prospek kerja teknik mesin

20 Prospek Kerja Teknik Mesin beserta Tugas dan Gajinya

Mau masuk kuliah teknik mesin? Simak ulasan berikut: prospek kerja teknik mesin paling diminati!

Salah satu jurusan yang paling diminati di Fakultas Teknik adalah teknik mesin. Kamu pasti sudah nggak asing dong dengan jurusan ini.

Nah, sebenarnya banyak nggak sih prospek kerja teknik mesin itu?

Tentu pertanyaan ini masih sering menghantui kamu ya, terutama bagi yang baru saja masuk kuliah atau masih mencari-cari informasi seputar program kuliah.

Nah, sebenarnya, ada banyak loh prospek kerja teknik mesin ini. Dari bekerja di industri otomotif, pertambangan, atau menjadi dosen.

Tapi sebelum merinci prospek kerja teknik mesin, kita harus paham dahulu seputar jurusan Teknik Mesin, apa saja mata kuliahnya, dan bagaimana perkuliahannya,

Selain itu, kita juga akan membahas soal gaji lulusan Teknik Mesin dan rekomendasi kampus yang membuka program studi Teknik Mesin untuk referensi kamu.

Apa itu Teknik Mesin?

Jangan dikira, jurusan Teknik Mesin ini hanya berkutat pada persoalan mesin motor, mobil, atau dunia perbengkelan lainnya, ya!

Secara umum, kamu akan belajar prinsip-prinsip dasar fisika dan matematika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, hingga pemeliharaan mesin.

Selain itu, di jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, dan material, dan hal-hal yang berkaitan dengan itu semua.

Dalam dunia kerja, ilmu Teknik Mesin ini akan sangat dibutuhkan di banyak industri, terutama otomotif dan manufaktur.

Sebagai mahasiswa Teknik Mesin, sebaiknya kamu mendalami cabang-cabang ilmu Teknik Mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk selalu update tentang seluk-beluk permesinan, karena mesin tentu akan selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Mesin

Secara umum, mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Teknik Mesin adalah sebagai berikut:

FisikaKalkulus
Kimia DasarPrinsip Rekayasa & Ilmu Kealamiahan Dasar
Aljabar LinierGambar Mesin
Material TeknikStatika Struktur
Matematika TeknikElemen Mesin
Getaran MekanisKinematika & Dinamika
Mekanika Kekuatan BahanStruktur & Sifat Material
TermodinamikaMekanika Fluida
Metrologi Industri & Kontrol KualitasProses Produksi
Statistik & Perancangan PercobaanPerpindahan Panas
Manajemen Perawatan & KehandalanTeknik Pembentukan Logam
Teknik PengukuranMesin Fluida & Perpindahan
Teknik PengaturanPerancangan Produk
Motor Bakar TorakMekatronika
Refrigerasi & Pengkondisian UdaraPraktikum

Prospek Kerja Teknik Mesin

Jika kamu memang berminat untuk mengambil jurusan ini, maka jangan ragu lagi, karena alumni jurusan Teknik Mesin sangat dibutuhkan di berbagai macam industri.

Misal saja di bidang manufaktur, tenaga ahli teknik mesin sangat dibutuhkan untuk bagian perawatan dan pembaharuan mesin industri.

Apalagi di perusahaan otomotif yang memang tidak dapat dilepaskan dari yang namanya permesinan.

Lalu, apa saja prospek kerja teknik mesin? Apa saja profesi dan tugasnya? Berapa gajinya? Daripada bingung, simak saja rinciannya di bawah ini!

1. Peneliti

peneliti mesin
sembada.id

Setiap jurusan saya kira memang mempunyai peluang di bidang penelitian, salah satunya ya jurusan teknik.

Untuk prospek kerja teknik mesin satu ini mah masih berada di jalur pendidikan ya.

So, bagi kamu yang berniat untuk mengambil peluang ini bisa banget loh. Nantinya, kamu bisa menjadi seorang peneliti di bidang permesinan.

Kamu akan meneliti kira-kira kendaraan di masa depannya akan menjadi seperti apa, material yang lebih baiknya seperti apa, hingga menciptakan energi alternatif yang bisa bermanfaat di masa depan.

Kalau kamu mau terjun ke sini dan berada di instansi resmi punya pemerintah, maka kamu bisa mengeceknya di LIPI ya!


Baca juga: Lengkap! 25 Contoh Surat Lamaran Kerja dari Berbagai Jenis Instansi


2. Konsultan

konsultan mesin
konsultan.co

Mungkin, selama ini kita lebih sering mendengar konsultan hukum ya dibandingkan konsultan teknik mesin. Padahal sebenarnya, ada loh pekerjaan konsultan teknik mesin itu.

Bahkan, prospeknya ke depan juga cukup menjanjikan buat kamu yang lulusan teknik mesin.

Dalam hal ini, banyak banget perusahaan yang memang membutuhkan pihak lain, atau pihak ketiga dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di industrinya, terutama di pabrik.

Contohnya: terdapat kerusakan di bagian mesin, produktivitas kurang, banyak produk gagal, dan lain sebagainya.

Nah, masalah-masalah seperti ini nantinya akan dilarikan ke bagian konsultan teknik mesin untuk diberikan solusinya.


Baca juga: 10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Paling Diminati


3. Industri Otomotif

prospek kerja teknik mesin
bisnis.com

Prospek kerja teknik mesin yang ketiga adalah industri otomotif. Dan prospek ini menjadi prospek yang cukup dekat dengan jurusan kamu.

Bahkan nih, kalau kamu iseng bertanya ke masyarakat umum tentang teknik mesin, pasti mereka bakalan kepikiran sama motor, mobil, dan berbagai macam hasil otomotif. betul nggak?

Sehingga, semua lulusan dari teknik mesin pasti bakalan diterima dengan baik di industri otomotif.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah Astra. Astra sendiri merupakan salah satu perusahaan otomotif yang cukup besar

Jika kamu memang ingin berkecimpung di dunia ini, maka Astra bisa menjadi salah satu pilihan atau perusahaan-perusahaan sejenisnya.

4. Insinyur Pengelasan

insinyur pengelasan
ekonomi.bisnis.com

Apakah kamu pernah dengar istilah welding engineer? Nah, kalau diartikan sederhana mah, welding engineer itu insinyur pengelasan.

Dan ternyata nih. dunia pengelasan itu terdiri dari banyak jenis llengkap dengan maknanya yang juga beragam.

Bahkan, pengelasan di bawah air juga ada loh. Dan ini menjadi pengelasan yang terbilang paling ekstrim.

Dan urusan beginian mah urusannya anak teknik mesin. Hanya saja, agar benar-benar bisa mencapai posisi ini, kamu mesti terus mengikuti pelatihan demi memperoleh sertifikasi.

5. Perancang Mesin

Perancang mesin, wah kedengarannya keren ya! Apa kamu tertarik?

Jadi, di dalam teknik mesin kan ada berbagai bidang yang bisa kamu kuasai. Salah satunya ya desain dan juga konstruksi.

Ketika berada di teknik mesin, kamu pasti bakal belajar banyak hal nih. Contohnya adalah bagaimana sih caranya merancang mesin, kemudian menggambarkan modelnya, sampai ke tahap memilih material dan pembuatan?

Sehingga, kalau kamu memang sudah fokus di bidang ini, rasanya sayang banget kalau nggak diambil.

Prospek kerja ke depannya juga bagus banget loh. Yakin nggak ingin menjadi perancang mesin aja?

6. Perminyakan

Prospek kerja teknik mesin yang lainnya adalah di bidang industri perminyakan.

Di industri perminyakan, tentu seorang insinyur perminyakan sangat dibutuhkan.

Misalnya adalah perusahaan minyak yang ada di daerah Arab. Peluang besar ini bisa kamu manfaatkan loh!

7. Dosen Teknik Mesin

Bagi kamu yang ingin memberikan warna baru di dunia teknik mesin, maka kamu bisa menjadi seorang pendidik. Alias, memanfaatkan prospek kerja di jalur pendidikan.

Menjadi dosen teknik mesin tentu akan sangat bagus dan cocok bagi kamu yang memang tertarik untuk menjadi seorang pendidik, guru ataupun dosen.

Hanya saja, agar benar-benar bisa menjadi seorang dosen, kamu mesti melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, setidaknya S2.

Karena memang, kualifikasi dosen saat ini adalah sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang magister. Sehingga, kamu harus menguras otak lagi untuk berpikir dan mencerna pelajaran saat kuliah.

8. Pertambangan

Sampai saat ini, nggak sedikit loh alumni-alumni dari teknik mesin yang bekerja di sektor pertambangan. Misalnya adalah di perusahaan Freeport dan PAMA.

Nah, di industri-industri ini pasti seorang teknik mesin dibutuhkan. pekerjaannya pun nggak jauh berbeda dengan konsultan teknik mesin di pabrik-pabrik.

Di industri pertambangan, pasti banyak sekali mesin-mesin dan alat berat yang membutuhkan perawatan dan perbaikan. Nah, inilah tugas seorang tenaga di bidang teknik mesin.

So, kalau kamu tertarik bekerja di pertambangan, maka prospeknya sudah sangat jelas ya.

Tunggu apa lagi? Persiapkan diri dan pengetahuan kamu.

9. Bagian Produksi Industri

Prospek kerja teknik mesin selanjutnya adalah bagian produksi industri.

Jadi, anak teknik mesin mah kerjanya nggak melulu desain dan kontruksi ya, tapi kamu bisa juga menduduki bagian produksi.

Nah, jika berada pada bidang ini, maka kamu bakalan mempelajari yang namanya proses produksi.

Bukan hanya itu saja, bahkan kamu juga bakalan belajar segala sesuatu yang memang berkaitan langsung dengan proses produksinya.

Selain itu, kamun juga akan mempelajari bagaimana sih caranya membuat produksi berjalan secara otomatis dan terkontrol?

Pokoknya keren banget deh pastinya!

10. Sales

Jika dibandingkan dengan prospek kerja yang lain, tentu prospek kerja satu ini terbilang masih belum begitu populer ya, Meskipun demikian, prospek kerja menjadi sales juga cukup tinggi loh.

Karena yang memahami kondisi produk-produk permesinan ya tenaga di bidang teknik mesin ini. Sehingga, dia bakalan bisa menjelaskan sistem kerja, kelebihan, dan keunggulan dari produk yang dijualnya.

Misalnya adalah sales di bidang alat-alat berat. Meskipun namanya adalah ‘seles’, ini tetap menjadi salah satu prospek kerja teknik mesin.

Untuk menjadi seorang sales, kamu mesti mempunyai skill di bidang marketing dan public speaking, agar perusahaan yang mendengarkan presentasi kamu tertarik dengan alat yang kamu tawarkan.

11. Perusahaan Energi

Sampai saat ini, banyak banget anak-anak teknik mesin yang mendambakan bisa bekerja di perusahaan energi, PLN misalnya.

Dan sudah banyak juga lulusan teknik mesin yang bekerja di PLN. Sehingga, nggak menutup kemungkinan juga buat bekerja di perusahaan-perusahaan energi lainnya.

Maka, agar bisa memasuki perusahaan energi, kamu memang dituntut buat jeli dalam mencari informasi.

Sebab, terlambat sedikit dari tanggal yang ditentukan pasti akan berpengaruh buruk. Hal ini karena persaingannya juga lumayan tinggi.

So, kamu meski gesit dalam menangkal berbagai peluang dan informasi.

12. Pengusaha

Jurusan teknik mesin nggak selamanya bekerja di perusahaan gede ya. Dalam artian, kamu nggak harus bekerja dengan orang lain, kamu bisa membuka usaha sendiri yang berhubungan teknik mesin.

Dan hingga kini, sudah banyak kok para alumni teknik mesin yang justru memilih untuk berkarier di bidang bisnis.

Misalnya adalah dengan menjual produk-produk mesin, onderdil kendaraan, bengkel, dan lain sebagainya. Nah, prospek kerja teknik mesin satu ini cocok banget buat kamu yang memang nggak suka atau nggak mau jadi karyawan.

So, kamu bisa membangun sebuah PT ataupun CV sendiri. Hanya saja, untuk memanfaatkan peluang ini, kamu mesti belajar sedikit banyak tentang bisnis ya. Selain itu, jangan lupa siapkan modalnya juga.

13. Industri Transportasi

Prospek kerja teknik mesin yang selanjutnya adalah industri transportasi.

Prospek kerja yang satu ini menuntut kamu agar dapat merancang hingga memproduksi chasis, body, dan lain sebagainya.

Kamu juga mesti mengetahui berbagai proses pembentukan, misalnya casting, dan deep drawing.

Jika kamu merasa memiliki minat dan sudah fokus pada produksi, maka kamu bisa memanfaatkan prospek kerja di industri transportasi.

14. Kontraktor Gedung

Selama ini banyak yang mengira, bahwa bidang konstruksi hanya bisa diduduki oleh lulusan teknik sipil saja. Padahal mah nggak.

Karena anak lulusan teknik mesin juga bisa kok berada di posisi ini, terutama di proyek-proyek bangunan gedung tinggi.

Dalam hal ini, kamu bisa bekerja di bagian instalasi AC nya, sirkulasi udara, penyimpanan, dan lain hal yang berkaitan dengan permesinan.

Kalau mengandalkan anak teknik sipil untuk mengatasi hal tersebut ya tentu nggak bisa dong. Jadi, konstruksi gedung-gedung bakalan membutuhkan tenaga dan ilmu dari anak teknik mesin.

Bayangin deh, seandainya saja gedung yang tinggi-tinggi tadi nggak ada AC nya, penyimpanan, sirkulasi udara dan lainnya, pasti nggak bakalan ada deh yang mau tinggal di sana.

15. Industri Proses

Pupuk, minyak goreng, semen, tekstur, dan lainnya adalah lahan subur bagi kamu yang lulus dari teknik mesin.

Dan dalam menjalankan tugas kamu di industri ini, kamu pasti akan berdampingan dengan lulusan teknik lainnya.

Ketika bekerja di industri proses, maka kamu akan merancang bagaimana jalannya sebuah proses produksi dan sederet tugas lainnya.

Jika kamu berminat, maka kamu bisa banget mencari perusahaan produksi seperti di atas dan mencari lowongan yang memang sesuai dengan keinginan dan keilmuan kamu.

16. Maintenance Engineer

maintenance engineer
bmrsolutions.co.uk

Setiap industri pasti selalu membutuhkan yang namanya maintenance engineer, alias pemeliharaan mesinnya. Dan ini mah wajib banget dilakukan oleh pelaku industri. Apapun industrinya.

Dan hal ini tentu menjadi peluang yang sangat besar bagi lulusan teknik mesin. Bahkan, tiap tahun posisi maintenance engineer ini banyak dibuka.

Nah, selama kuliah kamu pasti sudah belajar preventif, jenis-jenis pemeliharaan, prediktif, dan lain sebagainya. Dan dengan bekal inilah, kamu bakalan bekerja di bidang maintenance engineer.

17. Bengkel

prospek kerja teknik mesin
wahanahonda.com

Kita nggak bisa memungkiri, bahwasanya masih banyak banget masyarakat kita yang suka merendahkan pekerjaan orang lain, salah satunya ya pekerjaan teknik mesin yang kerjanya di bengkel.

Mereka akan bilang, ngapain kuliah teknik mesin jika ujung-ujungnya malah kerja di bengkel. Kamu pasti sudah nggak asing juga dong dengan cemoohan seperti ini.

Padahal, pekerjaan di bengkel nggak melulu hanya seputar montir saja. Di sana, dengan skill dan ilmu yang kamu punya, kamu bisa mendapat posisi kepala bengkel, instruktur service, service advisor, koordinator, dan kepala mekanik.

Jadi, kalau ujung-ujungnya kamu memang harus kerja di bengkel, tentu posisi kamu bukan di bagian montirnya, tapi bisa saja diposisikan di tempat yang lebih tinggi.

Karena bagaimanapun, pihak bengkel bakalan merasa terhormat loh kalau ada karyawannya yang punya skill dan pengetahuan mumpuni.

Atau, bisa jadi kamu akan menduduki posisi sebagai ownernya. Alias, kamu buka bengkel sendiri. Bisa jadi kan?

18. Perusahaan Alat Dapur

Prospek kerja teknik mesin selanjutnya adalah perusahaan alat dapur. Maksudnya bagaimana? Apa benar alat dapur? Ya beneran dong.

Nggak salah nih? Ya nggak salah loh.

Misal nih, masyarakat atau orang umum ditanya terkait apa sih material yang dipakai ketika membuat perlengkapan dapur?

Masyarakat umum mah dengan santai bakalan menjawab aluminium. Padahal ini kurang tepat, bahkan menjadi jawaban yang kuno banget loh, karena aluminium cuma dipakai buat membuat perlengkapan dapur yang biasa, murah, dan pastinya mudah lengket.

Tapi kalau kamu tanya anak teknik mesin, mereka bakalan jawab ya teflon lah.

Bukan teflon panci goreng yang sudah jadi ya, teflon sendiri adalah sebuah senyawa sintetis yang digunakan sebagai pelapis anti lengket pada berbagai alat dapur, seperti wajan, panci, dan lainnya.

So, anak teknik ngerti berbagai macam material, sehingga cocok buat bekerja di perusahaan alat dapur.

19. Instansi Pemerintah

Prospek kerja yang bagus selanjutnya adalah bekerja di instansi pemerintah.

Jadi, kamu nggak melulu bekerja di sektor swasta ya, karena kamu juga punya peluang kok buat bekerja di industri milik pemerintah.

Caranya ya dengan menjadi karyawan di instansi negara. Misalnya adalah IPTN (Industri Pesawat Terbang Nasional) atau masuk BPTT (Balai Pelatihan Teknik Traksi), karena di instansi ini lulusan teknik mesin sangat dibutuhkan.

Karena merupakan instansi pemerintah, tentu pelamar dan peminatnya sangat tinggi. Banyaknya peminat tentu membuat kamu harus bisa bekerja lebih keras agar bisa diterima di instansi pemerintah ini. Iya kan?


Baca juga: 20 Prospek Kerja Elektronika beserta Tugas dan Gajinya


20. R&D

Prospek kerja teknik mesin yang terakhir adalah R&D (Research and Development). Meksipun belajar teknik mesin, masih memungkinkan kok buat bekerja dan berkarier di perusahaan-perusahaan development.

Contohnya adalah pengembang robot rumah tangga, penembang mobil listrik, dan berbagai produk lain yang memang membutuhkan inovasi dari lulusan teknik mesin.

Pada umumnya, kamu bakalan meneliti kemudian menguji ide pokok, lalu mengembangkannya hingga menjadi sebuah produk baru, dan mendesain ulang produk tersebut.

Dan ketika menjadi R&D, maka tugas kamu bakalan menyesuaikan dengan permintaan perusahaan atau industri tempat kamu bekerja. Karena memang,  tiap industri pasti membutuhkan pengembangan produk yang berbeda-beda.

Selain itu, kamu juga mesti mengembangkan teknologi terbaru, merancangnya, dan mengelola hingga benar benar menjadi teknologi baru yang bisa digunakan.

Dan sebagai R&D, kamu bakalan memimpin tim kamu yang di dalamnya terdapat berbagai anggota, lalu berkolaborasi dengan divisi lain demi mewujudkan produk tadi.

Kamu juga bakalan mengelola jadwalnya loh. So, posisi ini memang nggak mudah. Tapi cukup asyik dan menantang buat anak teknik mesin.

Berapa Gaji Lulusan Teknik Mesin?

Mengutip dari Payscale, gaji rata-rata seorang lulusan Teknik Mesin di Amerika adalah $71,959 per tahun, atau setara dengan Rp1.051.241.835 per tahunnya. Ini update tahun 2021

Besar juga ya kalau di Amerika Serikat. Lalu, berapa gaji rata-rata lulusan Teknik Mesin di Indonesia?

Masih mengutip data dari Payscale, gaji rata-rata lulusan Teknik Mesin di Indonesia adalah 84 juta rupiah per tahun, atau sekitar 7 juta rupiah per bulan.

Namun meskipun begitu, gaji yang dapat diterima sangat bergantung pada banyak hal, seperti di mana kamu bekerja, memegang di posisi apa, seberapa pengalaman yang kamu miliki, dan lain sebagainya.

Gelar Sarjana Teknik Mesin

Ketika kamu lulus strata 1 perkuliahan, kamu tentu akan mendapatkan gelar akademis yang disematkan di bagian depan atau belakang nama kamu.

Adapun gelar sarjana Teknik Mesin adalah S.T. (Sarjana Teknik).

Tempat Kuliah Teknik Mesin

Times Higher Education World University Rankings (THE WUR), sebuah lembaga perangkingan universitas dunia, telah merilis rincian peringkat perguruan tinggi dunia yang berdasarkan pada bidang keilmuan, THE WUR by subject 2021.

Perangkingan tersebut didasari oleh penilaian dari 5 indikator, yaitu: citations (sitasi), industry income (pendapatan industri), international outlook (pandangan internasional), research (riset), dan teaching (pengajaran).

Dalam bidang ilmu engineering atau teknik, THE WUR by subject 2021 merinci peringkat universitas dalam berbagai bidang ilmu teknik, seperti teknik umum, teknik mesin, teknik listrik dan elektronik, teknik sipil, teknik kimia, dan ruang angkasa.

Pada rilisan tersebut, ada sekitar 1098 peringkat perguruan tinggi dalam bidang ilmu teknik, dan 8 di antaranya adalah perguruan tinggi dari Indonesia.

Apa sajakah itu?

  1. Institus Teknologi Bandung (peringkat 600-801)
  2. Universitas Indonesia (peringkat 600-801)
  3. Universitas Gadjah Mada (peringkat 801-1.000)
  4. Universitas Padjadjaran (peringkat 801-1.000)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat 801-1.000)
  6. Universitas Brawijaya (peringkat 1.001+)
  7. Universitas Diponegoro (peringkat 1.001+)
  8. Telkom University (peringkat 1.001+)

Berdasarkan data peringkat tersebut, bisa dipastikan bahwa kampus-kampus di atas bukanlah sekolah yang bisa dipandang sebelah mata. Dengan memilih kampus unggulan, tentu prospek masa depan kamu akan lebih terjamin.

Tapi, kalau kamu ingin referensi kuliah yang lain pun juga tidak masalah. Semuanya kembali pada kemauan dan minat kamu.

Selain 8 kampus di atas, ada banyak sekali kampus-kampus di Indonesia yang membuka program studi Teknik Mesin. Kamu bisa menjelajahinya di https://campus.quipper.com/directory.

***

Oke, itulah dia 20 prospek kerja teknik mesin yang harus kamu pertimbangkan ketika sudah lulus.

Jadi, melihat jumlah prospeknya yang banyak tentu bukan waktunya lagi khawatir buat kerja apa dan dimana ya.

Karena peluangnya sebanyak itu gitu loh. Mulai dari bekerja di perusahaan swasta hingga instansi pemerintah, ada semua.

Bahkan, karena besarnya peluang kerja teknik mesin, ada yang malah pindah-pindah kerja dari perusahaan yang satu dengan yang lain. Tapi ya kalau bisa mah jangan suka pindah-pindah pekerjaan ya!

Kalau kamu punya pengalaman bekerja di bidang teknik mesin, jangan lupa sharing pengalaman di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *