prospek kerja teknik informatika

20 Prospek Kerja Teknik Informatika beserta Tugas dan Gajinya

Mau kuliah di jurusan teknik informatika? Berikut 20 prospek kerja teknik informatika yang wajib kamu tahu!

Sampai saat ini, masih banyak loh yang bertanya-tanya terkait apa saja prospek kerja teknik informatika, dan mungkin salah satunya adalah kamu.

Padahal, jurusan kuliah yang satu ini sudah cukup familiar dan banyak peminatnya.

Meskipun begitu, sebelum menentukan untuk masuk jurusan informatika, tentunya kamu harus tahu dulu seperti apa prospeknya di masa depan.

Apakah cukup tinggi peluang kecrjanya, kariernya terjamin, gajinya bagaimana, dan segala hal lain yang perlu kamu pertimbangkan.

Nah, oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk memberikan informasi soal prospek kerja teknik informatika akan mengarah ke mana saja.

Tapi sebelumnya, sebaiknya kita pahami dulu tentang apa itu teknik informatika, apa saja mata kuliahnya, tempat kuliahnya di mana, dan lain sebagainya.

Apa itu Teknik Informatika?

pengertian teknik informatika
itpln.ac.id

Teknik Informatika seringkali dikaitkan dengan ilmu komputer. Padahal sebenarnya, keduanya adalah ilmu atau jurusan kuliah yang berbeda.

Pada dasarnya, Teknik Informatika adalah program studi yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer serta analisa matematis untuk pengembangan, desain, pengujian, dan evaluasi software dan sistem operasi komputer.

Pada jurusan ini, kamu nanti akan diajari bagaimana menghasilkan ide kreatif, lalu merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, serta menciptakan struktur instruksi yang detil dalam bahasa pemrograman.

Seorang mahasiswa Teknik Informatika tentu dituntut untuk menjadi ahli dalam hal sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan dasar sistem operasi tetap bekerja dengan baik.

Secara sederhananya, selama kuliah, kamu akan banyak mendalami pemrograman dan komputasi. Yang lebih kerennya lagi kamu juga diajari untuk bisa merancang sebuah software atau aplikasi.

Mata Kuliah Teknik Informatika

Secara umum, berikut mata kuliah yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Teknik Informatika.

Algoritma & Struktur DataSistem Operasi
Logika InformatikaStrategi Algoritma
Probabilitas dan StatistikaPemrograman Berorientasi Objek
Rekayasa Perangkat LunakArtificial Intelligence
Pemrograman InternetKalkulus
Dasar Dasar PemrogramanSistem Komputer
Teori KomputasiMetode Pengembangan Software
Sistem JaringanData Mining
Database dan Sistem InformasiKriptografi
Etika & Hukum CyberIntelegensia Buatan
Basis Data

Prospek Kerja Teknik Informatika

Dari pengertiannya saja sudah kelihatan, bahwa mahasiswa Teknik Informatika nantinya akan banyak berkutat dengan perangkat komputer dan bahasa pemrograman.

Untuk menguasai ilmu informatika, setidaknya kamu perlu memahami logika dan matematika. Karena, pemrograman itu sendiri adalah bentuk perwujudan dari matematika dan logika (algoritma).

Kalau kamu memang tertarik dengan dunia teknologi dan informasi, menggemari dunia komputer, tertarik untuk mengembangkan sebuah software atau aplikasi, maka program studi Teknik Informatika sangat cocok untuk jadi pilihan kamu.

Selain itu, prospek kerja Teknik Informatika juga terbilang sangat terjamin di masa depan. Pasalnya, semakin hari, dunia teknologi informasi semakin berkembang, dan banyak perusahaan yang menyeriusi bisnisnya di dunia digital.

Maka, tenaga dari lulusan Teknik Informatika tentunya sangat dibutuhkan.

Lalu, apa saja prospek kerja Teknik Informatika? Apa saja profesi dan tugasnya? Bagaimana dengan gajinya?

Berikut ini 20 prospek Teknik Informatika yang bisa kamu jadikan sebagai acuan.

1. Front End Developer

Prospek kerja teknik informatika yang pertama adalah menjadi front end developer. Tugas seorang front end developer adalah mengerjakan program.

Dalam hal ini, program yang akan kamu kerjakan bakalan langsung disaksikan loh oleh para pengguna.

Nah, biar bisa bekerja sebagai seorang front end developer, kamu mesti belajar CSS, HTML, serta pemrograman JavaScript.

Kalau CSS bakalan dipakai buat memperindah viewnya sebuah website. HTML sendiri buat mengatur kerangka website, dan terakhir adalah pemrograman JavaScript. Bagian ini bakalan dipakai buat functional dari websitenya itu sendiri.

Selain itu, tugas lain yang harus kamu tunaikan adalah menguasai salah satu dari framework seperti Vue, React, dan lain sebagainya.

2. Blogger

Kalau kamu adalah lulusan dari teknik informatika, dan kebetulan suka dunia tulis menulis, maka menjadi blogger bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Karena kamu bisa kerja dari rumah dan nggak perlu ngikutin atasan. Karena kamu yang bakalan mengatur jadwal kerja sendiri.

Karena bagaimanapun, menjadi seorang blogger memang terbilang gampang-gampang susah. Dan bakalan lebih mudah ketika yang terjun ke dunia blogger adalah anak teknik informatika.

Why? Ya karena kamu punya dasar, salah satunya adalah ngreti HTML. Iya kan?

Untuk penghasilan seorang blogger sendiri terbilang sangat beragam.

Bagi pemula ya pasti masih kecil. Tapi kalau kamu mencoba buat berusaha lebih keras, pasti penghasilan tersebut bakalan bertambah terus.

Jadi, nggak ada batas maksimal penghasilan seorang blogger. Bagaimana, keren kan?

3. Back End Developer

Prospek kerja teknik informatika yang selanjutnya adalah back end developer. Kalau tadi front end developer, maka yang satu ini adalah back end developer.

Nah, kalau yang front end developer kan para programmer yang kerjanya di depan layar, maka kalau yang back end developer sebaliknya. Kamu bakalan bekerja di belakang layar.

Kalau berada di posisi ini, kamu pasti nggak asing dengan berbagai istilah seperti Ruby, Java, Python, dan lain sebagainya.

So, buat kamu yang ngerasa punya minat di sini, nggak ada salahnya buat menyiapkan diri ya!

4. Desainer Grafis

prospek kerja teknik informatika
pikiran-rakyat.com

Bagi lulusan teknik informatika, menjadi desainer grafis juga termasuk salah satu prospek kerja yang sangat menguntungkan loh.

So, kalau kamu punya kemampuan dan kecintaan di bidang ini, bisa banget dimanfaatkan.

Dalam hal ini, kamu bisa menjadi freelancer desain grafis. Kamu bisa mendesain banyak hal, mulai dari tipografi, fotografi, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu bahkan bisa kerja di berbagai perusahaan dan agensi mana saja yang menyediakan lowongan pekerjaan desainer grafis.

Intinya, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis, entah itu untuk kebutuhan membuat logo, desain produk, iklan, dan lain sebagainya.

Intinya mah tinggal memenuhi kebutuhan klien aja. Kamu bisa menggunakan aplikasi desain seperti Corel, Ilustrator, dan yang lainnya.

Untuk penghasilan seorang desain grafis juga beragam ya. Ini juga dilihat dari skill dan pengalaman kamu dalam dunia desain grafis. Semakin tinggi jam terbang kamu, tentu harga akan mengikuti.

5. Full Stack Developer

Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah full stack developer. Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang berbasis IT ya. Jadi, pekerjaan bisa menjadi salah satu prospek kerja informatika.

Untuk full stack developer sendiri bisa kerja di depan layar atau belakang layar.

Secara garis besar, full stack developer adalah seseorang yang bisa bekerja di depan maupun belakang layar, atau bisa merangkap tugas sebagai back end dan front end developer.

Jadi, kamu mampu bekerja dengan PHP, javascript, java, database, sekaligus bida juga mengkonversi desain ke dalam kode pemrograman seperti HTML, CSS, XML.

Nah, untuk profesi satu ini, kamu akan bertanggung jawab buat mengembangkan berbagai pekerjaan loh, termasuk di dalamnya system engineering, database, dan lain sebagainya.

6. Android Developer

Android developer ini adalah orang yang bisa merancang dan membuat aplikasi di android. Hal ini supaya aplikasinya bisa diakses oleh para user yang memakai sistem operasi Android.

Melihat perkembangan Android saat ini tentu menjadikan posisi ini sangat menguntungkan bagi anak teknik informatika.

Dan biasanya nih, kalau mau jadi Android developer, kamu harus menguasai yang namanya bahasa pemrograman kotlin ataupun java.

Kamu juga mesti mampu berkolaborasi dengan UX designer. Kenapa? Ya buat menguji kelayakan dari software yang kamu buat. Apakah softwarenya friendly atau nggak.

7. iOS Developer

Kalau iOS Developer mah nggak beda jauh deh dengan Android developer. Sama-sama membuat aplikasi, namun beda di sistem operasinya saja.

Kalau Android developer adalah orang yang merancang dan membuat aplikasi buat di Android. Maka iOS developer ya programmer yang akan merancang dan juga membuat software iOS.

Sehingga, kamu harus bisa menguasai bahasa pemrograman objective-C dan swift ya.

Jadi, antara pemrograman yang digunakan dalam Android dan iOS beda. Sehingga, kamu bisa memilih menguasai salah satunya. Tapi kalau menguasai dua-duanya juga nggak masalah sih.

8. SEO Specialist

Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah SEO Specialist. Pekerjaan ini mulai muncul sejak ada mesin pencarian tentunya.

Dan ini adalah peluang yang sangat besar buat kamu yang lulusan teknik informatika dan punya kegemaran buat menulis.

Nah, SEO sendiri merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, alias optimasi mesin pencarian.

Jika kamu akan menjadi seorang SEO Specialist, maka kamu punya tugas buat mendongkrak sebuah konten website agar bisa berada di pencarian paling atas pada keyword tertentu, alias bisa page one.

Hal ini karena tugas SEO yang memang intinya membuat postingan di sebuah website bisa nangkring di halaman pertama.

9. Web Desainer

Saat ini, kemajuan teknologi terus berkembang pesat. Dan perkembangan ini mah nggak bisa lepas sih dari yang namanya website.

Mulai dari yang berkelompok, perorangan, atau malah perusahaan dan organisasi. Nah, agar bisa membuat website yang super friendly, nyaman digunakan user, dibutuhkanlah tenaga web designer.

Kamu akan bertugas untuk merancang tampilan sebuah website supaya menarik dan mudah digunakan oleh para pengunjung.

Dan dalam hal ini, kamu akan berkolaborasi dengan pekerja lainnya, seperti front end developer, UX researcher, dan lain sebagainya. Jadi, jangan lupa buat bersinergi ya!

10. Database Administrator

database administrator
glints.com

Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah database administrator.

Database adalah data yang sangat penting bagi seluruh instansi, perusahaan, organisasi, dan lain sebagainya.

Karena memang, database adalah berbagai informasi penting yang terletak di komputer, dan semuanya pasti penting banget.

Maka, buat mengelola semua databasenya, dipakailah jasa atau tenaga seorang database administrator. Kamu akan ditugaskan untuk melakukan pemeliharaan dan pengelolaan database tersebut.

Selain itu, kamu juga punya tanggung jawab buat melakukan desain database loh, sampai melakukan perbaikan di sebuah basis data.

11. Cyber Security Analyst

Sistem informasi yang dibuat oleh manusia pasti nggak selalu sempurna. Hal ini karena informasi tersebut pasti punya celah keamanan atau yang biasa kita kenal dengan bug ya.

Dan buat mencegah bug ini, atau kejadian lain yang sama sekali nggak diinginkan, maka dibutuhkanlah tenaga dan keahlian dari cyber security analyst.

Agar ketika ada suatu kendala bisa langsung diatasi dan dicegah secara langsung.

Ketika menjadi seorang cyber security analyst, kamu akan melakukan pengujian terhadap sistem keamanan dan juga melaporkan jika memang terdapat  vulnerability atau kerentanan.

12. Data Scientist

Prospek kerja teknik informatika berikutnya adalah data scientist.

Saat ini, pekerjaan satu ini masih tergolong populer loh, bahkan diperkirakan bakalan terus meningkat.

Dalam hal ini, kamu punya tugas buat menganalisis data agar bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Dan buat menduduki posisi ini, tahapannya tentu nggak mudah, karena ada banyak kemampuan yang harus kamu miliki, seperti mengolah data di Hadoop, kemudian pemrograman bahasa R/Python, penggunaan statistik, dan lain sebagainya.

Dan yang paling krusial adalah kamu harus punya logika yang bagus, agar hasil dari analisisnya baik. Karena memang ketajaman analisis sangat dibutuhkan di posisi ini.

13. Software Engineer

Sofware engineer ataupun penembang software pada sistem komputer menjadi salah satu prospek kerja yang sangat diincar oleh para lulusan teknik informatika.

Agar bisa menjadi seorang software engineer, maka akan sangat baik jika kamu menguasai bahasa pemrograman ya, dan pemrograman ini tentu bisa kamu pelajari di jurusan informatika.

Untuk mengambil prospek ini, kamu bisa memilih akan mempelajari yang mana, apakah akan menguasai bahasa JavaScript, Ruby, atau dua-duanya.

14. Computer Forensic Investigator

Prospek yang selanjutnya adalah computer forensic investigator. Pekerjaan ini lebih dikenal dengan nama forensik komputer sih.

Dan ini adalah salah satu cabang dari ilmu forensik yang langsung berkaitan dengan pembuktian legal yang bisa kamu temukan di komputer digital hingga penyimpanan.

Pekerjaan atau jabatan menjadi seorang forensik komputer bisa kamu temukan di perusahaan-perusahaan.

Atau bahkan, kamu juga bisa kok bekerja di sebuah lembaga hukum, salah satunya adalah kepolisian.

15. Software Tester

Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah software tester. Kalau kita artikan, maka software tester artinya adalah penguji perangkat lunak.

Maka, jika kamu menjadi seorang software tester ini, maka kamu akan mempunyai peran untuk urusan pengujian perangkat lunak.

Yang akan kamu uji nantinya bisa dari berbagai segi sih, mulai dari fungsionalnya, unit testing, UX testing, hingga UI testing, dan lain sebagainya.

16. UX Researcher

Prospek kerja teknik informatika lainnya ada apa nih? Nah, prospek lainnya adalah UX researcher.

Kalau kita artikan secara sederhana, maka UX (user experience) researcher ini adalah orang yang bertugas melakukan riset pengalaman pengguna, mulai dari kebiasaan, kebutuhan, atau perilaku pengguna pada sebuah aplikasi atau website..

Dan seorang lulusan dari teknik informatika pasti bisa banget menjadi tenaga UX researcher yang handal. Dalam hal ini, kamu mempunyai tugas melakukan penelitian.

Penelitian ini dilakukan pada produk yang memang harus sesuai dengan kebutuhan pasar ya, nggak bisa asal pilih.

Sehingga, antara seorang UX Researcher di sebuah perusahaan yang satu pasti akan berbeda dengan perusahaan lain.

17. Konsultan IT

Dalam sebuah organisasi atau instansi, pasti selalu membutuhkan tenaga seorang konsultan.

Dalam hal ini, karena mereka membutuhkan masukan-masukan terkait dengan permasalahan sistem informasi yang digunakan.

Nah, konsultan IT ini mempunyai peran buat melakukan evaluasi dan juga perencanaan penerapan IT di sebuah organisasi atau instansi di tempat kamu bekerja.

Peluang kerja satu ini sangat menguntungkan loh. Jadi, kalau kamu memang mampu memberikan solusi kepada perusahaan atau organisasi dari masalah yang berkaitan dengan IT, maka kamu bisa menjadi seorang konsultan IT.

Dan sebelum menjadi seorang konsultan, kamu juga perlu mempelajari skill-skill pendukung lain seperti public speaking misalnya.

Karena bagaimanapun, seorang konsultan kan memang harus mempunyai keahlian berbicara yang baik, karena ia akan menangani klien lalu menyampaikan masukan.

18. Game Developer

prospek kerja teknik informatika
toghr.com

Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah game developer, atau pengembang game.

Sampai saat ini, kita bisa lihat sendiri ya, bahwa dunia game benar-benar sangat pesat perkembangannya.

Di mana, hampir semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, begitu gemar bermain game, dan bahkan bisa menghabiskan separuh waktunya buat main game.

Dari situlah, makin hari semakin banyak game-game bermunculan. Mulai dari mini game hingga game-game berat.

Nah, game yang basisnya online, seperti Mobile Legend, Free Fire, dan lain-lainnya itu sampai sekarang pun masih nge-tren dan seru dimainkan.

Dan perkembangan yang dialami oleh game-game tersebut terbilang sangat signifikan, mulai dari segi tampilan hingga cara bermainnya.

Sehingga, peluang kamu buat menjadi seorang game developer itu cukup besar.

Untuk menjadi seorang game developer, maka kamu mesti memahami dan benar-benar menguasai pemrograman game dan juga algoritmanya ya.

19. System Analyst

System analyst merupakan posisi yang akan ditempati oleh seseorang dengan tugas menganalisis dan mendesain demi menyelesaikan berbagai problem bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Ketika menjadi seorang system analyst, maka kamu akan bertugas melakukan analisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem IT. Selain itu, kamu juga akan membantu proses pengubahan sistem.


Baca juga: 20 Prospek Kerja Teknik Mesin Paling Diminati


20. Cloud Architect

Prospek kerja teknik informatika yang terakhir adalah cloud architect.

Seiring dengan perkembangan dunia internet yang luar biasa, akhirnya membuat sistem penyimipanan awan terus meningkat loh.

Kita sering mendengar sistem penyimpanan ini dengan sebutan cloud.

Saya kira, kamu juga menjadi salah satu pengguna cloud ya? Karena dengan sistem penyimpanan satu ini memang sangat memudahkan kita deh.

Semakin banyaknya penggemar sistem ini akhirnya membuat peluang kerjanya semakin besar.

Jika kamu bekerja sebagai cloud architect, maka kamu mempunyai pekerjaan untuk mendesain aplikasi awan atau cloud-nya, kemudian melakukan manajemen hingga monitoring.

Bukan itu saja, karena kamu juga mesti memiliki pengetahuan mumpuni seputar sistem operasi, baik itu Windows maupun Linux. Kamu juga harus ngerti jaringan, seperti DNS, HTTP, dan lain sebagainya.

Jadi, kalau berminat buat bekerja menjadi cloud architect, maka kamu mesti benar-benar serius dalam mempelajari berbagai hal ya. Hal ini agar pas kerja kamu nggak menemukan kendala yang berarti.

Gelar Akademis Lulusan Teknik Informatika

Dahulu gelar akademis sarjana Teknik Informatika adalah S.T. (Sarjana Teknik).

Namun sekarang, gelar akademis sarjana Teknik Informatika telah diubah menjadi S.Kom. (Sarjana Komputer). Adapun di jenjang magister, gelar akademis Informatika adalah M.Kom. (Magister Komputer).

Tempat Kuliah Teknik Informatika

Berdasarkan data dari BAN-PT, sampai saat ini ada 536 program studi Teknik Informatika yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, terdiri dari 449 program sarjana (S1) dan 87 program diploma (D3).

Nah, dari sekian banyak prgoram Teknik Informatika tersebut, ada 14 kampus yang mendapat akreditasi A.

Kalau kamu memang berniat ingin masuk jurusan Informatika, maka pilihlah kampus yang memang memberikan standar yang baik.

Berikut ini daftar 14 kampus yang menyediakan program studi Teknik Informatika dengan akreditasi A:

  1. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Universitas Telkom, Bandung
  5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  6. Universitas Esa Unggul, Jakarta
  7. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  8. Universitas Surabaya
  9. Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta
  10. President University, Bekasi
  11. Universitas Gunadarma, Jakarta
  12. Universitas Kristen Petra, Surabaya
  13. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  14. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Selain daftar di atas, masih ada banyak perguruan tinggi yang membuka program studi Teknik Informatika.

Kamu bisa mencari kampus pilihan kamu di https://campus.quipper.com/directory.

***

Baiklah, demikian 20 prospek kerja teknik informatika yang bisa menjadi pilihan kamu dalam meniti karier setelah lulus di kuliah jurusan teknik informatika.

Kalau sekarang sedang belajar di informatika, atau sedang bekerja di perusahaan IT, jangan lupa share pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *