tips mencari pekerjaan

Simak 4 Tips Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Di masa pandemic seperti saat ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Kesulitan yang harus dihadapi terus bertambah.

Hal ini disebabkan oleh minimnya lapangan pekerjaan, sementara persaingan demikian ketat, terutama bagi para fresh graduate sama benar-benar baru akan terjun ke dunia kerja dan sama sekali belum berpengalaman.

Tentu, di tengah ketatnya persaingan, kamu mesti melakukan hal yang lebih keras dibandingkan yang lain. Misal, dengan lebih giat untuk mencari berbagai lowongan dan menerapkan beberapa tips mencari pekerjaan.

Berikut tips terbaik mencari pekerjaan yang akan kami berikan:

1. Menjadi Diri Sendiri

Dilansir dari glints Indonesia, seorang pembaca The Muse memberi saran dalam hal mencari pekerjaan, jadilah diri sendiri.

Maksudnya bagaimana?

Sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja, usahakan untuk mengenali diri kamu dengan sangat baik. Yakni dengan menggali potensi yang ada, mengetahui bakat dan minat, hingga benar-benar mengetahui apa sebenarnya keahlian kamu.

Karena dengan mengetahui potensi diri, proses mencari pekerjaan akan lebih mudah. Dan kamu bisa lebih enjoy bekerja jika sudah diterima.

Selain itu, kamu juga harus tahu, bahwa pekerjaan yang akan kamu geluti nggak harus berhubungan atau sama persis kok dengan jurusan yang sudah kamu ambil.

Itulah kenapa penting mengetahui potensi diri, kemudian menuliskannya. Jika sudah menulis potensi diri, barulah kamu pilih kira-kira mana yang paling menonjol.

2. Mencari lowongan pekerjaan

Jika sudah menemukan bakat dan minat, baru deh cari lowongannya.

Kamu bisa mencari lowongan yang sesuai dengan bakat dan minat tersebut. Bebas sih ya. Kamu bisa mencarinya di media social, Koran, atau yang lainnya.

3. Buat CV yang menarik

Tips mencari pekerjaan yang selanjutnya adalah dengan membuat CV yang menarik.

Biasanya nih ya, pihak HRD itu nggak mau menghabiskan waktu banyak hanya untuk memilih kandidat.

Sehingga, langkah awal yang biasa dilakukan para HRD ketika akan memilih kandidat yang akan mengikuti tahap selanjutnya adalah dengan memperhatikan CV para pelamar kerja.

Jika kamu hanya menyerahkan CV polosan, ya bisa jadi CV kamu sama sekali tidak dilirik. Informasi ini tentu sudah sangat umum kita dengar ya.

Bahkan menariknya, hal ini kemudian membuat tidak sedikit orang yang membuka jasa pembuatan CV.

Maka, sebelum melamar, pastikan dulu bahwa kamu sudah membuat CV yang menarik. Jika memang kamu bisa, ya buat saja sendiri.

Untuk saat ini, sudah banyak banget kok template atau contoh CV menarik yang bisa kamu download dan gunakan. Jadi, kamu tinggal mengedit isinya saja.

Sementara jika ngerasa susah, ya udah, gunakan jasa aja deh. Kebetulan, harganya juga nggak begitu mahal.

Hanya saja, akan lebih bagus kalau kamu bikin sendiri. Ya, biar desain dan template-nya sesuai dengan selera kamu.

4. Memanfaatkan relasi

Tips mencari pekerjaan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan relasi.

Jadi, memanfaatkan di sini bukan dalam konotasi negatif ya, atau istilahnya “the power of orang dalam”. Bukan, bukan itu maksudnya.

Jadi, setelah lulus, kamu bisa berbagi dan bercerita  mengenai dunia kerja bersama teman-teman atau saudara kamu yang sudah bekerja.

Sambil menyelam minum air, kamu bisa sekalian menanyakan apakah di tempatnya sedang ada lowongan atau tidak. Ya, jika ada, kamu bisa ikut melamar pekerjaan di sana.

Intinya, banyak-banyak silaturahmi dengan teman-teman dan saudara. Dengan banyaknya relasi, maka informasi lowongan kerja semakin luas sehingga pilihan tempat kerja semakin banyak.

***

Oke, demikian beberapa tips mencari pekerjaan yang bisa banget kamu lakukan. Yuk semangat para pencari kerja. Tetap optimis, dan jangan gampang putus asa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *