prospek kerja administrasi bisnis

10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Paling Diminati

Kamu kuliah di jurusan administrasi bisnis? Simak 10 prospek kerja administrasi bisnis di bawa ini ya!

Administrasi bisnis atau administrasi niaga merupakan suatu program studi yang mempelajari berbagai hal terkait kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Di jurusan ini, kamu bisa mempelajari berbagai hal terkait pengelolaan sarana dan prasarana kantor, kegiatan marketing, pengelolaan SDM, keuangan, sampai kegiatan produksi.

Program studi administrasi bisnis sampai saat ini memiliki banyak sekali peminatnya. Hal ini dikarenakan prospek kerjanya yang luas bisa digunakan oleh para lulusan jurusan ini.

Nah, biar kamu tahu dan nggak bingung lagi, berikut ini 10 prospek kerja administrasi bisnis yang bisa kamu ketahui.

1. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis merupakan suatu pekerjaan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis.

Pekerjaan ini memiliki peluang luas dan besar, apalagi jika kamu sudah memiliki ilmu mendalam terkait profesi ini.

Seorang konsultan bisnis memiliki tugas untuk memberikan saran, masukan, atau solusi bisnis yang nantinya akan digunakan oleh para pebisnis atau pemimpin perusahaan.

Nah, solusi itu akan dijadikan sebagai acuan keputusan bisnis dalam perusahaan yang mereka pegang.

Saat menjadi seorang konsultan bisnis, kamu perlu ingat bahwa tugas kamu adalah memberi nasihat atau saran saja. Jadi, kamu tidak berhak untuk memberikan kebijakan atau implementasi apapun.

Sementara itu, untuk gaji konsultan bisnis sendiri bisa bervariasi tergantung dari perusahaan mana tempat kamu bekerja.

Namun, rata-rata para konsultan bisnis menerima gaji sebesar 5 juta rupiah atau lebih tergantung tingkat kemampuan dan pengalaman masing-masing.

Apabila kamu mampu membuka usaha konsultan bisnis sendiri, maka pendapatan yang diterima bisa lebih besar, loh.

Kamu bisa memberikan harga sendiri, lalu mulai diskusi terkait kesepakatan harga serta solusi yang diinginkan oleh klien kamu itu sendiri.


Baca juga: 20 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Peluang, Tugas, dan Gajinya


2. Staff HRD

Lulusan administrasi bisnis bisa berpeluang menjadi staff HRD di berbagai perusahaan besar.

Divisi HRD atau Human Resources Development merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang bergerak dan memiliki tugas untuk merekrut sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan ketentuan perusahaan masing-masing.

Seorang HRD tidak hanya bertugas untuk melakukan perekrutan saja, mereka juga bertugas mengatur segala hal yang masih berkaitan dengan karyawan, serta sumber daya manusia (SDM) di perusahaan itu sendiri.

Nah, kalau kamu memiliki latar belakang pendidikan di jurusan administrasi bisnis yang memiliki skill teamwork, komunikasi baik, mampu bekerja keras, menghubungkan orang lain, serta mengembangkan kompetisi SDM, maka bisa memiliki peluang besar untuk bergabung menjadi staff HRD.

Untuk gajinya sendiri, kamu bisa mendapatkannya mulai dari kisaran Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000.

Intinya, semakin besar skill dan pengalaman yang kamu miliki di pekerjaan ini, semakin tinggi pula peluang untuk bekerja menjadi staff HRD dengan gaji yang lebih tinggi.

3. Manajer Perusahaan

Prospek kerja administrasi bisnis berikutnya adalah menjadi seorang manajer perusahaan.

Tentunya, peluang kerja di sini sangat luas bagi para mahasiswa lulusan administrasi bisnis. Kamu akan ditempatkan di bidang yang berkaitan dengan hal-hal manajerial dan administratif bagi kepentingan bisnis perusahaan.

Seorang manajer perusahaan bertugas untuk mengambil keputusan yang bisa disepakati bersama, serta melakukan delegasi bagi perusahaan.

Bukan hanya itu saja, seorang manajer perusahaan harus bisa mengembangkan kemampuan atau skill karyawannya dilihat dari penilaian, saran, serta training yang sudah dilakukan.

Bahkan, manajer juga memiliki kewajiban untuk melakukan perencanaan matang terkait aktivitas perusahaan dan mengawasi jalannya perusahaan itu sendiri.

Bagi kamu yang ingin melamar di posisi ini, pastikan kamu menyimpan lamaran di program management trainee yang biasa diadakan oleh berbagai perusahaan besar agar bisa mencapai impian menjadi seorang manajer perusahaan.

Untuk gajinya sendiri mulai dari kisaran Rp 5.000.000 dan seterusnya, seiring dengan bertambahnya pengalamanmu serta kredibilitas dari perusahaan tempat kamu bekerja tersebut.


Baca juga: 10 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat Beserta Tugas dan Gajinya


4. Staff Pemasaran

Saat menjadi mahasiswa administrasi bisnis, kamu pasti diajarkan terkait strategi marketing atau pemasaran, bukan? Nah, ilmu ini bisa kamu gunakan untuk melamar ke perusahaan-perusahaan besar di bidang staff pemasaran.

Peluang menjadi staff pemasaran bisa dibilang besar bagi lulusan administrasi bisnis. Saat kamu bekerja di bidang ini, maka kamu akan mengemban tugas untuk memasarkan produk maupun jasa dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Dalam hal ini, proses pemasaran dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang sudah menjadi target produk perusahaan. Apabila kamu berhasil mencapai target penjualan, perusahaan akan memberikanmu bonus tambahan di luar gaji pokok.

Itulah sebabnya, para staff pemasaran sering dikatakan sebagai ujung tombak perusahaan yang akan menentukan maju atau tidaknya perusahaan itu sendiri.

Sementara itu, untuk gaji yang akan kamu peroleh dari pekerjaan ini berkisar antara Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000.

Bagi kamu yang tertarik bekerja di bidang pemasaran, pastikan untuk melatih skill komunikasi dengan baik, ya!

Jangan lupa juga untuk memahami setiap strategi pemasaran agar para konsumen yang menjadi sasaran nanti bisa dengan mudah membeli produk perusahaan tersebut.

5. Staff Administrasi

Prospek kerja administrasi bisnis tentu saja memiliki peluang besar untuk menjadi bagian dari staft administrasi di berbagai perusahaan.

Hal ini dikarenakan setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun, pasti membutuhkan staff administrasi untuk mengelola anggaran perusahaan.

Staff administrasi memiliki tugas sebagai penanggungjawab perencanaan keuangan, penganggaran keuangan, pengelolaan keuangan, pencarian keuangan, pengendalian keuangan, penyimpanan serta pemeriksaan keuangan perusahaan.

Beberapa posisi yang bisa kamu tempati di bagian staff administrasi adalah sekretaris, bendahara, manajer keuangan, dan sejenisnya.

Kamu bisa melamar sesuai bidang yang ingin ditempati saat melamar ke perusahaan dengan lowongan tersedia.

Setiap posisi di bidang administrasi itu tentu memiliki tugas dan tanggungjawab berbeda, seperti:

  • Sekretaris

Sekretaris memiliki tanggung jawab dalam kegiatan keuangan antara perusahaan dan bank. Lalu, posisi ini juga mengharuskan kamu untuk pandai dalam hal akuntansi, menangani kas kecil, hingga menyediakan dana untuk keperluan rutin dengan nilai relatif kecil.

  • Bendahara

Seorang bendahara memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menerima seluruh laporan kas, laporan akuntasi dari admin perusahaan, hingga mengisi dana kas dalam bentuk uang tunai maupun cek.

  • Manajer Keuangan

Manajer keuangan memiliki tugas untuk menerima serta melakukan pemeriksaan laporan kas kecil, hingga menyetujui aplikasi agar bisa diisi dengan uang tunai kecil.

Nah, untuk besaran gajinya sendiri, kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari nominal Rp 3.000.000 ke atas. Gaji yang kamu dapatkan itu bisa terus meningkat nominalnya tergantung pengalaman serta kemampuan yang dimiliki.

6. Dosen

Bagi lulusan administrasi bisnis yang ingin terjun ke bidang pendidikan, kamu bisa memilih profesi dosen untuk membagikan ilmu yang sudah kamu dapatkan.

Jadi, saat kamu sudah lulus program S1 administrasi bisnis, kamu bisa melanjutkan studi S2 di program studi sama.

Peluang menjadi dosen administrasi bisnis terbuka lebar untuk fresh graduate di jurusan yang sama. Pastikan kamu melamar pekerjaan di universitas atau perguruan tinggi yang sedang membutuhkan lowongan dosen jurusan administrasi bisnis.

Apabila kamu berhasil diterima sebagai dosen, secara otomatis kamu akan langsung menerima tugas dan tanggung jawab di bidang yang ditekuni.

Misalnya, kamu bekerja sebagai dosen administrasi bisnis, maka kamu harus bisa mengajar mahasiswa sesuai pelajaran yang berkaitan dengan administrasi bisnis sendiri.

Sementara itu, besaran gaji dosen diberikan sesuai tingkatan PNS serta berapa lama ia bekerja dan pengalaman yang dimiliki.

Namun, rata-rata para dosen mendapatkan gaji sebesar Rp 5.000.000 atau lebih setiap bulannya.

Saat kamu lulus S2 dan menjadi dosen tetap, gaji yang didapatkan tentu lebih besar daripada pertama kali gajian.

7. Guru

Selain menjadi seorang dosen, lulusan mahasiswa administrasi bisnis bisa memilih profesi menjadi seorang guru.

Tentunya, prospek kerja di bidang ini sangat luas dan akan selalu terbuka lebar kapan saja.

Kamu bisa menjadi seorang guru di sekolah khusus yang membuka jurusan akuntansi, administrasi bisnis, ekonomi, dan bidang pelajaran lain yang ada di dalam mata pelajaran IPS.

Tugas kamu saat menjadi guru administrasi atau akuntansi di sekolah adalah menjelaskan terkait dasar-dasar akuntansi, pengenalan mengenai administrasi bisnis di perusahaan atau perkantoran, pengelolaan kas, dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar ilmu yang kamu bagikan bisa mudah dicerna oleh para siswa.

Bukan soal komunikasi saja, nilai IPK pun perlu kamu perhatikan agar proses pengangkatan menjadi guru bisa lebih mudah, sesuai mata pelajaran yang diinginkan.

Selanjutnya, gaji yang akan kamu dapatkan dari seorang guru mulai dari Rp 3.000.000.

Tentunya, kamu akan mendapatkan peningkatan gaji saat sudah menjadi guru tetap, serta memiliki berbagai tunjangan pendukung lainnya.

8. Pegawai Bank

Peluang bekerja menjadi pegawai bank bagi lulusan administrasi bisnis sangat terbuka lebar sampai saat ini.

Hal itu dikarenakan banyak sekali posisi di perusahaan perbankan yang membutuhkan para lulusan administrasi bisnis untuk bekerja di tempat mereka.

Beberapa posisi yang bisa diisi oleh lulusan administrasi bisnis diantaranya: teller, staff back office (BO) di bagian administrasi keuangan, account officer, sales officer, auditor, dan masih banyak lagi.

Secara umum, seorang pegawai bank memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyimpan uang masyarakat, memberikan pinjaman dengan bunga rendah, melakukan penukaran mata uang, penjualan investasi keuangan, pemasaran, melakukan analisis kelayakan kredit, dan lainnya.

Gaji yang akan kamu terima saat menjadi pegawai bank bisa dibilang cukup tinggi, yaitu berada di kisaran Rp 5.000.000 sampai belasan juta rupiah.

Gaji ini diberikan tergantung posisi jabatan, pengalaman, keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki.

Apabila kamu memiliki skill komunikasi baik, kemampuan analisis, observasi, mampu berfikir sistematis dan menguasai bahasa asing, maka bisa melamar pekerjaan menjadi pegawai bank di berbagai posisi yang tengah dibuka.

Kamu dapat melamar pekerjaan ke berbagai bank besar di Indonesia, seperti bank BRI, bank BCA, BNI, BTN, Bukopin, BJB, Permata Bank, Bank Syariah Indonesia (BSI), bank Mandiri dan masih banyak lagi.


Baca juga: 20 Prospek Kerja Akuntansi beserta Tugas dan Gajinya


9. Pegawai Negeri Sipil

Para lulusan administrasi bisnis juga memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di pemerintahan.

Ada banyak posisi yang bisa kamu tempati, seperti di bagian analisis keuangan, analisis tata usaha, administrasi negara, pengelola sarana dan prasarana, serta masih banyak lagi.

Tugas seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), diantaranya:

  • Ikut serta dalam urusan Pemerintahan Daerah terkait penyusunan serta pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kepegawaian.
  • Mampu melaksanakan tugas yang diberikan oleh kepala daerah sesuai dengan bidang yang di-emban.
  • Melaksanakan pengawasan, pengendalian, laporan, serta evaluasi penyelenggaraan saat melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing.
  • Menyelenggarakan urusan kesekretariatan pada Badan Kepegawaian Daerah.

Sementara itu, gaji PNS biasanya disesuaikan dengan golongan yang dimiliki masing-masing PNS, yaitu mulai dari Rp 3.000.000 hingga belasan juta rupiah.

Semakin tinggi golonganmu, maka semakin besar pula gaji yang bakal kamu terima.

Di sisi lain, kamu akan mendapatkan beragam tunjangan yang diberikan setiap bulan, tiga bulan sekali, enam bukan sekali, bahkan setahun sekali.

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan dana pensiun saat habis masa jabatan, sehingga mampu menikmati masa tua dengan tenang.


Baca juga: 20 Prospek Kerja Teknik Mesin Tahun 2021


10. Entrepreneur

Selain bisa bekerja di beberapa perusahaan besar, kamu juga bisa menjadi seorang entrepreneur atau pebisnis, loh. Hal ini dikarenakan jurusan administrasi bisnis sudah dibekali ilmu serta wawasan cukup agar bisa terjun ke dunia bisnis.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu melamar kerja ke berbagai perusahaan. Tetapi, kamu bisa membuka bisnis kamu sendiri, lalu merekrut setiap orang yang memiliki kualifikasi cocok dengan jenis bisnis yang sedang kamu geluti.

Ada banyak sekali bidang entrepreneur yang bisa kamu lakukan sesuai passion yang dimiliki, seperti bisnis di bidang kuliner, bidang jasa, bidang keuangan, bidang pariwisata, serta bidang-bidang lainnya.

Peluang menjadi seorang entrepreneur bagi lulusan administrasi bisnis terbilang sangat besar dan terbuka lebar.

Kamu pun bisa memulai bisnis saat masih duduk di bangku kuliah, lalu mengembangkannya menjadi semakin besar tatkala sudah lulus kuliah.

Seorang entrepreneur juga tentu memiliki tugas dan tanggung jawab penting, di antaranya:

  • Mampu menjalankan kebijakan, tujuan atau goals, serta prosedur bisnis yang sudah ditetapkan.
  • Mampu melakukan pengawasan serta koordinasi di bagian bisnis, keuangan, produksi, dan pengelolaan keuangan pada usaha atau bisnis yang sedang dijalankan.
  • Mampu mengatur pekerjaan karyawan serta melakukan review secara teratur.
  • Mampu melakukan perencanaan dan menjalankan aktivitas usaha yang membutuhkan koordinasi berbagai pihak, seperti melakukan promosi, penjualan, dan menerapkan strategi marketing.
  • Mampu melakukan pemantauan terhadap supplier, serta memastikan mereka bisa bekerja dengan efisien dan efektif sesuai kebutuhan bisnis.
  • Mampu melakukan evaluasi hasil penjualan, aktivitas usaha, serta lainnya agar bisa mengukur pencapaian perusahaan. Sehingga, bisa menganalisa bagian yang memerlukan pengurangan atau peningkatan finansial.

Sementara itu, penghasilan seorang entrepreneur tergantung kepada bisnis yang sedang dijalankan.

***

Beberapa prospek kerja administrasi bisnis di atas bisa kamu pilih dan tentukan sekarang juga agar memiliki pekerjaan sesuai keinginan.

Selain itu, perdalam ilmu dan kemampuan yang mendukungmu bisa masuk ke pekerjaan itu, baik itu saat menerima ilmu di perkuliahan atau melalui berbagai macam seminar dan kegiatan pendukung lainnya.

Setelah melihat prospek kerja jurusan administrasi bisnis, kini kamu bisa yakin untuk masuk ke jurusan ini di berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Begitu pula bagi kamu yang sudah berada di jurusan ini, kamu bisa mulai menyiapkan diri untuk bisa masuk ke salah satu profesi yang kamu inginkan tersebut.

Kalau kamu kini sedang kuliah di jurusan administrasi bisnis, jangan lupa share pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *