dengan kesibukan kita ya.

Sebagai langkah awal memulai jualan, maka kita bisa menjual barang-barang yang memang banyak dibutuhkan oleh konsumen, seperti barang-barang sembako, ada gula, minyak, beras, tepung, dan lain sebagainya.

Atau, jika kebetulan ada modal lebih, kita bisa mengalokasikan dana atau modal ke barang-barang lainnya, seperti alat mandi, alat tulis, alat rumah tangga, dan lain-lain.

7. Jualan Aksesoris Wanita

Kita tahu dong ya, kalau wanita memiliki kecintaan yang tinggi terhadap banyak hal, seperti perlengkapan make up, aksesoris, dan lain sebagainya. Beberapa hal ini seolah tidak bisa dipisahkan dari wanita.

Maka, menjual aksesoris wanita bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kita yang berstatus ibu rumah tangga. Untuk jenis aksesorisnya banyak banget ya, seperti cincin, jam tangan, gelang, jilbab, dan lain sebagainya.

Jualan satu ini terbilang cukup menguntungkan banget jika kita mempunyai keterampilan dalam memilah model-model aksesoris yang terbaru.

Usaha aksesoris bisa kita jalankan dengan modal yang tidak begitu besar, cukup siapkan modal seadanya saja, dan beli perlengkapan yang dibutuhkan.


Baca juga: 15 Ide Bisnis untuk Remaja yang Harus Kamu Coba!


8. Jualan Artikel Online

Bagi kita yang menyandang gelar ibu rumah tangga, kita dituntut agar cerdas dalam mencari peluang jualan. Maka, salah satu peluang jualan yang terbilang sangat tinggi adalah jualan artikel.

Jualan artikel terbilang sangat menyenangkan jika kita mempunyai kecintaan di dunia literasi. Jualan artikel menjadi sebuah jenis jualan yang sangat fleksibel, karena kita bisa menyesuaikannya dengan waktu yang kita miliki.

Penghasilan jualan artikel terbilang lumayan loh, apalagi kalau kemampuan menulis kita sudah di atas rata-rata. Modal yang kita butuhkan juga terbilang dikit banget, yakni cukup siapkan laptop dan HP doang.

Kalau belum punya kemampuan ini, bisa juga sih mulai jualan artikel, syaratnya ya harus belajar menulis dulu ya.

9. Menjadi Admin Media Sosial

Ide jualan untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan menjadi admin media sosial.

Ide jualan satu ini termasuk ide jualan jasa ya. Ide ini sangat cocok bagi kita yang mempunyai hobi berselancar di media sosial dan ingin menjadikan hobi tersebut menjadi pundi-pundi keuangan.

Apalagi nih, di zaman yang serba digital ini, menjadi admin media sosial banyak banget loh dicari perusahaan. Hal ini karena ada banyak banget perusahaan yang membutuhkan jasa admin media sosial untuk keperluan branding dan mendapatkan banyak konsumen.

10. Jualan Sarapan

ide usaha untuk ibu rumah tangga
mandiribisnis.com

Sarapan merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh seluruh manusia. Hal ini karena tubuh membutuhkan asupan yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas di siang hari.

Nah, pentingnya sarapan membuat banyak orang yang membeli makanan untuk sarapan karena merasa tidak memiliki waktu untuk menyiapkannya di pagi hari.

Maka, dengan fenomena ini, kita bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang yang sangat bagus untuk mendapatkan penghasilan.

Jika kita merasa bahwa masakan kita enak, atau paling nggak pernah dipuji sama suami, boleh banget loh mulai jualan menu sarapan pagi-pagi.

Ide jualan untuk ibu rumah tangga satu ini pas banget buat kamu yang sedang bingung harus mulai jualan apa.

Untuk modalnya sendiri terbilang cukup kecil. Kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah saja untuk berjualan dan menyiapkan meja doang. Dan sejumlah modal untuk membeli berbagai keperluan makanan yang akan kita jual.

11. Galon Air Isi Ulang

depot air minum
airminumisiulang.com

Ide jualan untuk ibu rumah tanggal selanjutnya adalah dengan berjualan galon.

Ide usaha satu ini terbilang membutuhkan modal yang agak besar ya, namun, keuntungan yang akan kita peroleh seimbang lah dengan modal awal yang sudah kita keluarkan.

Hal ini karena setiap rumah pasti membutuhkan air galon, sehingga akan selalu ada perputaran air galon yang siap memenuhi gerai air galon kita.

Memang, untuk masalah tempatnya nggak jadi masalah, karena kita bisa menggunakan pekarangan rumah dan teras saja, namun, kita membutuhkan sejumlah dana untuk membeli berbagai perlengkapannya, seperti galon dan mesin air.

So, kalau kita ngerasa punya dana yang mumpuni, ide jualan ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Jangan lupa untuk melancarkan strategi marketing dengan memanfaatkan media sosial ya!

12. Bisnis Make Up

Ide jualan untuk ibu rumah tangga yang berikutnya ialah dengan menjual jasa make up.

Kalau kita punya kemampuan make up yang bagus, atau suka mencoba berbagai macam jenis make up, maka kita bisa menjadikan kegemaran ini sebagai ide jualan yang sangat menguntungkan.

Nggak usah mulai usaha yang langsung besar, cukup mulai jualan jasa make up dari yang kecil-kecilan aja, karena kalau kita fokus, jualan jasa make up ini bisa berkembang kok.

Sebagai langkah awal, kita hanya perlu menyiapkan perlengkapan make up yang dibutuhkan saja. Dan jangan lupa untuk melakukan promosi ke berbagai media sosial yang kita miliki.

Kalau bisa, buat pamflet dulu deh, ukuran kecil juga nggak apa-apa. Karena hal ini juga bisa menjadi strategi marketing di awal. Nah, yang nggak kalah penting adalah untuk promosi dari mulut ke mulut.

Dan jangan lupa buat mengambil kesempatan di setiap peluang ya, misal nih, di sekitar rumah kita ada yang wisuda, ada yang perpisahan di sekolah, atau ada yang butuh make up hanya buat menghadiri kondangan.

13. Bisnis Dropship

Ide jualan lainnya adalah dengan menjadi dropshipper.

Ide jualan satu ini sangat dicari oleh ibu rumah tangga, sehingga kita bisa memanfaatkan momen ini juga untuk mendaftarkan diri sebagai dropshipper.

Jadi, dropshipper ini merupakan salah satu metode jualan yang memungkinkan kita untuk menawarkan berbagai barang tanpa harus menyetok barangnya terlebih dahulu. Nah, untuk itu, kita hanya perlu memasarkan barang yang akan kita jual ke semua media sosial yang kita miliki.

Kemudian, jika ternyata barang-barang yang kita tawarkan ada yang tertarik, kita bisa langsung memberikan data pesanan kepada pemilik barang tersebut. Jadi, sistem dropship ini bisa kita lakukan dengan cara yang mudah banget.

Pertama, kita harus mencari tempat yang menyediakan sistem dropship ini. Kemudian, jika kita sudah menemukannya, kita bisa langsung mendaftarkan diri menjadi dropshipper di sana, lalu langsung mulai melakukan pemasaran di semua media sosial. Cuma gitu doang.

Jadi, kalau kita bisa fokus menjalankan sistem jualan dropship ini, maka keuntungan yang bisa kita terima juga bisa maksimal loh. Bahkan hanya dengan bermodalkan HP dan paket data saja, kita sudah bisa mengumpulkan modal untuk menjadi seorang reseller.

14. Bisnis Reseller

Ide jualan lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan menjadi reseller.

Kalau memang kita mempunyai modal yang cukup, maka kita bisa langsung memulai usaha jualan dengan sistem reseller ini. Di mana, ketika kita menjadi seorang reseller, maka kita akan lebih mudah untuk menentukan keuntungan yang kita inginkan.

Nah, jika kita sudah memutuskan untuk menjadi seorang reseller, maka perhatikan dahulu barang yang akan kita jual. Carilah barang-barang yang memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, seperti pakaian dan juga makanan.

Dua barang ini adalah barang-barang yang selalu dibutuhkan. Hanya saja, untuk menjalankan usaha reseller ini, kita mesti bisa memilih jenis pakaian dan makanan yang tepat. Pilihlah makanan dan pakaian tepat, kalau bisa sih yang ngikutin tren saat itu.

Hal ini karena dengan memilih jenis pakaian dan makanan yang tepat, maka kita bisa memaksimalkan penghasilan. Terutama jika kita mempunyai relasi yang banyak.

15. Jualan Jasa Ketikan

jasa ketik
tokopedia.com

Yang terakhir adalah dengan jualan jasa ketikan. Meskipun kini hampir seluruh orang punya laptop, jual jasa ketikan juga masih banyak dicari orang loh. Maka, kita bisa memanfaatkannya sebagai penghasilan.


Baca juga: 15 Ide Jualan di Rumah yang Mudah dengan Modal Kecil!


***

Itulah dia 15 ide jualan untuk ibu rumah tangga yang bisa kita pilih.

Nah, sebelum memulai ide jualan yang akan kita  jalankan, maka alangkah baiknya jika kita memikirkan segalanya dengan matang, seperti perkiraan, modal, media promosi yang akan digunakan, hingga seperti apa barang atau produk yang akan kita tawarkan.

Selain itu, kita juga mesti menyadari, bahwa yang namanya jualan tidak akan selamanya berjalan mulus, tidak akan selamanya mendapatkan keuntungan, maka siapkan dahulu mental yang kuat agar ketika diterjang badai dan berbagai masalah, kita bisa tetap bangkit untuk kesuksesan jualan yang kita lakukan.

Jangan sampai deh nyerah di tengah jalan!

Hal ini sangat penting untuk kita lakukan ya, karena bagaimanapun yang namanya bisnis selalu membutuhkan perencanaan yang matang agar bisa terus berkembang di tengah banyaknya persaingan pasar.

Tingginya persaingan pasar menuntut kita untuk lebih peka dalam membaca setiap peluang dan juga menuntut agar kita bisa menyajikan berbagai produk yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pangsa pasar.

So, yuk kenali dulu bakat dan minat yang ada pada diri kita, dan mulai jualan yang kita pilih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *