prospek kerja administrasi publik

10 Prospek Kerja Administrasi Publik Beserta Tugas dan Gajinya

Kamu kuliah di jurusan administrasi publik? Simak prospek kerja administrasi publik berikut!

Ketika menjadi seorang calon mahasiswa, kamu mungkin masih saja bingung prospek kerja administrasi publik itu apa saja.

Administrasi publik yang saat ini rata-rata masih disebut sebagai administrasi negara di beberapa perguruan tinggi, dikenal cukup digemari.

Rata-rata, peminat jurusan tersebut ingin menjadi seorang PNS ketika lulus, padahal faktanya bukan hanya itu saja prospek kerjanya.

Jika kamu memilih jurusan administrasi publik, di kampus akan diajari tentang pembuatan kebijakan publik, termasuk pengimplementasian serta evaluasinya.

Sudah mulai penasaran apa saja prospek kerja administrasi publik yang bisa kamu raih jika mendalami jurusan tersebut?

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut 10 prospek kerja administrasi publik lengkap dengan apa saja tugasnya dan gajinya.

1. Konsultan Pemerintah

Semakin berkembangnya jaman, tantangan pemerintahan juga semakin kompleks, dan menyebabkan makin banyak masalah dan hambatan menghadang.

Demi roda pemerintahan kembali berjalan dengan baik, masalah dan hambatan tersebut perlu segera diselesaikan.

Untuk hal inilah, konsultan pemerintahan dibutuhkan, tugasnya adalah membuat solusi hingga strategi yang tepat untuk menyelesaikan tiap permasalahan.

Dengan begitu, sistem pemerintahan bisa tetap berjalan dengan baik, dan kepercayaan masyarakat juga tetap tinggi.

Lulusan administrasi publik pasti sudah terbiasa diajarkan bagaimana mengambil strategi yang tepat, karena sudah pandai berpikir kritis.

Apalagi, saat kuliah sudah dibekali dengan pengetahuan teori tentang pemerintahan yang cukup lengkap, sehingga melakukan tata kelola pemerintahan sudah bukan perkara sulit lagi.

Sudah tahu apa saja tugasnya seorang konsultan pemerintahan, kamu mungkin juga akan penasaran dengan berapa gaji yang diterima. Iya, kan?

Kamu bisa dapatkan gaji mulai dari Rp 4,5 juta sampai Rp 10 juta saat menggeluti profesi ini, dan masih bisa makin besar bergantung dengan pengalaman yang kamu miliki.


Baca juga: 10 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat Beserta Tugas dan Gajinya


2. Staf Legislatif

Lulusan administrasi publik sudah terbiasa diajarkan bagaimana mengatur strategi dan menentukan kebijakan yang tepat bagi pemerintahan.

Semua teori yang diajarkan bisa mengarahkan pada kebijaksanaan dalam menentukan strategi yang tepat demi melayani masyarakat dengan prima.

Maka, bukan tidak mungkin lulusan administrasi publik bisa jadi anggota dari legislatif atau parpol karena memang akan cocok dengan apa yang selama ini telah dipelajari.

Selain itu, bisa juga menjadi bagian dari parpol karena ikut serta dalam penentuan kebijakan yang tepat untuk inti pemerintahan, yaitu para anggota legislatif beserta jajarannya.

Lulusan administrasi publik sangat cocok untuk menjadi anggota legislatif baik untuk poros pusat maupun daerah.

Berbekal pengetahuan tentang pemerintahan yang selama ini telah dipelajari, bisa membawa kehidupan masyarakat lebih sejahtera.

Masyarakat pun makin percaya pada kinerja pemerintahan, karena tugas pemerintah pada dasarnya untuk memberikan pelayanan terbaik buat rakyat.

Lagipula, menjadi anggota legislatif ini juga cukup menantang sekaligus banyak keuntungan yang bisa didapatkan, salah satunya bisa bertemu banyak relasi.

Ini kesempatan bagi kamu untuk mengenal lebih banyak orang yang ikut andil dalam pengambilan keputusan pemerintahan.

Saat menjadi anggota legislatif, kamu akan memiliki peluang besar untuk bertemu dengan orang-orang penting di Indonesia.

Kalau tanya masalah berapa gaji yang bisa kamu dapatkan, profesi ini cukup bisa menjanjikan dengan nominal gaji besar.

Diketahui bahwa gaji seorang anggota legislatif berada di kisaran Rp 5 juta sampai Rp 10 juta dan masih bisa lebih tinggi jika pengalamanmu sudah makin banyak.

3. Pegawai BUMN

Jika kamu masih percaya jika lulusan administrasi itu hanya bisa bekerja di sektor pemerintahan, itu salah besar.

Kamu yang berkeinginan bekerja di BUMN atau Badan Usaha Milik Negara, masih bisa kok walaupun berasal dari jurusan administrasi publik.

Misalnya kamu tetap bisa masuk lembaga-lembaga pemerintah seperti kantor- kantor perpajakan atau BUMN sektor keuangan lain misalnya.

Hal itu bisa terjadi karena BUMN ini adalah perusahaan yang masih berada dalam naungan negara yang berarti di bawah pemerintahan bukan?

Perusahaan-perusahaan milik negara tersebut masih ada keterkaitan erat dengan pemerintahan negara pastinya.

Oleh sebab itu, bukan tidak mungkin orang-orang yang bekerja di sana harus juga punya kompetensi di bidang pemerintahan.

Seperti yang kita tahu, jurusan administrasi publik sudah dibekali dengan banyak teori tentang pemerintahan dan menjadi salah satu mata kuliah sehari-hari.

Sampai saat ini, sudah banyak juga kok lulusan administrasi publik yang bekerja di pelayanan perpajakan dan beberapa perusahaan BUMN di sektor keuangan lainnya.

Kalau gaji yang bisa kamu dapatkan, mungkin bergantung pada BUMN masing-masing, yaitu pada kisaran Rp 4.000.000 sampai Rp 6.000.000.

4. Peneliti

Kamu perlu tahu jika Indonesia ini punya sejumlah badan atau lembaga riset, yang ternyata juga memerlukan para lulusan administrasi publik.

Bahkan, kebutuhan lulusan jurusan tersebut terbilang sangat besar, mengingat permasalahan pemerintahan di Indonesia ini cukup kompleks.

Banyak kendala-kendala yang muncul ketika menjalankan roda pemerintahan yang harus diselesaikan secepatnya.

Dengan begitu, pemerintah dapat membuat kebijakan publik yang lebih tepat guna dan menyejahterakan masyarakat.

Untuk itu, pemerintah seringkali minta bantuan pada lembaga-lembaga riset yang ada untuk menetapkan kebijakan yang cocok.

Kamu sebagai lulusan administrasi publik bisa bergabung pada beberapa lembaga riset tersebut untuk menjadi salah satu anggota peneliti.

Tugasnya bisa jadi pemberi masukan yang tepat pada pemerintah sehingga bisa menciptakan suatu birokrasi yang lebih baik.

Masukan-masukan berharga dari lembaga riset tersebut biasanya dijadikan patokan penting pemerintah untuk melakukan serangkaian perbaikan kinerja.

Oleh sebab itu, kamu yang berkeinginan menjadi peneliti juga masih terwujud meskipun berasal dari jurusan administasi publik.

Lagipula, profesi ini cukup seru dan bisa memberikanmu pengalaman yang sangat berharga karena bisa terjun langsung ke masyarakat.

Tidak hanya itu saja, profesi seorang anggota peneliti di beberapa lembaga riset yang bekerjasama dengan pemerintahan juga menjanjikan gaji cukup besar.

Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta dari profesi tersebut, dan bisa lebih besar ketika pengalamanmu semakin banyak.

5. Aktivis LSM/Organisasi Masyarakat

Seperti sudah diketahui semuanya, LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat adalah organisasi sukarela yang bertujuan melayani masyarakat umum.

Dalam penyelenggaraannya, LSM sama sekali tidak mendapatkan keuntungan dari semua kegiatan yang dilakukannya.

Macam-macam lingkup pekerjaan yang harus dilakukan oleh LSM, seperti membela masyarakat tertindas, membantu kehidupan masyarakat yang masih tertinggal, dan lainnya.

Intinya, LSM sebisa mungkin selalu berusaha untuk membangun kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan sejahtera sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Mirip dengan LSM, ormas juga dibentuk bukan semata-mata untuk keuntungan semata serta tujuan politis, namun lebih mengarah pada kesamaan kepentingan di segala bidang.

Contohnya seperti sekumpulan masyarakat yang sama-sama punya minat dan pemerhati di bidang agama akan membentuk ormas keagamaan, atau mungkin di bidang lingkungan hidup, atau bidang-bidang yang lain.

Jangan salah, LSM dan ormas ini juga masuk dalam salah satu prospek kerja administrasi jurusan administrasi publik.

Pasalnya, jurusan administrasi publik ini pasti sudah diajarkan bagaimana mencari solusi atau membuat kebijakan yang ideal demi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, menjadi anggota LSM atau ormas ini juga akan membuatmu semakin memiliki banyak jumlah relasi dari beragam kalangan.

Di samping relasi, kamu juga memungkinkan mendapatkan banyak gaji dan tunjangan ketika mendalami profesi ini dengan baik, yaitu sekitar Rp 3 juta hingga Rp 15 juta.

6. Jurnalis

Siapa bilang lulusan administrasi publik tidak bisa jadi bagian dari profesi jurnalistik, justru banyak dibutuhkan di bidang ini, terutama untuk jurnalistik ranah pemerintah, atau juga bisa jurnalistik yang mengulas topik khusus seperti politik misalnya.

Pasalnya, seorang lulusan administrasi publik sepatutnya memahami dan selalu up to date pada beragam isu pemerintahan dan politik yang terjadi saat ini.

Ketika kamu bekerja menjadi jurnalistik di bidang pemerintahan atau politik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Lingkup kerjanya adalah mampu menganalisa sekaligus melaporkan isu tersebut, termasuk mengembangkan hingga memberdayakan hasilnya.

Menjadi suatu jalan atau solusi terhadap permasalahan yang dihadapi pada suatu pemerintahan agar tidak makin berlarut-larut.

Bagi kamu lulusan administrasi publik yang punya tingkat kepekaan tinggi, kemampuan mendata dengan baik, dan bisa membuat laporan akurat, profesi jurnalis sangat cocok sekali.

Tugas kamu sebagai seorang jurnalis khusus yaitu meliput beberapa berita dan fenomena politik serta pemerintahan.

Bagi kamu yang suka menulis, mengapa tidak tuangkan keahlianmu dalam bidang jurnalistik seperti ini sekaligus menambah wawasan?

Gaji yang ditawarkan pun cukup besar, yaitu sekitar Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000, meskipun nominalnya tergantung dari pengalaman yang sudah berhasil kamu punya.

7. Dosen

Bagi kamu yang suka dengan dunia pendidikan, tidak melulu harus jadi guru kok, bahkan terbuka kesempatan lebar untuk menjadi dosen.

Meskipun berasal dari jurusan administrasi publik, kamu tetap bisa berpeluang menjadi dosen yang mengajar di kampus atau universitas.

Hal ini karena sebelumnya, kamu pasti dibekali dengan banyak sekali pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dengan detail dan rinci.

Ini artinya kamu sudah pasti tahu seluk beluk dunia pemerintahan dari mulai yang paling sederhana sampai kompleks, baik teori sampai yang praktis.

Jadi, bukan tidak mungkin kamu bisa menggunakan bekal seluruh pengetahuan yang kamu miliki tersebut untuk diajarkan pada para mahasiswa di kampus.

Selain bisa menularkan ilmu pemerintahan pada lebih banyak generasi muda, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari menjadi tenaga pendidik seperti dosen.

Misalnya dengan saling bertukar ide dan solusi tentang pemerintahan, dengan tujuan sama-sama membangun pemerintahan yang lebih baik.

Lagipula, tenaga pendidik adalah salah tugas mulia, tidak sedikit orang yang punya keinginan untuk menjadi guru maupun dosen.

Selain itu, seorang dosen memiliki gaji kisaran Rp 4 juta hingga Rp 6 juta, tergantung pengalaman serta tingkatan yang dimiliki.


Baca juga: 20 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Peluang, Tugas, dan Gajinya


8. Bekerja Di Lembaga Keuangan

Di Indonesia, ini cukup banyak lembaga keuangan yang berkembang pesat, salah satu yang paling diminati adalah perbankan.

Banyak lulusan sarjana yang ingin bisa bekerja menjadi seorang pegawai perbankan, entah berasal dari jurusan apapun.

Jangan dikira yang bisa kerja di area perbankan adalah orang-orang dari lulusan keuangan saja, tidak seperti itu.

Kamu yang lulusan administrasi publik pun punya kesempatan sama besarnya dengan lulusan keuangan untuk berebut kursi profesi perbankan.

Apalagi sekarang dunia perbankan di Indonesia sedang berkembang pesat, sehingga membutuhkan banyak sekali karyawan.

Kamu sebagai lulusan administrasi publik sebenarnya punya kompetensi cukup untuk bisa masuk menjadi salah satu pegawai bank.

Saat kamu belajar di kampus, pasti diajarkan macam-macam materi, artinya tidak hanya berfokus pada bidang pemerintahan saja.

Ada kalanya kamu juga diajarkan tentang beberapa hal terkait keuangan, sejumlah perhitungan, dan lainnya.

Dengan begitu, ilmu tersebut bisa kamu gunakan untuk terjun ke dunia perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

Lagipula, segala perhitungan dan materi keuangan yang diajarkan tidak jauh beda antara untuk umum dan sektor publik.

Kalau masalah gaji, dunia perbankan menawarkan gaji yang cukup besar, yaitu mulai dari Rp 4.000.000 dan akan semakin besar tergantung pengalaman yang dimiliki.

9. Bekerja di Perusahaan Swasta

Tidak mau jadi bagian pemerintahan, kamu juga masih bisa kok bekerja di beberapa perusahaan swasta di Indonesia.

Meskipun kamu berasal dari lulusan administrasi publik, kamu sebenarnya masih berpeluang untuk bekerja di perusahaan swasta.

Selama kuliah, pastinya kamu terbiasa diberikan banyak materi tentang problem solving untuk suatu permasalahan.

Selain itu, kamu juga sering diberikan kasus untuk kemudian mencari solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

Beberapa pekerjaan tersebut bisa kamu lakukan juga jika bekerja di perusahaan swasta yang ada Indonesia.

Selain itu, kamu juga pasti diberikan materi tentang keuangan yang bisa kamu jadikan acuan mendalami profesi bagian keuangan perusahaan.

Tidak hanya di bagian keuangan, kamu juga berkesempatan menjadi bagian dari HRD yang berperan dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan.

Bukan hanya mengelola saja, bagian HRD di perusahaan juga ikut serta dalam rekruitmen pegawai, menciptakan lingkungan kerja nyaman, hingga mengatur kenaikan jabatan pegawai.

Kalau masalah gaji, tergantung dari perusahaan swasta mana yang kamu pilih, serta jabatan apa yang kamu sandang.

Jadi, dapat diperkirakan bahwa gaji yang akan didapatkan mulai dari Rp 4.500.000.


Baca juga: 10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Paling Diminati


10. Anggota Partai Politik

Kamu pasti sudah tahu jika salah satu penggerak roda pemerintahan adalah partai politik, sehingga menjadi bagian dari partai politik bisa dibilang memegang peranan yang sangat penting.

Melalui partai politik, memungkinkan siapa saja untuk menyalurkan aspirasinya dengan lebih mudah dan sesuai misi dan visi parpol tersebut.

Menjadi anggota partai politik tidak bisa sembarangan orang, paling tidak yang mengerti dan paham betul tentang pemerintahan.

Sementara lulusan administrasi publik ini dikenal sudah sangat paham dan mengerti seluk beluk dunia pemerintahan. Mulai dari bagaimana sistem pemerintahan, ikut serta dalam proses pemecahan masalah pemerintahan, dan lain sebagainya.

Selain itu, ikut partai politik juga akan memberikanmu banyak relasi baru, dan sama-sama memiliki keinginan yang sama.

Kamu bisa mulai dengan menjadi anggota partai politik dulu sebagai media pembelajaran supaya lebih paham situasi dan lingkup pekerjaannya.

Jika memang sudah cukup berpengalaman, kamu bisa mengambil langkah yang lebih maju, yaitu menjadi seorang aktivis.

Menjadi seorang anggota maupun aktivis parpol ini juga merupakan salah satu prospek kerja jurusan administrasi publik.

Gaji yang bisa kamu dapatkan tergantung dengan jabatan yang sedang kamu miliki, yaitu mulai dari Rp 4 juta atau lebih, tergantung pengalaman yang kamu miliki.

***

Itulah informasi lengkap tentang apa saja prospek kerja administrasi publik yang bisa kamu ketahui dan jadikan referensi di masa depan.

Mulai sekarang, jangan hanya menganggap jika lulusan jurusan tersebut hanya bisa bekerja di lingkup pemerintahan saja, ya.

Ada banyak prospek kerja yang cukup menjanjikan yang bisa kamu pilih begitu kamu lulus dari dunia perkuliahan.

Sebagai saran saja, jangan hanya mementingkan soal gaji saja, melainkan cari lebih banyak relasi dan pengalaman, serta kebermanfaatan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Ingat, menggeluti profesi apapun, gaji yang kamu terima akan bergantung pada seberapa banyak pengalaman yang berhasil kamu dapatkan, dan juga kebermanfaatan yang dapat kamu hasilkan.

Kalau kamu kini sedang bingung mau ambil jurusan ini atau tidak, maka tidak perlu bingung lagi.

Atau, kamu sedang menempuh di jurusan administrasi publik, atau mungkin sudah bekerja di bidang ini, jangan lupa sharing pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *