sekolah bisnis terbaik di indonesia

10 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Mau tau daftar 10 sekolah bisnis terbaik di Indonesia? Simak ulasan berikut ini ya!

Ketika akan terjun ke dunia bisnis, ada banyak hal yang mesti kamu ketahui. Jadi, sebaiknya jangan asal terjun aja tanpa ada persiapan pengetahuan dan perencanaan, karena hasilnya pasti bakalan ‘terjun bebas’.

Dan kurangnya ilmu tentang bisnis inilah yang akhirnya menjadi pemicu utama banyak pebisnis yang harus gulung tikar.

Maka, tepat banget kalau kita katakan bahwa perlu punya ilmunya kalau mau berbisnis. Baik itu ilmu soal produk yang akan kita jual, maupun ilmu tentang strategi bisnis, manajemen, marketing, dan berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu bisnis.

Nah, di mana kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu bisnis tersebut?

Ya di mana lagi kalau bukan dari sekolah bisnis?

Lalu, di mana saya bisa temukan sekolah bisnis yang bagus dan berkualitas?

Simak ulasan berikut ini: 10 sekolah bisnis terbaik buat kamu yang ingin menekuni di bidang bisnis!

1. Institut Teknologi Bandung

sbm itb
itb.ac.id

Sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang pertama adalah Institut Teknologi Bandung. Siapa sih yang nggak kenal ITB? Saya rasa kenal semua ya!

Karena memang, selain menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia, ITB juga menjadi kampus terbaik, terkeren, dan terfavorit di Indonesia. Sehingga, nggak heran kalau banyak anak SMA yang mendambakan bisa kuliah di sini.

Namanya memang Institut Teknologi ya, tapi keunggulannya di bidang bisnis juga nggak bisa diragukan.

Apalagi nih, di ITB tuh ada banyak jurusan yang cukup beragam, salah satunya ya jurusan bisnis dan manajemen.

Nah di ITB sendiri, ada yang namanya program MBA yang sudah ada sejak tahun 1990, dan lambat laun, program ini digabungkan dengan jurusan manajemen tadu, sehingga namanya tuh jadi Sekolah Bisnis Manajemen ITB.

Dari namanya aja kedengeran keren banget kan?

Bagi kamu yang beneran pengen belajar bisnis dari akar-akarnya, ITB bisa menjadi pilihan yang paling tepat, karena jurusan bisnisnya ada dari tingkat S1, S2, sampai S3 loh!

Nah kalau di S1, nanti nama jurusannya adalah Manajemen dan Kewirausahaan, S2 ada Master of Business Administration dan juga Master of Science in Management, sementara program doktoralnya adalah jurusan Ilmu Manajemen.


Baca juga: Pengertian Bisnis Online, Jenis-Jenis, dan Cara Memulainya


2. Universitas Indonesia

taman makara ui
Taman Makara FEUI /wikipedia.org

Sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang kedua adalah Universitas Indonesia.

Kampus satu ini mah nggak kalah kerennya sama kampus ITB ya. Kalau kamu ingin sekolah di Universitas Indonesia ini, maka kamu bisa memilih tiga konsentrasi, ada akuntansi, ilmu ekonomi, dan manajemen.

Kalau menurut Eduversal mah, UI menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia loh.

ketika kamu ingin belajar intensif terkait ilmu bisnis, maka konsentrasi manajemen cocok deh buat kamu.

Sementara kamu yang tertarik mempelajari bisnis syariah juga terseda bisnis Islam loh. Hanya saja, untuk biayanya memang tergolong besar ya, karena jenjang S1 saja membutuhkan biaya sebesar 25 jutaan rupiah. Waw!

Dengan biaya segitu, ya sebandinglah dengan ilmu dan fasilitas yang akan kamu dapatkan.

Bahkan, masih ada kok kampus yang membanderol jurusan bisnis dengan harga di atas 25 juta.

Nah, kampus ini juga yang sudah mencetak Dian Sastro menjadi seorang pebisnis handal. Dia menuntaskan pendidikan magisternya dengan jurusan manajemen di UI loh!

3. Universitas Gadjah Mada

feb ugm
luthfan.com

Universitas Gajah Mada menjadi universitas tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. Jadi, ngga usah diragukan lagi soal kualitasnya, karena UGM sudah menjadi legenda-nya di Indonesia.

Dan, kampus besar ini juga menyediakan sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Di sini, kamu akan menemukan jurusan Manajemen dan Bisnis yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Yang kerennya adalah, UGM menerima mahasiswa mancanegara sebanyak 150 orang setiap tahunnya loh. Jadi jelas banget, bahwa jaringan UGM sudah bukan lagi nasional, tapi sudah merambah hingga ke international.

Untuk jurusan yang ditawarkan juga beragam dengan jenjang yang juga beragam. Mulai dari strata satu, hingga strata tiga.

Nah, kalau di UGM, ada program yang namanya MBA, dan program ini menjadi salah satu program yang sangat diincar dan diminati oleh mahasiswa yang duduk di jenjang S2.

Maka, kalau kebetulan kamu sudah kerja nih, tapi tetap ingin mengikuti program ini, bisa banget kok!

Karena kamu bisa memilih executive A yang jam belajarnya tuh malam hari di tiap hari kerja. Atau, kamu juga bisa ngambil yang executive B, dengan jam belajarnya ya hari Sabtu doang.

So, kesempatan emas ini cocok banget buat kamu yang tertarik di dunia bisnis tapi sudah bekerja. Kapan lagi kan bisa kerja sambil kuliah?

4. IPMI International Business School

sekolah bisnis terbaik di indonesia
zonamahasiswa.com

Sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang selanjutnya adalah IPMI International Business School.

Tanpa dikasih tahu mah, kamu pasti sudah tahu kalau sekolah satu ini adalah sekolah bisnis. Iya kan? Secara, dari namanya aja udah kelihatan gitu.

Nah, IPMI International Business School ini merupakan sekolah swasta ya, beda dengan yang sebelum-sebelumnya.

Namanya memang nggak sepopuler kampus-kampus di atas, tapi tetap saja, IPMI ini patut masuk ke dalam 10 daftar sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Alasannya? Simple sih, IPMI sudah terkenal sebagai sekolah bisnis terkemuka dalam mempersiapkan eksekutif senior untuk kesiapan global.

Ini sih keren banget!

Jadi, kalau kamu berniat kuliah bisnis di kampus swasta, maka IPMI bisa menjadi pilihan loh. Lokasinya ada di Jakarta Selatan.

Dan di sini, kamu nggak cuma bisa ngambil program S1, tapi ada juga S2 loh. Biar ilmunya lebih mantap, ya bagusnya sampai program magister ya.

Kalau program S1, jurusannya tuh ada akuntansi, keuangan, manajemen, kewirausahaan, dan bisnis internasional. Sementara program magisternya ada master of management.

5. Universitas Diponegoro

feb undip
undip.ac.id

Sekolah berikutnya adalah Universitas Diponegoro atau yang biasa disingkat dengan Undip. Kepopuleran Undip juga nggak perlu diragukan ya.

Universitas Diponegoro ini menawarkan berbagai macam jurusan di bidang bisnis, seperti; manajemen, ilmu ekonomi pembangunan, akuntansi, dan ekonomi Islam. Ini buat yang jenjang S1 ya.

Kalau S2 nya mah ada; akuntansi, manajemen, dan Ilmu ekonomi pembangunan. Tapi, kalau kamu masih ngerasa haus akan ilmu bisnisnya, kamu bisa ngelanjutin studi di jenjang S3 di sini.

6. Universitas Airlangga

sekolah bisnis terbaik di indonesia
blog-unair.blogspot.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *