prospek kerja ilmu komunikasi

20 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Peluang, Tugas, dan Gajinya

Kamu kuliah di jurusan ilmu komunikasi? Simak ulasan lengkap prospek kerja ilmu komunikasi, peluang, tugas, serta gajinya berikut ini!

Di dunia perkuliahan, kamu pasti mengenal jurusan ilmu komunikasi yang masuk dalam rumpun soshum (sosial dan humaniora).

Jurusan ini merupakan program studi yang mempelajari tentang bagaimana proses penyampaian pesan agar mencapai sasaran yang dituju secara efektif.

Di dalam jurusan ilmu komunikasi, terdapat beberapa ilmu turunannya, seperti Jurnalistik, Periklanan, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Humas), Desain Komunikasi Visual, dan lainnya.

Jurusan ilmu komunikasi terkenal dengan prospek kerjanya yang sangat luas.

Apa sajakah itu?

Berikut ini 20 prospek kerja ilmu komunikasi, peluang, tugas, dan gajinya yang harus kamu ketahui!

1. Penyiar Radio

Peluang kerja menjadi seorang penyiar radio bagi lulusan ilmu komunikasi yang cakap dan terampil, tentu sangat besar dan luas.

Radio masih digemari oleh banyak masyarakat luas, sehingga kamu masih bisa eksis dan mencapai cita-cita menjadi seorang penyiar radio tersebut.

Para penyiar radio akan bertugas untuk menyampaikan informasi atau berita terhangat kepada para pendengar radio tersebut, baik itu informasi seputar berita terkini, hiburan, politik, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, gaji yang akan kamu dapatkan saat menjadi penyiar radio yaitu mulai sekitar Rp 3 juta.

Gaji tersebut tentu akan semakin meningkat seiring dengan pengalaman dan keterampilan kamu ketika melakukan pekerjaan.


Baca juga: 10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Paling Diminati


2. Public Relation

Public relation merupakan seseorang yang bekerja untuk menjadi perwakilan suatu merek atau perusahaan agar bisa terjalin hubungan baik, serta menjalin citra perusahaan beserta merek dengan para pelanggan maupun audiens.

Peluang kerja menjadi public relation bagi lulusan ilmu komunikasi juga terbilang sangat luas loh, terutama bagi kamu yang mengambil studi Hubungan Masyarakat (Humas).

Sebab, seorang public relation akan bertugas untuk menulis berita atau siaran pers yang mempromosikan produk atau jasa tertentu.

Lalu, mereka juga dituntut untuk bisa merencanakan serta mengarahkan program Hubungan Masyarakat (Humas), aktif mengumpulkan kegiatan dana, serta membuat laporan hasil pekerjaan.

3. Advertising

Prospek kerja ilmu komunikasi juga berpeluang besar di dunia advertising atau periklanan.

Seseorang yang bekerja di bidang ini mesti bisa menawarkan sebuah iklan produk di berbagai saluran media, seperti TV, radio, majalah, billboard, website dan lain sebagainya.

Tujuannya tentu saja untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki oleh kliennya.

Selain itu, tugas seorang advertising adalah membuat analisa data penjualan, membuat laporan pekerjaan, membuat rincian perkiraan biaya, memproses dokumen periklanan, dan masih banyak lagi.

Gaji rata-rata seorang advertising adalah sekitar Rp 3 juta sampai Rp 6 juta, tergantung pengalaman dan posisi yang ditempati.


Baca juga: 10 Prospek Kerja Hubungan Internasional, Tugas, dan Gajinya


4. Wartawan

Wartawan merupakan pekerjaan yang terbuka luas bagi para lulusan Ilmu Komunikasi.

Seorang wartawan bertugas untuk mencari, menulis, dan melaporkan berita atau informasi terkini dari suatu kejadian.

Saat ingin menjadi wartawan, kamu harus bisa berkomitmen untuk berani dan menyajikan informasi atau berita yang tepat kepada khalayak umum.

Bahkan, kamu pun harus siap bekerja di akhir pekan atau waktu libur, sebab wartawan tidak memiliki jam kerja tetap setiap harinya.

Oleh karena itu, gaji seorang wartawan profesional bisa mencapai lebih dari Rp 6 juta. Namun, bagi wartawan pemula, gaji yang akan didapatkan sekitar Rp 3 juta.

5. Presenter

Di jurusan ilmu komunikasi, tentunya kamu sudah belajar mengenai cara berkomunikasi dengan baik di depan umum, kan?

Nah, hal itu membuktikan bahwa peluang untuk menjadi presenter bagi lulusan ilmu komunikasi sangat terbuka lebar.

Seorang presenter akan bertugas untuk membawakan acara maupun event tertentu, bahkan sebagai pembicara di suatu kegiatan resmi maupun non-resmi.

Ketika berhasil menjadi seorang presenter terkenal, kamu akan dikenalkan oleh banyak orang, apalagi jika profesimu adalah seorang presenter televisi.

Sementara itu, untuk informasi gaji yang didapatkan oleh presenter pemula adalah sekitar Rp 3 juta sampai Rp 6 juta.

Namun, jika kemampuanmu sudah meningkat dan dikenal sebagai presenter profesional, gajimu bisa mencapai angka jutaan hingga belasan juga, loh.

6. Redaktur

Selain menjadi seorang wartawan, lulusan ilmu komunikasi juga berpeluang untuk menjadi seorang redaktur.

Redaktur merupakan posisi jabatan keredaksian yang berada di dunia wartawan atau peliputan informasi berita.

Seorang redaktur bertugas untuk menyunting naskah, berita, atau informasi yang didapatkan pada hari itu.

Kemudian, redaktur juga memiliki tugas untuk memberikan pengarahan kepada para reporter terkait peliputan informasi di tempat tertentu.

Rata-rata gaji redaktur adalah sekitar Rp 4 juta dan akan terus meningkat sesuai pengalaman dan kinerjanya sendiri.

7. MC (Master of Ceremony)

Bagi kamu yang hobi berbicara di depan umum, posisi MC alias Master of Ceremony bisa menjadi target profesi setelah lulus kuliah.

MC merupakan seseorang yang bertugas untuk bertanggungjawab dalam memandu suatu acara atau kegiatan tertentu.

Selain memandu dalam suatu acara resmi, kamu bisa juga menjadi MC di acara hiburan untuk mengisi weekend agar lebih bermanfaat.

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang MC adalah mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 6 juta.

Tentu saja, saat berhasil menjadi MC profesional, kamu akan mendapatkan penghasilan lebih besar dan akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

8. Reporter

Prospek kerja ilmu komunikasi di bidang ini berpeluang besar bagi para lulusannya.

Seorang reporter akan bertugas untuk melaporkan berita di lapangan secara langsung, kepada khalayak umum, baik itu dalam bentuk media cetak maupun media online.

Saat kamu berkeinginan untuk menjadi reporter, pastikan untuk melatih skill komunikasi dengan baik dan bekerja cepat saat mendapatkan berita seputar peristiwa terkini.

Sementara itu, gaji yang didapatkan oleh seorang reporter adalah sekitar Rp 3 juta dan akan semakin meningkat tergantung pengalaman yang dimiliki.

9. Juru Bicara

Pekerjaan jubir atau juru bicara menjadi peluang menarik dan terbuka lebar bagi lulusan ilmu komunikasi.

Seorang juru bicara akan bertugas untuk menyampaikan keterangan resmi kepada umum yang mewakili seseorang atau kelompok tertentu.

Kemampuan berkomunikasi baik merupakan skill utama yang mesti dimiliki saat ingin menjadi seorang Juru bicara.

Kemudian, rata-rata gaji yang didapatkan oleh jubir adalah sekitar Rp 3 juta sampai Rp 6 juta, dan akan terus meningkat tergantung pengalaman serta kinerja kerja.

10. Produser

Bagi kamu lulusan ilmu komunikasi yang ingin menjadi seorang produser, kesempatan ini sangat terbuka lebar, loh.

Kamu bisa menjadi seorang produser yang bertugas untuk bertanggungjawab dan mengawasi proses tahapan pembuatan film.

Proses pengawasan itu harus kamu lakukan mulai dari pembuatan ide, pengembangan, hingga publikasi film.

Gaji yang didapat saat bekerja menjadi produser adalah sekitar Rp 5 juta hingga belasan juta tergantung kinerja dan pengalaman sendiri.

Bahkan, seorang produser profesional bisa mendapatkan gaji tinggi setiap selesai proses pembuatan suatu film.

11. Sutradara

Prospek kerja ilmu komunikasi menjadi seorang sutradara juga sangat terbuka lebar bagi para lulusannya yang memiliki skill di bidang perfilman.

Seorang sutradara bertugas dan bertanggungjawab dalam hal pengarahan proses pembuatan film agar sesuai dengan skenario, mulai dari proses produksi hingga film itu siap ditayangkan di layar lebar.

Banyak lulusan ilmu komunikasi yang tertarik untuk menjadi sutradara karena gaji yang ditawarkan sangat besar.

Seorang sutradara profesional bisa mendapatkan penghasilan puluhan puluhan juta rupiah, tergantung seberapa laku film yang ia sutradarai laku di pasaran.

12. Creative Director

Bagi lulusan komunikasi yang suka berkreasi dan mengerjakan proyek, maka kamu cocok untuk terjun ke dunia creative director.

Pekerjaan ini sangat terbuka lebar bagi para lulusan komunikasi, bahkan termasuk fresh graduate sekalipun.

Seorang creative director bertugas dan bertanggungjawab menjadi pemimpin kreatif  di suatu perusahaan pemasaran, publikasi, media hingga website.

Saat menjadi creative director, kamu mesti memiliki beragam konsep dan ide kreatif cemerlang agar bisa bekerja dengan baik, serta mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak.

Sementara itu, rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang creative director adalah sekitar Rp 4 juga hingga Rp 6 juta, dan akan terus meningkat tergantung pengalaman saat bekerja.

13. Program Director

Program director merupakan seseorang yang bekerja sebagai pengarah acara di suatu kegiatan tertentu.

Para lulusan ilmu komunikasi berpeluang besar untuk masuk ke bidang ini, loh.

Nantinya, kamu akan bertugas sebagai orang yang memiliki tanggung jawab dalam memimpin acara maupun program televisi, baik itu siaran langsung maupun siaran ulang.

Seorang program director memiliki gaji rata-rata sekitar Rp 4,5 juga hingga Rp 6 juta.

Tentu saja, gaji yang didapatkan akan terus meningkat sesuai kinerja yang dimiliki.

14. EO (Event Organizer)

Prospek kerja ilmu komunikasi juga terbuka lebar di bidang EO atau Event Organizer, karena pekerjaan ini sangat membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Seorang EO memiliki tugas dan tanggungjawab dan mengadakan berbagai macam acara atau kegiatan, mulai dari lomba, pesta pernikahan, dan lainnya.

Di sini, EO akan bertugas untuk mengurusi kegiatan dari setiap detail acara sampai urusan tamu undangan.

Rata-rata gaji yang didapatkan dari EO atau Event Organizer adalah sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta.

Pendapatan tersebut juga bisa menjadi sangat tinggi tergantung seberapa berkelas jasa EO yang kamu tawarkan.

15. Copywriter

Bagi lulusan ilmu komunikasi yang hobi menulis, kamu memiliki peluang besar untuk menjadi seorang copywriter.

Copywriter merupakan sebutan untuk orang yang melakukan pekerjaan copywriting.

Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk memasarkan serta mempromosikan sebuah barang atau jasa melalui media tulisan.

Sehingga, copywriter memiliki tugas untuk bisa menghipnotis pembaca agar nyaman dan tidak jenuh membaca tulisan yang ditulisnya sampai akhir paragraf.

Gaji rata-rata para copywriter bisa berbeda tergantung perusahaan yang menaunginya, yaitu sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta per bulan.

Namun, bagi kamu yang sudah menjadi copywriter profesional, tentunya sekali menulis terkait promosi produk akan mendapatkan penghasilan lebih besar dari biasanya.

16. Sales

Sales merupakan seseorang yang bekerja untuk menjadi penghubung langsung antara perusahaan dengan konsumen.

Seorang sales memiliki tugas untuk membawa banyak konsumen agar bisa meningkatkan pendapatan perusahaan itu sendiri.

Selain itu, tugas sales lainnya adalah membuat rencana bisnis secara detail untuk mencapai target penjualan, mengelola aktivitas penjualan, membuat rencana penjualan, membuat laporan pekerjaan, sampai menemukan konsumen potensial untuk mendapatkan kesepakatan.

Gaji rata-rata menjadi seorang sales mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 7 juta, dan belum termasuk bonus yang didapatkan ketika berhasil mencapai target penjualan tertentu.

17. Customer Service

Customer service merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mewakili perusahaan dalam memberikan informasi terkait produk atau jasa kepada pelanggan yang menghubungi, serta menanggapi keluhan yang dialami pelanggan seputar produk perusahaan.

Para lulusan komunikasi yang memiliki skill komunikasi yang baik tentu memiliki peluang besar untuk bekerja di sini.

Tugas yang mesti dilakukan oleh CS ini adalah memecahkan masalah yang dimiliki pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, menangani keluhan atau komentar pelanggan, membantu proses pembuatan pesanan, dan tugas lainnya yang bertujuan untuk menjaga nama baik perusahaan.

Gaji rata-rata yang didapatkan oleh customer service adalah mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

18. Business Analyst

Prospek kerja ilmu komunikasi lainnya juga berpeluang besar untuk menjadi seorang business analyst profesional dalam memajukan perusahaan, di mana perusahaan itu pasti membutuhkan banyak analisis data.

Seorang business analyst bertugas untuk melakukan perencanaan, penelitian, serta mengelola data dari bisnis melalui informasi yang didapatkan.

Hasil dari analisa yang dilakukan tentu akan berguna bagi bisnis perusahaan yang sedang dijalankan.

Terkait informasi gaji, para business analyst mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta rupiah.

19. Content Creator

Lulusan ilmu komunikasi berpeluang besar untuk menjadi seorang content creator, baik itu content creator YouTube, Blogger, ataupun di media sosial semacam Instagram, TikTok, dan masih banyak lagi.

Seorang content creator mesti memiliki ide kreatif yang mampu menyihir banyak orang untuk menonton konten miliknya.

Tentu saja, kamu harus memiliki ciri khas konten sendiri agar orang-orang tertarik dan betah menonton konten yang kamu bagikan.

Soal pendapatan, menjadi seorang content creator bisa dibilang akan membangun sebuah channel yang dapat mengalirkan passive income dalam jangka waktu yang lama.

Semakin banyak konten bermanfaat yang kamu hasilkan, maka semakin banyak pula penonton atau pengikut konten kamu.

Semakin banyak pengikut kamu, maka semakin banyak pula peluang pendapatan yang bisa kamu peroleh, bisa dari Google Adsense, endorsement, penjualan produk, dan masih banyak lagi.


Baca juga: 10 Prospek Kerja Administrasi Publik Beserta Tugas dan Gajinya


20. Dosen

Prospek kerja ilmu komunikasi tidak lepas dari bidang pendidikan, yaitu menjadi seorang dosen.

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di bidang pendidikan, tentu bisa menjadi seorang dosen di jurusan ilmu komunikasi sendiri.

Namun, untuk menjadi seorang dosen, kamu mesti melanjutkan pendidikan lagi, minimal sampai program magister atau S2.

Tugas dosen ilmu komunikasi adalah menyiapkan materi pembelajaran terkait ilmu komunikasi publisitas atau advertising, komunikasi media sosial, dan komunikasi seni.

Selain itu, dosen juga memiliki kewajiban untuk melakukan uji wawasan, mencatat kehadiran mahasiswa, hingga membuat laporan hasil belajar mahasiswanya sendiri.

Perihal rata-rata gaji yang didapat oleh dosen tentu berbeda sesuai tingkatan dan pengalaman kerja masing-masing.

Perkiraan gaji yang didapatkan mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 6 juta.

***

Bagaimana?

Setelah mengetahui prospek kerja ilmu komunikasi di atas, tentunya kamu sudah bisa memutuskan untuk berkuliah di jurusan ini, bukan?

Kamu bisa memilih jurusan ilmu komunikasi di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang sudah menjadi target sejak dulu.

Bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa ilmu komunikasi, pelajarilah satu mata kuliah yang paling kamu sukai, sembari meningkatkan kemampuan yang dimiliki agar bisa masuk ke perusahaan atau bidang pekerjaan yang kamu inginkan.

Dengan begitu, kesempatan bekerja setelah lulus kuliah bisa menjadi kenyataan berkat kerja keras yang kamu lakukan sebelumnya.

Itulah beberapa informasi terkait prospek kerja ilmu komunikasi yang perlu kamu ketahui agar bisa dijadikan referensi untuk masa depan kamu.

Kalau kamu sudah bekerja di salah satu bidang ilmu komunikasi, jangan lupa sharing pengalaman di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *